Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Marah dan Gelisah Tanpa Sebab? Waspada Mengalami Agitasi!

Sering Marah dan Gelisah Tanpa Sebab? Waspada Mengalami Agitasi!

Merasa jengkel dan marah tanpa sebab bisa menjadi tanda agitasi. Ketahui informasi lebih lanjut mengenai agitasi dengan membaca ulasan ini.

Jengkel, kesal, gelisah, atau marah adalah perasaan yang wajar dialami seseorang saat sedang stres. Namun, jika perasaan tersebut sering dialami tanpa penyebab yang jelas, kemungkinan Anda mengalami agitasi.

Agitasi tanpa sebab dapat menjadi tanda seseorang  mengalami gangguan mental. Cari tahu apa penyebab agitasi lewat ulasan ini.

1 dari 3 halaman

Gejala dan Diagnosis Agitasi

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan terkait pengertian agitasi, “Pada kondisi tertentu, agitasi bisa muncul tiba-tiba tanpa adanya pemicu. Gejala agitasi yang bisa muncul, seperti mudah tersinggung, mudah marah, atau gelisah.”

Artikel Lainnya: Penyebab Anda Mengalami Mood Swing

“Bisa jadi itu salah satu gejala mental serius seperti skizofrenia atau bipolar disorder,” tambah psikolog Ikhsan. Melansir WebMD, efek dari agitasi meliputi:

  • Suasana hati tidak enak.
  • Mudah tersinggung.
  • Tidak sabar.
  • Berkata kasar.
  • Gugup. 
  • Berperilaku agresif dan keras kepala.
  • Bergerak tanpa tujuan seperti mondar-mandir.

Untuk mengetahui pemicu atau faktor penyebab agitasi, dokter dapat mengajukan pertanyaan mengenai riwayat kesehatan, gaya hidup, serta gejala lain yang pasien alami.

Apabila agitasi dicurigai akibat gangguan mental, pasien dapat dirujuk ke dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan fisik atau tes berikut ini:

  • Tes darah untuk memeriksa ketidakseimbangan hormon.
  • Tes urine atau tes cairan tulang belakang untuk memeriksa kondisi kelainan tertentu.
  • Pada beberapa kasus, dokter dapat menyarankan CT scan atau MRI scan untuk mengetahui adanya gangguan di otak.

Artikel Lainnya: Kenapa Orang Mudah Marah Saat Lapar? Ini Faktanya

2 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Agitasi

Ada beberapa faktor penyebab seseorang mengalami agitasi, di antaranya:

1. Stres

Stres merupakan penyebab utama seseorang mengalami agitasi. Stres bisa muncul karena beberapa hal, seperti tekanan dalam hidup, pekerjaan, masalah keuangan dan lain-lain.

“Kalau memang agitasinya karena stres, maka kita fokus pada menurunkan stresnya agar gejala agitasinya menurun. Pasien bisa melakukan self-care atau kegiatan-kegiatan yang dapat menyalurkan stresnya,” kata psikolog Ikhsan.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon dalam tubuh berperan dalam menentukan suasana hati. Salah satu hormon yang berperan adalah tiroid.

Kondisi hormon tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme) atau kurang terlalu aktif (hipotiroidisme) dapat memicu munculnya perubahan mood seperti marah dan gelisah.

Jika didiagnosis mengalami ketidakseimbangan hormon, dokter dapat merekomendasikan Anda untuk menjalani perawatan terapi hormon.

Artikel Lainnya: Stres Bisa Menyebabkan Rambut Beruban, Ini Penjelasan Ilmiahnya

3. Skizofrenia

Skizofrenia dapat membuat seseorang sulit mengendalikan emosi atau tindakannya. Skizofrenia juga dapat membuat penderitanya mengalami delusi dan halusinasi.

Pada beberapa kasus, skizofrenia juga dapat memicu penderitanya mengalami agitasi.

4. Bipolar Disorder

Bipolar disorder atau gangguan bipolar ditandai dengan suasana hati yang berubah drastis.

Orang dengan bipolar disorder dapat mengalami perasaan senang, lalu sekejap berubah menjadi sedih. Orang dengan gangguan bipolar juga dapat mengalami agitasi.

Psikolog Ikhsan mengatakan, “Jika mengalami agitasi atau merasakan gejalanya muncul tiba-tiba, sebaiknya segera memeriksakan diri ke tenaga profesional terlebih lanjut untuk mendapatkan treatment yang tepat.”

Psikolog atau psikiater dapat memberikan perawatan seperti psikoterapi dan juga obat-obatan antidepresan. Perawatan tersebut dapat menurunkan kecemasan yang diderita oleh pasien.

Selain itu, psikiater dan psikolog juga dapat mengatasi agitasi sesuai penyebab yang mendasari.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan mental lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan melalui Live Chat Klikdokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

https://www.healthline.com/health/agitation

https://www.webmd.com/schizophrenia/agitation-causes

0 Komentar

Belum ada komentar