Sukses

Manfaat Bawang Putih untuk Ibu Hamil

Selain menyedapkan rasa makanan, bawang putih juga disebut memiliki banyak manfaat untuk kehamilan. Apa saja manfaat bawang putih untuk ibu hamil? Cek di sini

Bawang putih merupakan rempah yang tergolong mudah ditemukan di mana saja. Rempah yang masih satu keluarga dengan amarilis (Amaryllidaceae) ini sangat umum digunakan sebagai bumbu dapur. 

Di balik kegunaannya dalam menyedapkan rasa makanan, bawang putih ternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, tak terkecuali untuk ibu hamil.

Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Rempah ini pun termasuk aman bagi ibu hamil, asalkan memperhatikan cara dan porsi saat mengonsumsinya.

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Bombay untuk Ibu Hamil

Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 3 halaman

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Konsumsi bawang putih selama kehamilan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga memperkecil risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Kandungan allicin dalam bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,” kata dr. Devia Irine Putri.

Ingin merasakan khasiat bawang putih untuk ibu hamil yang satu ini? Jika ya, Anda perlu menghancurkan bawang putih atau mencincangnya terlebih dahulu sebelum dicampur dengan masakan.

2. Menurunkan Risiko Infeksi 

Bawang putih memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang diolah bersama rempah tersebut dapat membantu menurunkan risiko terpapar penyakit infeksi.

3. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi selama kehamilan. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang diolah dengan bawang putih. 

“Kandungan allicin di dalam bawang putih juga bisa membantu mencegah rambut rontok (hair loss) dan meningkatkan pertumbuhan rambut,” tutur dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

4. Mengobati Badan Lemas saat Hamil

Ibu hamil identik dengan kondisi fisik yang lemah, mudah kelelahan dan mengalami badan lemas. Kondisi tersebut muncul karena tubuh ibu juga harus menopang kehidupan bayi dalam kandungannnya. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengatasi rasa lelahnya. Mengonsumsi sajian yang diolah dengan bawang putih secara rutin dan teratur dapat membantu ibu untuk meredakan kelelahan. 

Berdasarkan dr. Devia, khasiat bawang putih untuk ibu hamil yang satu ini mungkin terkait dengan kemampuan rempah tersebut dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Bawang putih dipercaya bisa mengoptimalkan daya tahan tubuh, sehingga turut menjaga tubuh dalam kondisi sehat. Alhasil, kelelahan dan badan lemas pun bisa berkurang,” ucap dr. Devia.

Konsumsi bawang putih selama kehamilan sangat disarankan pada trimester pertama. Sementara itu, pada trimester kedua dan ketiga, konsumsi bawang putih untuk ibu hamil sebaiknya dibatasi dalam porsi yang sedikit.

Jika Anda tertarik dengan sederet manfaat bawang putih untuk kehamilan namun ragu mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini guna memastikan bahwa bawang putih yang dikonsumsi benar-benar aman dan bermanfaat.

Ingin tahu lebih lanjut seputar khasiat dan kegunaan bawang putih untuk ibu hamil? Punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan lain? Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar