Sukses

Benarkah Skincare AHA dan BHA Hanya Dipakai Malam Hari?

Skincare dengan kandungan AHA dan BHA dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit. Namun, skincare jenis ini hanya boleh digunakan pada malam hari. Benarkah?

Salah satu cara merawat kulit agar tetap sehat dan glowing adalah dengan rutin menggunakan skincare yang mengandung AHA dan BHA. 

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) berfungsi mengelupas sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam serta berjerawat

Namun, beberapa produsen skincare dengan kandungan AHA dan BHA menganjurkan Anda untuk menggunakan produk tersebut di malam hari. 

Benarkah skincare mengandung AHA dan BHA hanya boleh digunakan pada malam hari?

1 dari 3 halaman

Benarkah AHA dan BHA Hanya Boleh Dipakai Malam Hari?

AHA merupakan jenis asam yang larut dalam air. Umumnya AHA terbuat dari bahan alami seperti asam sitrat atau asam tartarat dari anggur. Kandungan AHA dalam skincare akan bantu mengelupas permukaan kulit. 

Artikel Lainnya: Manfaat Pakai Skincare Rutin bagi Kesehatan Mental

AHA dapat mengelupas sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru dengan pigmen (warna kulit) yang lebih cerah serta merata. 

Sedangkan BHA merupakan jenis asam yang larut dalam minyak. BHA dapat bekerja masuk ke pori-pori untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta sebum berlebihan di wajah. 

Karena berfungsi sebagai eksfolian atau agen pengelupasan kulit, AHA dan BHA dianjurkan untuk digunakan malam hari, terutama setelah Anda tidak lagi beraktivitas di luar ruangan atau di bawah sinar matahari. 

Dokter Theresia Rina Yunita menegaskan bahwa tidak benar jika skincare yang mengandung AHA dan BHA hanya bisa digunakan malam hari. Menurutnya, skincare AHA dan BHA dapat digunakan pada saat siang haru. 

“Penelitian menunjukkan penggunaan AHA dan BHA dapat mencegah photoaging atau kerusakan kulit akibat sinar UV. Namun, jika menggunakan skincare dengan kandungan AHA dan BHA di siang hari, wajib melindungi kulit dengan sunscreen agar hasilnya maksimal.”

Penggunaan sunscreen dianjurkan karena AHA dan BHA dapat membuat kulit menjadi lebih tipis serta sensitif. Apabila kulit yang sedang sensitif terpapar sinar matahari, wajah bisa menjadi kemerahan dan iritasi. 

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Skincare AHA dan BHA yang Tepat

Kandungan AHA dapat menghasilkan pengelupasan kulit secara signifikan. Supaya tidak terjadi pengelupasan berlebihan, pilih produk dengan kandungan AHA sekitar 10 hingga 15 persen. 

Sementara itu, kandungan skincare BHA memang dirancang untuk digunakan secara rutin. 

Artikel Lainnya: Ragam Manfaat French Rose untuk Skincare Routine

Dikutip dari Paula Choice, berikut cara menggunakan skincare eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA:

  • Gunakan AHA atau BHA setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner. 
  • Apabila konsentrasi skincare AHA dan BHA Anda cair, gunakan dengan cara dituang ke kapas lalu oleskan ke wajah. Jika skincare AHA dan BHA hadir dalam bentuk lotion atau gel, Anda bisa langsung mengoleskan ke wajah menggunakan jari tangan. 
  • Anda dapat menggunakan skincare AHA di kulit sekitar mata. Namun, hindari menggunakan skincare tersebut di area kelopak mata atau langsung di bawah mata (sepanjang garis bulu mata bawah).
  • Setelah menggunakan produk mengandung BHA atau AHA, Anda bisa langsung menggunakan pelembap, serum, krim mata, atau sunscreen.

Jika baru menggunakan produk mengandung AHA dan BHA, kulit mungkin akan mengalami efek samping seperti iritasi. 

Bila demikian, gunakan sebanyak 2-3 kali seminggu. Setelah kulit beradaptasi dan tidak lagi iritasi, Anda bisa menggunakan skincare mengandung AHA dan BHA setiap hari. 

Cari tahu informasi kesehatan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar