Sukses

Manfaat Melakukan Gerakan Y Raise

Gerakan Y Raise bermanfaat mendukung kekuatan otot bahu dan tubuh bagian belakang. Ketahui manfaat lain dari gerakan Y raise dan cara tepat melakukannya di sini.

Jika Anda ingin memperkuat otot bahu serta tubuh bagian belakang, tidak ada salahnya mencoba latihan Y Raise. Gerakan Y Raise dilakukan dengan berbaring telungkup di matras.

Kemudian, posisikan tubuh Anda serupa huruf Y dan angkat sedikit tangan ke atas.

Meski terlihat sepele, gerakan Y Raise tidak dapat dilakukan sembarangan. Pasalnya, kesalahan gerakan dapat memicu terjadinya cedera atau nyeri otot.

Namun tidak perlu khawatir, dengan mengetahui cara melakukan Y Raise yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaat optimal dari latihan ini.

Artikel Lainnya: Beragam Jenis dan Gerakan Senam Lantai, Apa Saja?

1 dari 3 halaman

Cara Melakukan Gerakan Y Raise

Berikut langkah atau cara melakukan gerakan Y Raise:

  1. Anda harus telungkup dengan posisi wajah menghadap ke matras. Pastikan tulang belakang dalam kondisi relaks.
  1. Selanjutnya, luruskan dan satukan kaki Anda. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu.
  1. Kemudian, rentangkan lengan Anda hingga posisi tubuh membentuk huruf Y. Kepalkan tangan dengan posisi ibu jari menghadap ke langit-langit, serta usahakan posisi telapak tangan saling berhadapan.
  1. Angkat kedua lengan sedikit ke udara, fokuskan gerakan pada tulang belikat Anda. Ketika mengangkat lengan, jaga posisi kepala, dagu, bahu dan badan Anda agar tidak bergerak.
  1. Kemudian turunkan lengan perlahan ke matras. Ulangi gerakan dari awal.

Agar tidak mengalami cedera, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan menyarankan Anda melakukan gerakan Y Raise dengan repetisi (pengulangan) maupun porsi yang tidak terlalu berat.

Artikel Lainnya: Gerakan Pengganti Push Up yang Bisa Dicoba di Rumah

2 dari 3 halaman

Manfaat Gerakan Y Raise

Dilansir dari LiveStrong, Tatiana Lampa, CPT, pelatih pribadi sekaligus pendiri Training with T merekomendasikan melakukan gerakan Y Raise dua kali dalam sepekan.

Hal ini bertujuan agar tubuh memperoleh manfaat optimal dari gerakan ini. Berikut manfaat melakukan gerakan Y Raise bagi tubuh:

1. Memperkuat Punggung dan Bahu

Dokter Iqbal menjelaskan gerakan Y Raise berfungsi membangun komposisi otot tubuh. “Utamanya otot tubuh atas maupun tubuh bagian belakang,” katanya.

Gerakan Y Raise dapat menguatkan otot punggung atas, terutama trapezius bawah yang membentang di bawah tulang belikat dan rhomboid (otot punggung atas di antara belikat).

Gerakan Y Raise juga bermanfaat untuk otot rotator cuff yang terdiri dari infraspinatus, supraspinatus, minor terrace, dan subscapularis.

Rotator cuff juga meliputi deltoid anterior (depan), lateral (samping) dan posterior (otot bahu).

Dengan kata lain, setiap jengkal otot bahu bekerja maksimal ketika Anda melakukan Y Raise.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Aktivitas duduk terlalu lama seperti menghadap komputer atau mengendarai sepeda motor, tanpa disadari dapat menyebabkan otot punggung melemah. Pada gilirannya kebiasaan ini membuat postur tubuh membungkuk.

Gerakan Y Raise, menurut Tatiana Lampa, dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda.

Y Raise juga bermanfaat membangun daya tahan otot, sehingga membantu otot punggung dan bahu bekerja lebih lama tanpa merasa lelah.

Pada praktiknya, kondisi ini membuat Anda sanggup mempertahankan postur duduk yang ideal sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Gerakan Yoga untuk Jantung Sehat

3. Meningkatkan Rentang Gerak Bahu

Tidak sedikit orang memiliki rentang gerak persendian di sekitar bahu yang terbatas. Gerakan Y Raise dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak bahu Anda.

Pada gilirannya, latihan ini mendukung kekuatan otot bahu untuk melakukan olahraga berat lainnya seperti latihan pull-down maupun bench press.

Manfaat gerakan Y Raise untuk otot bahu dan punggung sangatlah besar. Namun perlu diingat, lakukan gerakan ini sesuai langkah di atas agar Anda meminimalkan risiko cedera.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar manfaat olahraga atau gerakan lainnya, konsultasi ke dokter via Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar