HomeInfo SehatPernapasanEfektifkah Daun Keladi Tikus untuk Sembuhkan Batuk?
Pernapasan

Efektifkah Daun Keladi Tikus untuk Sembuhkan Batuk?

Zahra Aminati, 05 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat ini muncul berbagai macam pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk. Salah satunya dengan daun keladi tikus. Benarkah efektif?

Efektifkah Daun Keladi Tikus untuk Sembuhkan Batuk?

Batuk memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika tidak kunjung sembuh, penderitanya akan mencari berbagai pengobatan yang paling efektif. Ada yang bergantung pada obat medis, ada pula yang melakukan pengobatan rumahan atau tradisional.

Memanfaatkan daun keladi tikus adalah salah satu pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk yang cukup populer di tengah masyarakat. Tanaman asli Indonesia tersebut juga sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Namun, apakah daun keladi tikus efektif dalam menyembuhkan batuk? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Peran Daun Keladi Tikus dalam Atasi Batuk

Disebutkan di situs NHS Inform bahwa batuk pada umumnya bukan tanda masalah kesehatan yang berbahaya. Seseorang batuk karena tubuhnya sedang berusaha membersihkan saluran udara dari lendir dan iritasi akibat debu atau asap.

Namun, batuk memang bisa berlangsung lama, bahkan hingga tiga minggu. Terdapat dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk kering terasa gatal dan tidak menghasilkan dahak. Sementara batuk berdahak terasa basah akibat dahak yang diproduksi untuk membersihkan saluran udara.

Peran daun keladi tikus dalam menyembuhkan batuk dipercaya lebih efektif untuk batuk berdahak. Dokter Sara Elise Wijono mengatakan, “Menurut penelitian Zhong et al tahun 2001, memang betul tanaman keladi tikus bisa meredakan batuk, mengurangi dahak, dan menjadi anti radang.”

Kemampuan daun keladi tikus dalam mengatasi batuk berdahak tidak lain berkat berbagai kandungan di dalamnya, terutama ekstrak air, ekstrak ester, dan ekstrak alkohol. Dari penelitian Zhong et al, kandungan-kandungan tersebut efektif dalam meredakan batuk, menghilangkan dahak, dan antiasma.

Artikel Lainnya: Cara Praktis Meredakan Batuk Kering

Cara Konsumsi Keladi Tikus

Melansir Agromedia, manfaat daun keladi tikus sebagai obat akan lebih maksimal jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Daunnya bisa dihancurkan atau dijadikan jus.

Tapi, jangan menggunakan blender atau alat berbahan logam, melainkan ditumbuk. Beri air matang, peras, kemudian minum air perasannya.

Sayangnya, belum ada takaran konsumsi daun keladi tikus yang pasti untuk mengobati batuk. Sebaiknya daun keladi tikus tidak diolah dengan cara direbus. Proses tersebut akan mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiatnya.

Daun keladi tikus saat ini juga  sudah hadir dalam bentuk suplemen yang dijual di pasaran. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi daun keladi tikus atau suplemen turunannya.

Seperti itulah penjelasan mengenai manfaat daun keladi tikus untuk mengatasi batuk. Chat dokter seputar masalah batuk lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(PUT/JKT)

Batuk

Konsultasi Dokter Terkait