HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTingkatkan Konsentrasi, Bisakah dengan Energy Drink?
Diet dan Nutrisi

Tingkatkan Konsentrasi, Bisakah dengan Energy Drink?

KlikDokter, 15 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Energi dibutuhkan untuk konsentrasi. Bagaimana manfaat energy drink untuk meningkatkan konsentrasi? Simak di sini.

Tingkatkan Konsentrasi, Bisakah dengan Energy Drink?

Aktivitas sehari-hari yang padat sering membuat tubuh lelah. Lelahnya tubuh disertai kurangnya energi dapat membuat kesulitan atau bahkan kehilangan konsentrasi. Salah satu minuman untuk meningkatkan konsentrasi ialah energy drink.

Bagaimana manfaat energy drink atau minuman energi dalam meningkatkan konsentrasi? Ketahui lebih lanjut lewat ulasan berikut.

Konsentrasi Membutuhkan Energi Lebih

Konsentrasi adalah hal penting yang diperlukan saat beraktivitas. Konsentrasi berperan besar dalam pekerjaan, belajar, mengasuh anak, dan lain sebagainya. 

Banyak hal yang dapat memengaruhi konsentrasi setiap orang. Kondisi tubuh yang lelah dan kekurangan energi merupakan beberapa faktornya.

Tubuh yang lelah dan memerlukan istirahat dapat menurunkan konsentrasi. Lalu, kekurangan energi seperti tidak adanya asupan makanan atau sumber energi lainnya juga memengaruhi tingkat konsentrasi.

Bila tidak ditangani, kesulitan atau kehilangan konsentrasi dapat berakibat buruk pada segala aktivitas yang dilakukan.

Artikel Lainnya: Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak dengan Mudah dan Efektif

Manfaat Minuman Energi Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi adalah mengonsumsi minuman energi. Kratingdaeng Red Bull bisa jadi pilihan tepat. Kandungan minuman energi ini, seperti taurin, kafein, gula murni, vitamin B kompleks, kolin, inositol, dan lisin merupakan komposisi penting untuk meningkatkan konsentrasi.

Kafein membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Batas harian konsumsi kafein yang dianjurkan adalah 400 mg/hari.

Kratingdaeng Red Bull tidak melebihi batas kafein yang dianjurkan (hanya 50 mg), sehingga aman untuk konsumsi harian.

Vitamin B kompleks (vitamin B3, B6, provitamin B5, dan vitamin B12) berfungsi membantu metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi dan mencegah kelelahan otot, sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh. Terutama provitamin B5 yang berperan menunjang pembentukan koenzim A, untuk metabolisme energi dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Vitamin B4 atau kolin berfungsi meningkatkan fungsi kognitif otak dan penyimpanan memori verbal maupun visual, mendukung daya ingat dan konsentrasi, serta menjaga kesehatan otak, jantung, dan hati.

Vitamin B8 atau inositol berfungsi membantu mengontrol kadar stres dan kecemasan. Efeknya dapat memperbaiki suasana hati (mood) dan menghilangkan hampir semua gejala depresi.

Inositol juga dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

Lisin adalah nutrisi penyusun protein yang tidak diproduksi tubuh. Kandungan ini hanya dapat diperoleh dari protein hewani, bibit gandum, susu, keju, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Lisin juga diketahui dapat membantu pembentukan massa otot dan mempercepat pemulihan otot, terutama setelah melakukan olahraga intens.

Kekurangan lisin dapat mengakibatkan kelelahan, pusing, hilangnya nafsu makan, ataupun anemia.

Artikel Lainnya: Makanan-makanan yang Berpotensi Mengganggu Konsentrasi Anda

Taurin atau taurine adalah sejenis asam amino yang mendukung perkembangan saraf, serta membantu mengatur kadar air dan garam di dalam darah untuk menunjang penyerapan nutrisi.

Taurin juga dapat membantu meningkatkan kerja atau performa tubuh saat melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, taurin berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan efek negatif radikal bebas.

Kratingdaeng Red Bull adalah minuman energi premium #1 di Dunia yang berfungsi menjaga stamina tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Minuman energi ini pun sudah memenuhi standar BPOM dan tidak ada efek samping karena menggunakan bahan alami.

Kratingdaeng Red Bull merupakan suplemen kesehatan yang dapat diminum setiap hari sebanyak 3 kali sehari, untuk meningkatkan stamina dan performa, serta konsentrasi sepanjang aktivitas. Anda pun bisa berkegiatan lebih aktif dan energik.

Minuman energi dapat memberikan manfaat selama dikonsumsi dalam batas aman. Imbangi pula dengan pola hidup sehat demi menunjang konsentrasi yang baik.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar cara meningkatkan konsentrasi, konsultasi lewat Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Advertorialenergy drink

Konsultasi Dokter Terkait