Sukses

Manfaat Nonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental

Menonton drama Korea ternyata tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Penasaran apa saja manfaat menonton drakor? Cari tahu di sini!

Ada begitu banyak penggemar drama Korea di seluruh dunia. Merujuk Forbes, K-drama alias drakor ditonton oleh 18 juta orang Amerika, dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Sebagian orang yang gemar menyaksikan tontonan tersebut menganggap bahwa drama Korea dapat dijadikan sebagai media terapi.

Hal ini karena drakor dapat memberikan pengalihan yang menyenangkan dari penat kehidupan, terutama selama pandemi.

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog menonton sebuah cerita yang menarik, termasuk drama Korea, tidak hanya dapat menghibur. Tindakan tersebut juga dapat membawa manfaat bagi kesehatan mental.

Artikel Lainnya: Ini Dia Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat menonton drakor terkait kesehatan mental yang bisa Anda rasakan:

1 dari 4 halaman

1. Mengontrol Emosi

Menonton drama Korea dapat berpengaruh pada cara Anda mengontrol emosi. Ini karena adegan-adegan dalam drakor mengekspresikan berbagai macam emosi, yang mendorong penonton untuk memahami dan merasakan kondisi serupa.

Karena hal tersebut, Anda mungkin bisa merasakan langsung emosi serupa dengan karakter yang ada di dalam drama. Hal ini baik bagi Anda untuk melatih mengendalikan emosi.

2. Mengobati Depresi

Dijelaskan oleh Gracia, jika sedang stres dan depresi, Anda memerlukan beberapa aktivitas yang sehat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu aktivitas sehat yang dimaksud adalah dengan menonton drama Korea.

“Menonton drama Korea umumnya menjadi bagian dari kegiatan refreshing. Hal ini bisa menjadi salah satu aktivitas yang dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan perasaan positif,” ucap Gracia.

Selain itu, menonton drama Korea juga bisa memicu pelepasan zat kimia otak, seperti serotonin dan dopamin.

Kedua senyawa tersebut dapat membantu meringankan stres dan perasaan negatif lain yang mengacaukan suasana hati.

2 dari 4 halaman

3. Baik untuk Kerja Otak

Saat nonton drakor, otak Anda juga bekerja dengan membayangkan adegan pada film tersebut. Hal ini dapat menjadi stimulasi yang baik untuk kerja otak.

Agar manfaat menonton drama korea yang satu ini dapat dirasakan lebih optimal, Anda disarankan menonton film dengan genre crime, suspense, dan thriller.

Genre tersebut dikenal menantang dan memiliki cerita rumit, sehingga dapat membantu Anda berpikir lebih teliti.

Pada akhirnya, menonton drakor akan menciptakan pemikiran-pemikiran yang positif sehingga dapat membuat Anda lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Artikel Lainnya: Ini Dampak Keseringan Nonton Film soal Tindak Kriminal

4. Memotivasi Anda

Menurut Gracia, salah satu manfaat lain dari menonton drakor adalah dapat membangun ‘harapan’ dalam diri apabila dilihat dari perspektif positif. Hal ini bisa terinspirasi dari berbagai hal positif yang disaksikan di drama Korea

“Adegan positif dalam film dapat pula memberikan inspirasi. Misalnya, menonton film yang menampilkan adegan keluarga romantis dapat menginspirasi dan memotivasi Anda untuk menciptakan suasana seperti itu,” ucap Gracia.

3 dari 4 halaman

5. Relaksasi Tubuh

Menonton drama Korea menjadi salah satu terapi untuk tubuh Anda yang sedang lelah. Anda dapat menghabiskan waktu bersantai sambil menonton adegan dan alur cerita bagus yang disukai.

Anda dapat memilih drama favorit untuk membangun suasana hati. Selain itu, Anda pun bisa sambil menikmati tontonan sambil mengonsumsi camilan yang disukai.

Dengan sejenak menikmati waktu menonton drama Korea, Anda telah membantu tubuh beristirahat. Hal ini bisa membuat Anda kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Itu dia sederet manfaat menonton drakor bagi kesehatan mental. Apakah Anda mulai tertarik untuk menyaksikan drama Korea agar bisa merasakan manfaat tersebut? Jangan lupa dikombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat, ya!

Jika suasana hati Anda tak kunjung membaik meski telah melakukan hal-hal yang menyenangkan, sebaiknya konsultasikan hal tersebut lebih lanjut kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar