Sukses

Ini Alasan Kanker Berbeda dari Penyakit Lainnya

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang memang sulit disembuhkan. Jika sembuh pun tidak sembuh total. Apa alasan kanker sulit untuk disembuhkan? Simak di sini.

Sudah cukup banyak usaha dan dana dihabiskan untuk penelitian kanker selama beberapa dekade belakangan ini. 

Namun, sayangnya, belum ada metode yang bisa menyembuhkan kanker secara total.  Lalu, kenapa masih saja kanker sulit sembuh? Berikut beberapa alasannya.

  • Kanker Bukan Satu Jenis Penyakit Saja

Pada dasarnya, kanker bukanlah satu jenis penyakit saja. Terdapat lebih dari 200 penyakit berbeda yang disebabkan oleh beberapa jenis kanker.

Setiap jenis kanker akan memiliki banyak subtipe. Sel abnormal tersebut akan terlihat dan berperilaku secara berbeda. Hal ini karena kanker muncul dari sel yang ada di tubuh kita sendiri. 

Itulah sebabnya, “karakter” sel kanker bisa berbeda dan beragam, layaknya manusia. 

  • Kanker Suka Bermutasi

Menurut dr. Sepriani T. Limbong, ada banyak hal yang dapat memicu sel kanker untuk bermutasi. 

Artikel Lainnya: Inilah Perbedaan Kanker Karsinoma dan Sarkoma

“Sejauh ini, ada beberapa faktor risiko yang diketahui, seperti paparan rokok, usia tua, riwayat keluarga dengan kondisi keganasan, konsumsi alkohol, terpapar radiasi (termasuk sinar UV matahari), dan infeksi virus tertentu, seperti HPV pada kanker serviks,” kata dr. Sepriani. 

Dia menambahkan, “Namun, penyebab pasti dari berbagai kanker itu hingga saat ini belum diketahui secara jelas.”

Setiap jenis kanker itu unik dan muncul dari beberapa penyebab berbeda. Cara mereka merespons pengobatan juga dapat berbeda. 

Ada yang mungkin satu pengobatan berhasil di satu orang, tetapi tidak di lainnya. Hal ini karena kanker suka bermutasi.

Seiring pertumbuhan tumor, semakin banyak mutasi yang terakumulasi. Hal ini berarti bahwa setiap tumor akan memiliki serangkaian mutasi yang unik. 

Obat yang bekerja efektif pada satu orang, mungkin tidak akan berpengaruh pada orang lain. 

  • Sel Kanker Memiliki Genetik yang Berbeda

Sel kanker punya genetik yang berbeda, meski pada anak kembar identik sekalipun. Pada anak kembar, misalnya, keduanya terpapar faktor lingkungan yang berbeda sepanjang hidup mereka.

Lingkungan dapat menghidupkan atau mematikan gen normal, seperti gen penekan tumor yang bertanggung jawab untuk mematikan sel kanker ketika mulai tumbuh. 

Saat sel-sel normal membelah, DNA mereka tersalin dengan cukup sempurna. Namun, saat sel kanker membelah, perubahan baru akan terjadi dalam DNA. Hal ini berarti bahwa setiap sel kanker dalam satu tumor itu identik. 

Jadi, obat penyembuhan kanker tertentu belum tentu selalu bisa membunuh seluruh sel kanker. Tumor baru pun bisa saja tumbuh lagi. 

  • Sel Kanker Kadang Kebal pada Pengobatan dan Dapat Bertahan

Mutasi genetik sel kanker dari waktu ke waktu akan mengubah bagaimana cara mereka berperilaku. Hal ini dapat membuat sel-sel kanker kebal terhadap pengobatan. Atau, yang lebih membingungkan lagi, mereka dapat bersembunyi dari pengobatan. 

Jika sel induk kanker berhasil menghindari obat yang diberikan, kekambuhan bisa terjadi beberapa tahun kemudian, bahkan saat pengobatan awal tampak berhasil. 

Sel-sel kanker memang sangat pandai untuk bertahan hidup sehingga terlihat sulit untuk disembuhkan. 

Artikel Lainnya: Mengenal Prosedur Krioablasi untuk Pengobatan Kanker

Selain itu, sel-sel normal memiliki mekanisme tertentu untuk menghentikan sel kanker tumbuh atau membelah terlalu banyak. 

Sel kanker yang telah kehilangan mekanisme mengontrol diri, dapat mengembangkan cara untuk menghindari “pembunuhan”. 

1 dari 2 halaman

Kanker Masih Bisa Diobati

Terlepas dari penjelasan di atas, pengobatan kanker yang telah dilalui selama beberapa dekade ini sudah berkembang signifikan. Tingkat kelangsungan hidup pun sudah meningkat 2 kali lipat sejak tahun 1970-an.

Selain itu, sekitar 50 persen pasien kanker dapat bertahan hidup setidaknya 10 tahun setelah diagnosis awal. 

Selain itu, kampanye pencegahan kanker juga semakin gencar dilakukan. Beberapa cara yang disarankan untuk menurunkan risiko kanker antara lain tidak merokok dan menghindari paparan asapnya, olahraga, diet sehat, tidak obesitas, dan menghindari sinar UV matahari.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kenapa kanker sulit sembuh. Hal terpenting bagi para pejuang kanker adalah Anda hebat. 

Jangan menyerah. Banyak ilmuwan sedang berjuang untuk menemukan cara mengobati kanker dan meningkatkan harapan hidup Anda. Chat dokter seputar isu kanker lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi klikdokter. Gratis, lho!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar