HomeGaya hidupPerawatan WanitaPentingnya Menjaga Keseimbangan Flora Normal Vagina
Perawatan Wanita

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Flora Normal Vagina

Tamara Anastasia, 26 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menjaga keseimbangan flora normal vagina turut menjauhkan organ intim Anda dari berbagai masalah kesehatan. Bagaimana caranya? Cek fakta selengkapnya!

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Flora Normal Vagina

Tahukah Anda, vagina dikelilingi oleh sejumlah flora? Flora yang dimaksud di sini bukanlah tanaman, melainkan bakteri baik yang hidup di sekitar organ kewanitaan Anda.

Menjaga keseimbangan flora normal vagina sama dengan menjauhkan organ intim Anda dari masalah kesehatan. Dengan kata lain, apabila keseimbangan flora vagina terganggu, organ intim Anda lebih berisiko terserang penyakit.

Mengenal Fungsi Flora Vagina

Faktanya, flora vagina memproduksi asam laktat, hidrogen peroksida, dan zat lain yang menghambat pertumbuhan ragi serta organisme tertentu yang dapat mengancam kesehatan organ kewanitaan.

Artikel Lainnya: Kesalahan dalam Membersihkan Vagina yang Wajib Diketahui Wanita

“Flora normal pada vagina berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan lingkungan organ intim tersebut,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

“Kalau kondisi ideal vagina berubah, flora normal bisa berkurang atau malah bertumbuh secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya keputihan abnormal,” sambungnya.

Tak hanya itu, keseimbangan flora normal vagina yang terganggu juga bisa meningkatkan risiko vaginosis bakterialis. Penyakit ini dapat mencetuskan gejala yang sangat mengganggu penderitanya, bahkan bisa meningkatkan risiko HIV.

Artikel Lainnya: Mengatasi Vagina Gatal dengan Air Garam, Amankah?

Tips Menjaga Keseimbangan Flora Normal Vagina

Berdasarkan dr. Astrid, cara paling tepat untuk menjaga keseimbangan flora normal organ kewanitaan adalah dengan menghindari penggunaan sabun pembersih vagina.

Pada dasarnya, vagina mampu menjaga kebersihan dirinya sendiri. Penggunaan cairan atau sabun pembersih khusus justru mengganggu keseimbangan flora normal vagina.

“Vagina cukup dibersihkan dengan air bersih yang mengalir, dan hanya dari satu arah; yakni depan ke belakang (vagina ke anus),” jelas dr. Astrid.

Jangan lupa, basuh vagina dari depan ke belakang guna mencegah perpindahan bakteri yang ada di anus ke area vagina.

Jika Anda membersihkan vagina dari arah sebaliknya, bakteri yang dari anus bisa mendominasi area vagina. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan flora normal vagina, sehingga mencetuskan gangguan kesehatan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Nah, agar keseimbangan flora vagina senantiasa terjaga, Anda juga bisa mempraktikkan hal-hal berikut ini:

  • Menghindari penggunaan celana dalam ketat
  • Segera mengganti pakaian dalam yang basah
  • Tidak menggunakan pakaian dalam yang kotor atau belum dicuci hingga bersih
  • Mengonsumsi makanan kaya probiotik, seperti yoghurt

Salah satu kunci vagina yang sehat adalah dengan menjaga keseimbangan flora normal yang hidup di organ tersebut.

Jika Anda kesulitan menjaga keseimbangan flora vagina, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

VaginaKesehatan Vagina

Konsultasi Dokter Terkait