HomeInfo SehatJantungManfaat Berenang untuk Kesehatan Jantung
Jantung

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Jantung

Aditya Prasanda, 14 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Manfaat renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot jantung. Ketahui 4 manfaat renang untuk jantung berikut ini.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Jantung

Sebagaimana organ tubuh lainnya, jantung juga dapat mengalami kerusakan. Hal ini terjadi jika jantung tidak dirawat dengan semestinya.

Karena itu, penting menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu rutin berenang. 

Terdapat sejumlah manfaat renang untuk jantung. Olahraga aerobik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung, dan membuat detak jantung lebih stabil. 

Mengapa berenang penting untuk jantung? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Jantung memiliki fungsi utama yaitu mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini penting karena darah mengandung oksigen yang diperlukan sel, jaringan, maupun organ tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, renang untuk jantung bermanfaat membantu fungsi organ tersebut dalam mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.  

Manfaat tersebut tidak hanya diperoleh dari gerakan renang, namun juga tekanan air di sekitar kulit. Tekanan air dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Dengan memiliki sirkulasi darah yang baik, risiko emboli alias penyumbatan pembuluh darah dapat diminimalkan. Pada gilirannya, berenang dapat mengurangi masalah kardiovaskular, seperti gangguan jantung maupun stroke.

Artikel Lainnya: Latihan Fisik untuk Orang yang Pernah Kena Serangan Jantung

2. Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Texas, Amerika Serikat, manfaat berenang untuk jantung dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika renang dilakukan rutin.

Berenang selama beberapa kali per pekan dapat membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi melebihi ambang batas normal merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Detak Jantung Lebih Stabil

Takikardia atau detak jantung terlalu cepat melebihi denyut jantung normal sangatlah berbahaya. Karena, gangguan jantung tersebut dapat meningkatkan risiko stroke maupun menyebabkan kematian mendadak.

Berenang dapat menurunkan detak jantung, sehingga mengurangi risiko komplikasi penyakit akibat jantung berdetak terlalu cepat. Hal ini dikarenakan adanya efek relaksasi yang dirasakan tubuh ketika menyelam di dalam air.

Ketika berada di dalam air, denyut nadi melambat sehingga turut memperlambat detak jantung.

Artikel Lainnya: Gerakan Yoga untuk Jantung Sehat

4. Memperkuat Otot Jantung

Manfaat berenang untuk jantung berikutnya yaitu melatih dan memperkuat otot jantung. Manfaat ini diperoleh jika renang dilakukan rutin.

Rutin melakukan latihan kardiovaskular seperti berenang dapat meningkatkan ukuran maupun kekuatan otot jantung. Hal ini serupa aktivitas ngegym untuk membangun otot bisep.

Ketika kekuatan jantung bertambah, kemampuannya dalam mendistribusikan darah meningkat. Di saat bersamaan, stres pada jantung dapat diminimalkan, sehingga kesehatan jantung terjaga. 

Itu dia sederet manfaat renang untuk jantung. Lakukan teratur dan imbangi dengan pola hidup sehat lainnya agar jantung tetap berfungsi optimal.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar olahraga yang baik untuk jantung, konsultasi dengan dokter lebih mudah lewat LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Dyah Novita Anggraini.
  • U.S. Masters Swimming. Diakses 2022. 4 Reasons Why Swimming is Great for Heart Health.
  • Healthline. Diakses 2022. How Your Heart Works.
  • PlayCore. Diakses 2022. Preventing and Lowering High Blood Pressure with Water Immersion.

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

RenangJantungPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait