Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ciri Alergi Pisang pada Anak yang Wajib Orangtua Ketahui

Ciri Alergi Pisang pada Anak yang Wajib Orangtua Ketahui

Tahukah Anda, pisang juga bisa menyebabkan alergi pada anak? Waspada, kenali ciri dan tanda anak alergi pisang agar penanganan tak terlambat diberikan.

Salah satu menu andalan orangtua untuk diberikan kepada bayi yang baru belajar MPASI adalah pisang. Selain karena memiliki tekstur yang lembut, buah berkulit kuning ini juga kaya akan nutrisi.

Meski begitu, bukan berarti pisang dapat diberikan begitu saja sebagai menu MPASI. Pasalnya, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi pada si kecil.

Artikel Lainnya: Alergi Susu Sapi, Apakah Anak Tidak Bisa Minum Susu Sama Sekali?

1 dari 3 halaman

Penyebab Anak Alergi Pisang

Alergi pisang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang bereaksi secara abnormal terhadap protein dalam buah tersebut.

Selain itu, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, anak alergi pisang juga bisa terjadi akibat paparan zat aktif yang disebut amina vasoaktif.

Amina vasoaktif mirip dengan histamin. Jika sistem metabolisme bayi tidak dapat mengoksidasi enzim, zat tersebut dapat mencetuskan reaksi alergi.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Alergi Pisang pada Bayi

Gejala alergi pisang pada bayi bisa terjadi segera atau sesaat setelah mengonsumsi buah tersebut. Ada pun beberapa gejala dan ciri-ciri alergi pisang pada bayi, yaitu:

1. Gejala Gastrointestinal

Alergi pisang dapat menyebabkan bayi muntah, karena masalah pada saluran pencernaan. Gejala lain yang menyertai kondisi tersebut, misalnya diare, mual, begah, sakit perut.

2. Gejala Pernapasan

Bayi yang mengalami alergi pisang mungkin mengalami beberapa masalah terkait pernapasan, seperti hidung tersumbat, batuk, mengi, terengah-engah, dan dada sesak.

Artikel Lainnya: Inilah Bentuk Reaksi Alergi Obat pada Anak

3. Masalah Kulit

Indikasi paling umum dari alergi pisang adalah gejala pada kulit, seperti sensasi gatal, radang lidah, pembengkakan di wajah, benjolan merah, gatal-gatal, dan peradangan mulut.

Jika Anda menemukan gejala alergi pisang bayi, segera hentikan pemberian buah tersebut dan ajak si kecil berobat ke dokter.

Sebagai langkah antisipasi, Anda dapat memberikan pisang kepada si kecil dalam porsi kecil terlebih dahulu. Pastikan pula pisang yang diberikan sepenuhnya matang.

Apabila dalam beberapa hari tak muncul gejala alergi, itu tandanya Anda dapat melanjutkan pemberian pisang kepada bayi. Jika yang terjadi sebaliknya, hentikan pemberian asupan tersebut dan konsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Kenali dan waspadai ciri-ciri alergi pisang pada bayi. Jika anak telanjur mengalami alergi dan tampak kesakitan, jangan tunda untuk berobat ke rumah sakit terdekat.

Apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai anak alergi pisang, Anda bisa bertanya kepada dokter dengan memanfaatkan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar