HomeInfo SehatJantungManfaat Suplemen CoQ10 untuk Kesehatan Jantung Anda
Jantung

Manfaat Suplemen CoQ10 untuk Kesehatan Jantung Anda

Aditya Prasanda, 27 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Suplemen CoQ10 diyakini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan pembuluh darah, tak terkecuali jantung. Apakah medis sependapat? Cari tahu fakta selengkapnya!

Manfaat Suplemen CoQ10 untuk Kesehatan Jantung Anda

Coenzyme Q10 (CoQ10) merupakan zat larut dalam lemak yang terdapat nyaris di setiap sel tubuh. Zat ini pun dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan, seperti hati dan ginjal sapi, sarden, ayam, brokoli, serta asparagus.

Fungsi utama CoQ10 adalah membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, senyawa tersebut juga berperan sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Karena khasiatnya, peneliti mengolah CoQ10 yang bersumber dari hewan dan tumbuhan menjadi suplemen. Salah satu manfaat suplemen CoQ10, yaitu meminimalkan risiko gangguan jantung.

Berdasarkan studi yang dimuat Cardiovascular Pharmacology, suplemen untuk jantung ini dapat memberikan efek perlindungan kardiovaskular yang signifikan, termasuk meningkatkan kesehatan organ pemompa darah tersebut.

Terdapat sejumlah manfaat CoQ10 supplement untuk jantung. Menurut Cleveland Heart Lab, khasiat ini dapat diperoleh dengan mengombinasikan CoQ10 bersama terapi pengobatan jantung lainnya.

Berikut sederet khasiat suplemen CoQ10 untuk jantung:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penggunaan suplemen CoQ10 dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini berlaku pula bagi pengguna obat penurun kolesterol, seperti statin.

Masih mengutip Cleveland Heart Lab, CoQ10 supplement dapat meningkatkan kadar HDL-C dan ApoA1. Suplemen ini juga sanggup menurunkan kadar biomarker (penanda biologis) peradangan, seperti high sensitivity C-reactive protein.

2. Mengurangi Efek Samping Statin

Statin merupakan obat penurun kolesterol yang digunakan untuk mengatasi penyakit kardiovaskular. Obat ini disebut-sebut dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Meski begitu, statin dapat menimbulkan efek samping berupa nyeri otot dan kelemahan.

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, manfaat suplemen CoQ10 dapat mengurangi efek samping statin tersebut.

Sebuah riset yang diterbitkan Medical Science Monitor mengungkapkan, kombinasi pengobatan kardiovaskular menggunakan CoQ10 dan statin dapat meningkatkan kedisiplinan pasien pengguna obat penurun kolesterol tersebut.

Artikel Lainnya: Mengenal Perbedaan Gagal Jantung Sistolik dan Diastolik

3. Meminimalkan Risiko Kematian Akibat Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi ketidakmampuan jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini terjadi karena pompa jantung melemah.

Akibatnya, pengidap gagal jantung berisiko tinggi mengalami serangan jantung berulang.

Menurut dr. Dyah, CoQ10 dapat bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung berulang. Senyawa ini pun diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol pada penderita gagal jantung.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of American College of Cardiology Heart Failure mengungkapkan, suplemen CoQ bahkan bermanfaat mengurangi risiko kematian pasien gagal jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi alias hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah melebihi ambang batas normal. Kondisi ini merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko gangguan jantung.

Menurut studi yang dihimpun Cleveland Heart Lab, CoQ10 berpotensi menurunkan tekanan darah sistolik hingga 17 mmHg dan tekanan diastolik hingga 10 mmHg.

Penurunan tekanan darah ini bahkan tidak disertai dengan efek samping yang signifikan.

Artikel Lainnya: Sering Keringat Dingin, Benarkah Gejala Penyakit Jantung?

5. Mengurangi Risiko Palpitasi

Palpitasi merupakan sensasi ketika jantung berdegup dengan kencang. Kondisi ini dapat dipicu oleh masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Sebuah studi yang digagas University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa CoQ10 bermanfaat mengurangi gangguan kardiovaskular yang merusak dinding pembuluh darah dan menjadi faktor risiko palpitasi jantung.

Hal itu karena sifat antioksidan kuat CoQ10, yang dapat menurunkan risiko kerusakan kardiovaskular dan mencegah pembekuan darah.

Itu dia sederet manfaat suplemen CoQ10 untuk kesehatan jantung. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, penting bagi Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hal tersebut agar dokter dapat memastikan apakah suplemen untuk jantung tersebut memang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. 

Apabila memiliki pertanyaan terkait konsumsi obat-obatan, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • Cleveland Heart Lab. Diakses 2022.CoQ10: What are the Heart Health Benefits?
  • Livestrong. Diakses 2022. CoQ10 & Heart Palpitations.
  • Wawancara dr. Dyah Novita Anggraini.
Kesehatan JantungobatSuplemen

Konsultasi Dokter Terkait