HomeInfo SehatKulitEye Cream atau Eye Serum, Mana yang Lebih Baik?
Kulit

Eye Cream atau Eye Serum, Mana yang Lebih Baik?

Zahra Aminati, 17 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Eye cream dan eye serum digunakan untuk menjaga kesehatan kulit sekitar mata. Namun, mana yang lebih baik? Cek uraiannya di sini.

Eye Cream atau Eye Serum, Mana yang Lebih Baik?

Kulit di area mata juga perlu dijaga kesehatannya. Untuk itu, diperlukan penggunaan produk kecantikan yang khusus untuk merawat kulit di area sekitar mata. Dua produk yang paling banyak digunakan adalah eye cream dan eye serum.

Apa beda eye cream dan eye serum? Manakah yang lebih baik untuk merawat kulit di area sekitar mata? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tekstur dan Kandungan yang Berbeda

Menurut dr. M. Iqbal Ramadhan, “Eyecream lebih tebal dan berat dan berperan untuk melembapkan. Sementara eye serum lebih cair dan ringan, sehingga mudah menyerap.”

Ini sejalan dengan pendapat dr. Tess Mauricio, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di Los Angeles, melansir dari The Zoe Report.

Artikel Lainnya: Manfaat Penggunaan Krim Mata yang Perlu Anda Tahu

Menurutnya, eye cream lebih tebal dan lebih berat daripada pelembap biasa karena adanya konsentrasi minyak yang tinggi. Ini membuat eye cream unggul dalam melembapkan kulit di area sekitar mata.

Eye cream baik untuk menjaga kelembapan bawah kulit mata, sehingga dapat membantu mengurangi tekstur kerutan di bawah mata. Namun, tidak terlalu efektif untuk mengatasi masalah mata panda dan untuk anti-aging,” jelasnya.

Untuk masalah mata panda, eye serum lebih unggul. Menurut dr. Mauricio, eye serum lebih ringan daripada eye cream karena mengandung lebih sedikit minyak.

Di samping itu juga, menggunakan bahan yang membantu penetrasi bahan anti-aging lebih baik daripada eye cream.

Eye serum secara umum akan lebih baik untuk mengatasi kerutan, lingkaran hitam di bawah mata, mengurangi bengkak, dan membantu meningkatkan kekencangan kulit,” ujarnya.

Seorang dokter kulit di New York City, dr. Hadley King, MD, FAAD, juga mengatakan bahwa eye serum lebih fokus pada bahan aktif daripada sifat pelembab.

“Formulasinya harus tetap menghidrasi, tetapi kandungannya tidak sekaya eye cream. Kemungkinan juga tidak banyak mengandung emolien dan oklusif. Bahan-bahan utama dari eye serum meliputi peptida anti-aging, antioksidan, retinol, dan humektan,” paparnya.

Cara Kerja Keduanya

Dokter Iqbal memaparkan, “Eye cream memang ditujukan untuk mencegah keriput, garis-garis halus, kantung mata, mata panda, dll. Kalau eye serum lebih mengobati kulit yang sudah terjadi penuaan. Eye cream untuk orang muda, sementara eye serum untuk orang yang usia lebih dewasa (karena memiliki masalah penuaannya).”

Eye cream menawarkan perawatan pada permukaan kulit dan digunakan untuk menjaga kulit di sekitar mata terhidrasi.

Artikel Lainnya: Benarkah Butuh Krim yang Berbeda untuk Wajah, Mata, dan Leher?

Dalam beberapa produk mungkin disertakan bahan aktif untuk kegunaan lain. Namun, penyerapannya ke dalam kulit terbatas, karena ukuran molekulnya lebih besar.

Sementara untuk eye serum, penggunaannya bisa menjangkau ke dalam kulit. Perawatannya dimulai di bawah epidermis, sehingga berguna untuk mengatasi mata panda ataupun kerutan.

Kandungan eye serum biasanya terkonsentrasi pada zat aktif (bioaktif) yang dapat diserap sepenuhnya ke dalam kulit.

Ukuran molekul zat aktif ini sangat kecil, sehingga membantu penyerapan yang lebih cepat ke dalam kulit.

Gunakan Berdasarkan Jenis Kulit

Untuk eye cream, penggunaanya perlu disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Apakah kering, berminyak, atau kombinasi.

Tidak disarankan untuk pemilik kulit berminyak, karena bisa meningkatkan produksi minyak di area mata.

Di sisi lain, eye serum pada umumnya aman dan cocok untuk semua jenis kulit. Pemilik kulit berminyak juga dianjurkan menggunakan eye serum, karena produk ini tidak meninggalkan residu setelah diaplikasikan.

Jika masih di usia muda atau belum memiliki tanda-tanda penuaan kulit, eye cream cukup untuk merawat kesehatan kulit di area mata.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Kelopak Mata yang Kering

Apa pun pilihannya, selalu pastikan produk yang digunakan tidak menimbulkan iritasi berkepanjangan pada kulit Anda.

Dari penjelasan beda eye cream dan eye serum di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya menawarkan manfaat yang baik untuk kulit di area sekitar mata. Mana yang lebih unggul juga tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Jika masih ragu dalam memilih, Anda bisa berkonsultasi kepada dermatologis untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Chat langsung dengan dokter seputar kesehatan kulit lainnya lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

 

kesehatan kulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait