Sukses

Manfaat Baking Soda untuk Mengatasi Kulit Gatal

Baking soda dipercaya sebagian orang dapat mengatasi kulit yang gatal. Untuk tahu informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Baking soda atau soda kue merupakan bahan makanan yang kerap digunakan untuk memasak dan membersihkan peralatan rumah. Tak hanya itu, baking soda disebut-sebut juga bisa mengatasi kulit gatal.

Untuk tahu fakta mengenai manfaat baking soda untuk gatal, simak ulasan dan penjelasan dokter berikut ini.

1 dari 3 halaman

Baking Soda untuk Mengatasi Rasa Gatal di Kulit, Ampuhkah?

Rasa gatal di kulit bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya akibat infeksi jamur.

Menurut sebuah studi tahun 2014, baking soda dapat membunuh sel Candida yang menyebabkan infeksi jamur di kulit. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan baking soda dapat berguna sebagai agen antijamur.

Artikel Lainnya: Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda

Selain itu, baking soda diyakini dapat mencegah eksim kambuh dan mengurangi gejala gatal-gatal akibat eksim pada sebagian orang.

Dilansir dari Healthline, untuk mengatasi kulit gatal, Anda bisa menggunakan baking soda dengan cara berikut:

  • Masukkan 1 hingga 2 cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat. Selanjutnya, Anda bisa berendam di bak tersebut. Setelah itu, bilas, keringkan, dan gunakan pelembap di kulit.
  • Anda bisa membuat salep dengan cara mencampurkan sedikit air dan baking soda. Kemudian, oleskan campuran baking soda tersebut ke area kulit yang gatal.

Menanggapi manfaat baking soda untuk kulit gatal, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, “Beberapa sumber memang menyatakan bahwa baking soda bisa bantu redakan gatal, salah satunya pada penderita eksim. Namun, tidak ada yang menjelaskan bagaimana mekanismenya.”

“Aman atau tidaknya penggunaan baking soda untuk gatal dikembalikan lagi ke setiap orang. Sebaiknya penggunaan baking soda dicoba dulu di area kecil permukaan kulit untuk mengetahui adanya risiko iritasi atau tidak,” tambah dr. Astrid.

2 dari 3 halaman

Cara Lain untuk Mengatasi Kulit Gatal

Banyak yang meyakini dan mencoba baking soda untuk mengatasi gatal. Kendati begitu, sebaiknya Anda tidak menggunakan atau mengaplikasikan baking soda ke kulit wajah.

Pasalnya, kondisi kulit wajah dan tubuh cukup berbeda. Dikhawatirkan dapat terjadi iritasi pada kulit wajah yang sensitif.

Artikel Lainnya: Apa Benar Baking Soda Bisa Atasi Bau Mulut?

Supaya lebih aman dan terhindar dari iritasi, American Academy of Dermatology merekomendasikan beberapa perawatan rumahan untuk mengatasi kulit gatal:

  • Berikan kompres dingin ke kulit yang gatal. Kompres selama 5-10 menit sampai gatal mereda.
  • Anda bisa mandi atau berendam di dalam bak berisi air yang dicampur oatmeal. Oatmeal punya manfaat untuk menenangkan kulit gatal.
  • Mengoleskan obat anestesi topikal yang mengandung pramoxine.
  • Oleskan krim atau losion yang mengandung mentol atau kalamin.

Sebelum menggunakan baking soda untuk gatal, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis kulit.

Dokter dapat mengidentifikasi penyebab kulit gatal dan mempertimbangkan perawatan di rumah menggunakan baking soda.

Untuk tahu informasi seputar kesehatan kulit lainnya dapat diakses di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar