Sukses

Berbagai Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil bisa mengonsumsi alpukat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhan janin. Apa saja manfaatnya? Cari tahu di sini.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan mengandung lemak sehat. Salah satu makanan yang mengandung lemak sehat adalah buah alpukat.

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A., alpukat bisa disebut sebagai buah super, karena mengandung lemak baik dan memiliki berbagai vitamin serta mineral.

“Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin,” jelas dr. Reza. Lalu, apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil? Simak ulasannya di sini.

 

1 dari 5 halaman

1. Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional

Dilansir dari Healthline, serat di dalam buah alpukat dapat melancarkan sistem pencernaan dengan cara mendukung pergerakan usus yang sehat.

Mengonsumsi serat saat hamil dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklampsia.

Di dalam 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 7 gram serat. Porsi tersebut sudah bisa mencukupi 25 persen kebutuhan serat harian ibu hamil.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

2. Menjaga Tekanan Darah

Di dalam 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 485 mg kalium.  Kalium merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh agar tetap normal.

Menurut studi tahun 2013 yang mengamati sebanyak 263 wanita hamil, mengonsumsi 250-300 mg kalium per hari dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi selama masa kehamilan.

2 dari 5 halaman

3. Mencukupi Kebutuhan Asam Folat

Alpukat merupakan buah yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang penting saat masa kehamilan.

Dikutip dari Pregnancy Birth Baby, asam folat dapat membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir atau cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Konsumsi 100 gram alpukat dapat mencukupi sekitar 14 persen kebutuhan folat harian selama hamil.

4. Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness yang ditandai mual dan muntah saat hamil merupakan kondisi yang normal serta umum terjadi di masa kehamilan.

Alpukat yang kaya vitamin C dan vitamin B6 dapat meringankan gejala mual di pagi hari. Kandungan nutrisi di dalam alpukat tersebut juga membantu tubuh  menyerap vitamin dari makanan lain yang dikonsumsi ibu hamil.

3 dari 5 halaman

5. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Alpukat adalah buah yang rendah karbohidrat, namun kaya akan serat dan lemak sehat.

Kedua gizi di dalam alpukat tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, makan alpukat juga membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Buah Naga untuk Ibu Hamil

6. Meredakan Kram Kaki

Melansir dari Avocaderia, kandungan kalium di dalam buah alpukat dapat  membantu untuk meringankan kram kaki. Kram kaki merupakan gejala yang paling umum selama kehamilan.

“Kram kaki bisa disebabkan oleh gangguan elektrolit. Zat kalium yang ada dalam alpukat akan sangat membantu menyeimbangkan kandungan elektrolit di dalam tubuh ibu hamil,” jelas dr. Reza.

4 dari 5 halaman

7. Menurunkan Risiko Kenaikan Berat Badan

Saat hamil, ibu akan mengonsumsi banyak makanan. Apabila jumlah asupan makanannya tidak dijaga, ibu dapat mengalami kenaikan berat badan. 

Untuk mencegah kenaikan berat badan, ibu hamil bisa mengonsumsi buah alpukat.

Kandungan serat, lemak sehat, dan nutrisi di dalam buah alpukat dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Dengan begitu, kenaikan berat badan ibu hamil bisa dicegah.

Dokter Reza menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi satu buah alpukat per hari dan mengombinasikan dengan buah serta makanan bergizi lainnya.

Itu dia beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar