Sukses

Tips Menggunakan Alas Bedak untuk Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif harus cermat memilih alas bedak. Jika tidak, kulit wajah bisa bermasalah! Gimana cara menggunakan alas bedak kulit sensitif?

Memilih alas bedak atau foundation untuk kulit itu ibarat memilih pasangan. Terlebih jika kulit wajah Anda termasuk yang sensitif, menemukan alas bedak yang tepat dan sesuai kebutuhan amatlah penting. 

Salah-salah, kulit Anda bisa bruntusan, iritasi, bahkan timbul jaringan parut.

Nah, jika Anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli alas bedak kulit sensitif, beberapa panduan ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Cari Alas Bedak yang Tidak Beraroma

Pertama, pastikan foundation yang dipilih tidak memiliki aroma atau tidak berbau menyengat.

“Pewangi tambahan biasanya yang menjadi ‘pelopor’ iritasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Perawatannya

1 dari 3 halaman

2. Gunakan Alas Bedak yang Ringan

Produk alas bedak yang ringan cenderung disarankan bagi kulit sensitif.

“Lebih baik gunakan produk foundation yang ringan dan bisa dibangun coverage-nya sedikit demi sedikit, atau tidak langsung tebal. Dengan begini, kulit punya ruang untuk ‘bernapas’. Foundation yang ringan juga akan lebih mudah dibersihkan,” jelas dr. Astrid.

3. Jangan Lupa Lembapkan Kulit

Cara menggunakan alas bedak kulit sensitif berikutnya adalah dengan melembapkan kulit terlebih dahulu. Pasalnya, kulit sensitif ada yang cenderung kering dan membutuhkan hidrasi.

Oleh karena itu, dr. Astrid menyarankan, pilihlah alas bedak yang punya kandungan melembapkan. Sebelum mengoleskan alas bedak, sebaiknya usapkan dulu krim pelembap atau losion pada kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen yang ber-SPF setidaknya 30 juga sangat penting sebelum memakai alas bedak kulit sensitif.

Gunakan sunscreen setelah pelembap dan sebelum foundation agar kulit tetap terlindung dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kerusakan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

5. Hindari Menggunakan Produk yang Mengiritasi Kulit

Kulit sensitif sangat rentan berjerawat dan iritasi. Sebaiknya, hindari bahan-bahan tertentu yang dapat mengiritasi kulit, seperti alkohol dan pewangi.

Selain itu, hindari pula alas bedak yang tahan air. Alas bedak yang tahan air akan sulit untuk dibersihkan dan dapat menyumbat pori-pori.

Artikel Lainnya: Pantangan Kulit Sensitif yang Mesti Dipatuhi

2 dari 3 halaman

6. Tipe Foundation Mineral yang Paling Baik

Alas bedak memiliki tipe beragam yang sangat berpengaruh pada jenis kulit. Foundation dengan tipe mineral adalah pilihan yang tepat bagi pemilik kulit sensitif.

Selain baik untuk kulit, kandungan mineral juga tidak akan menyumbat pori-pori dan dapat membantu kulit untuk “bernapas”.

7. Jangan Lupa Baca Label Kemasan

Walaupun sepele, mengecek label kemasan dari produk makeup sangatlah penting. Label akan memberikan informasi mengenai kandungan yang ada di dalamnya dan apakah cocok dengan kulit Anda.

“Jika memiliki riwayat iritasi karena zat tertentu, jangan lupa untuk membaca daftar bahan pada kemasan sebelum membeli atau mencoba alas bedak,” tegas dr. Astrid. 

Menggunakan makeup seperti alas bedak memang penting. Namun, disarankan dr. Astrid, pemilik kulit sensitif juga wajib mengutamakan perawatan kulit harian.

Antara lain membersihkan wajah sebelum, mengaplikasikan toner, essence, krim pelembap, dan serum. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

Pastikan juga untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan makeup. Hal ini demi mencegah kemunculan jerawat, beruntusan, komedo, dan iritasi.

Bila Anda punya masalah seputar cara menggunakan alas bedak kulit sensitif, tanyakan kepada dokter melalui aplikasi Klikdokter. Yuk, coba!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar