Sehat dan Bugar

Bukan Digoreng, Ini Cara Memasak Kentang yang Lebih Sehat

dr. Vika Damay, 07 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pengolahan kentang dengan cara digoreng dapat menghilangkan nutrisi pada kentang. Yuk, lakukan cara memasak kentang yang sehat berikut ini.

Bukan Digoreng, Ini Cara Memasak Kentang yang Lebih Sehat

Kentang merupakan sayuran bernutrisi yang kerap kali dijadikan sebagai pengganti nasi. Beberapa kandungan di dalamnya, di antaranya antioksidan, kalium, vitamin C, serat, dan vitamin B6.

Meski kaya akan nutrisi, ketika kentang diolah dengan cara digoreng, manfaat kesehatannya akan berkurang karena minyak menambahkan lemak jenuh serta kalori yang sangat banyak.

Komposisi kentang utamanya adalah karbohidrat. Oleh sebab itu, mengonsumsi kentang dapat memengaruhi gula darah tergantung dari jumlah dan cara mengolah kentang. 

Namun, bila diolah dengan cara yang sehat, kentang bisa menjadi makanan yang sehat, lho. Yuk, kenali cara-cara memasak kentang yang sehat berikut ini.

1. Panggang dengan Kulitnya

Cara memasak kentang yang baik salah satunya adalah dengan memanggang kentang bersama dengan kulitnya. Konsumsi kentang beserta kulitnya ternyata dapat meningkatkan komponen serat sehingga membantu menurunkan indeks glikemik kentang.

Sebuah kentang yang dipanggang bersama kulitnya memberikan 4 gram serat dan lebih dari 900 miligram kalium. Di sisi lain, mengonsumsi daging hanya memberikan 2 gram serat dan kurang lebih 600 miligram kalium.

Artikel Lainnya: Makan Kentang Tanpa atau dengan Kulitnya, Mana yang Lebih Baik?

Cara memasak kentang seperti ini dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Potong kentang ke bentuk wedges. Anda juga dapat membelah kentang menjadi dua.
  • Oleskan minyak zaitun dan bumbui kentang dengan garam serta merica.
  • Gunakan alumunium foil untuk membungkus kentang. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga agar nutrisi yang terkandung dalam kentang tetap terjaga.
  • Panggang di oven dengan suhu 450o C selama 15-20 menit.

2. Kukus

Mengukus merupakan salah satu cara memasak kentang yang sehat. Anda mungkin menganggap kentang akan terasa tawar dan hambar bila dikukus. Namun tenang saja, ada beberapa cara supaya kentang yang dikukus menjadi enak. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Ketika mengukus kentang, jangan lupa tambahkan garam dan lada.
  • Bila Anda suka rasa pedas, boleh ditambahkan dengan bubuk cabai.
  • Agar rasa dan aroma lebih kuat, Anda bisa mengukusnya dengan rempah-rempah segar yang dicincang seperti daun peterseli, kemangi, thyme, dan rempah lainnya sesuai selera Anda.

Artikel Lainnya: Mengapa Konsumsi Kentang Penting untuk Diet Anda?

3. Rebus

 

Cara memasak kentang yang sehat lainnya adalah dengan direbus. 

Supaya rasa kentangnya lebih gurih, rebus kentang di dalam air kaldu dan tambahkan bumbu beserta rempah-rempah. Anda juga bisa merebus dan mengonsumsinya dengan kulitnya, lho.

4. Salad Kentang

Kentang juga enak dan sehat bila dimakan sebagai salad, lho. Namun, sering kali terdapat kekeliruan saat mengonsumsi kentang dengan cara ini. kesalahan yang sering dilakukan adalah mengonsumsi salad dengan mayones.

Nah, supaya lebih sehat, ganti mayones yang biasa Anda tambahkan ke dalam salad dengan yogurt tawar atau Greek yogurt. Anda juga bisa menambahkan garam dan merica supaya rasa menjadi lebih enak.

Artikel Lainnya: Manfaat Baik Konsumsi Kentang saat Hamil

5. Sup Kentang

Tidak hanya dikonsumsi mandiri, kentang juga bisa Anda olah menjadi sup bersama bahan makanan lain. Cara memasak kentang menjadi sup dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Potong kentang menjadi bentuk dadu.
  • Rebus bersama sayuran lainnya seperti wortel, brokoli, seledri serta bawang-bawangan ke dalam kuah kaldu.
  • Untuk menambah asupan protein, tambahkan juga potongan ayam.
  • Jangan lupa untuk memberikan bumbu agar hidangan menjadi lebih enak.

6. Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Kentang tumbuk atau mashed potato biasanya disajikan sebagai makanan pendamping. Supaya menjadi lebih sehat, sebaiknya ganti krim atau mentega dengan Greek yogurt saat kentang ditumbuk. Tambahkan pula bumbu serta bubuk bawang putih agar bau yogurt tidak terlalu tajam.

Namun perlu Anda ingat, cara memasak kentang dengan cara ditumbuk lebih berpengaruh terhadap gula darah ketimbang cara pengolahan kentang lainnya.

Nah, kini Anda sudah tahu beberapa cara memasak kentang yang sehat. Selain enak, kentang yang diolah dengan cara tepat pun dapat memberikan manfaat sehat bagi tubuh Anda. Supaya nutrisi harian terpenuhi, jangan lupa kombinasikan kentang dengan makanan lain yang mengandung protein, serat, vitamin, dan nutrisi baik lainnya. 

Bila ada pertanyaan lainnya mengenai topik ini, konsultasikan kepada dokter lewat Tanya Dokter di KlikDokter. 

[WA]

Kentang

Konsultasi Dokter Terkait