HomeInfo SehatKulitCara Atasi Kelopak Mata yang Kering
Kulit

Cara Atasi Kelopak Mata yang Kering

Tamara Anastasia, 23 Mar 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kelopak mata kering bisa mengganggu penderitanya. Bagaimana cara mengatasi kelopak mata kering? Simak di sini.

Cara Atasi Kelopak Mata yang Kering

Punya kulit kering memang sering kali mengganggu penderitanya. Apalagi bila kondisi tersebut sampai membuat kulit di beberapa bagian tubuh menjadi mengelupas hingga muncul iritasi, rasanya sungguh tidak nyaman.

Salah satu bagian tubuh yang bisa terjadi kekeringan adalah kelopak mata. Kurangnya kelembapan bisa menyebabkan area tersebut menjadi kering.

Kulit di kelopak mata dapat mengalami pecah-pecah, mengelupas, hingga sangat kasar saat disentuh.

Melansir Healthline, kulit di kelopak mata lebih tipis dari kulit bagian lain. Selain itu, banyak darah yang mengalir lewat pembuluh di sekitar mata.

Maka itu, iritasi atau kondisi kulit mungkin lebih memengaruhi kelopak mata dibanding bagian tubuh yang lain.

Terdapat beberapa penyebab kulit yang kering pada kelopak mata. Gejalanya tergantung dari kondisi yang mendasarinya. Cuaca dan iklim bisa menjadi penyebab utama mengapa kelopak mata jadi kering.

Selain itu, paparan sinar matahari yang langsung menyinari mata juga menjadi alasan lain kelopak mata jadi kering. Mandi air panas pun berisiko menyebabkan kelopak mata kering.

Artikel Lainnya: Mata Sering Kedutan, Gejala Apakah Ini?

Perawatan Rumahan untuk Atasi Kelopak Mata Kering

Lantas, hal apa yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi kelopak mata kering? Berikut penjelasannya:

1. Kompres Es Batu

Agar lebih lembap, Anda bisa menggunakan es batu sebagai kompres kelopak mata. Sensasi dari es batu nantinya bisa menekan rasa gatal akibat kulit kelopak mata yang terlalu kering.

Hanya saja, dr. Reza Fahlevi menyarankan agar es batu tidak langsung ditempelkan pada permukaan kulit. Ia merekomendasikan untuk membungkus dulu es batu dengan handuk.

“Es batu memang bisa melembapkan dan menekan rasa gatal akibat kelopak mata yang kering. Namun, es batu juga bisa memberikan sensasi luka bakar bila langsung ditempelkan pada kelopak mata, terutama pada jangka waktu cukup lama,” jelas dr. Reza.

“Luka bakar itu terjadi tidak hanya karena panas, tapi juga dingin bila berlebihan. Kalau bisa, dimasukkan dulu ke dalam kain atau jangan kompres terlalu lama,” lanjutnya.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mengatasi Mata Kering

2. Menggunakan Pelembap

Pelembap wajah wajib digunakan setiap hari sehabis mandi. Fungsinya untuk melembapkan kulit agar tidak kering. Krim pelembap bisa digunakan pada kelopak mata yang kering.

Anda bisa pilih pelembap sesuai jenis kulit. Selain itu, dapat juga menggunakan petroleum jelly atau gel aloe vera sebagai gantinya.

Usapkan beberapa oles pelembap, kemudian pijat lembut kelopak mata. Lakukan teknik ini sebanyak dua kali sehari setelah mandi. Say goodbye pada kelopak mata kering!

3. Rajin Mencuci Muka

Rajin mencuci muka tidak hanya membuat kulit menjadi lembap, tapi juga meminimalisir risiko gangguan kulit wajah akibat kotoran yang menempel.

Pilihlah sabun cuci muka atau makeup remover yang tidak mengandung bahan iritan, misalnya pewangi atau alkohol.

Anda bisa membersihkan area mata menggunakan kapas terlebih dahulu. Lalu, barulah mencucinya dengan sabun cuci muka.

Artikel Lainnya: Mata Merah Tanda Gejala Positif Corona, Hoaks atau Fakta?

Bila Kulit Kering di Kelopak Mata Tak Membaik, Apa yang Bisa Dilakukan?

Kalau ketiga cara di atas tidak juga membuat kelopak mata lembap, dr. Reza menyarankan untuk segera konsultasi ke dokter kulit.

Hal ini bertujuan guna mengetahui produk jenis apa yang sebaiknya digunakan dan cocok untuk Anda.

Selain itu, dr. Reza juga mengingatkan agar Anda lebih rajin minum air putih dan makan buah secara teratur. Cara ini berfungsi untuk menjaga kelembapan tubuh dari dalam dan memastikan tubuh bekerja dengan normal.

Apabila kelopak mata kering disebabkan karena gangguan kulit seperti eksim atau blefaritis (peradangan pada kelopak mata), dokter akan memberikan obat yang berguna untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut.

Kemudian, bila dokter mencurigai adanya alergi terhadap produk kosmetik tertentu, maka penggunaannya harus segera dihentikan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan bila kulit kelopak mata Anda kering. Semakin cepat diatasi, semakin kecil risiko lain yang mungkin bisa muncul.

Selamat mencoba! Bila ingin konsultasi ke dokter kulit lebih cepat, gunakan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

kulitKesehatan Mata

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter