Sukses

Manfaat Cabai Hijau untuk Kehamilan

Hobi makan pedas selama kehamilan? Cobalah untuk membuat sambal menggunakan cabai hijau. Berikut ini segudang manfaat sehat cabai hijau untuk kehamilan.

Ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, karena dapat memperburuk gejala mual dan muntah. Mengonsumsi makan pedas berlebihan saat hamil juga dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Kendati demikian, tak ada salahnya jika ibu hamil mengonsumsi makanan pedas dalam porsi yang sangat sedikit.

Makanan pedas yang di maksud di sini adalah sambal. Di antara sekian jenisnya, sambal menggunakan cabai hijau adalah yang paling dianjurkan. Hal ini berhubungan dengan manfaat cabai hijau untuk ibu hamil.

Artikel Lainnya: Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil?

1 dari 3 halaman

Cabai Hijau dan Kehamilan

Cabai hijau merupakan salah satu makanan yang rendah kalori dan hampir bebas lemak. Karenanya, cabai hijau bagus untuk mengendalikan berat badan selama kehamilan.

Cabai hijau kaya nutrisi yang berharga untuk kesehatan tubuh, karena mengandung vitamin A, C, K, dan fitonutrien yang disebut capsaicin. Kandungan tersebut dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, cabai hijau juga mengandung serat, protein, kalium, natrium dan mineral lain yang juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

“Dibandingkan dengan lainnya, cabai hijau memang tidak terlalu pedas sehingga lebih nyaman saat dikonsumsi oleh ibu hamil,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

2 dari 3 halaman

Manfaat Cabai Hijau untuk Kehamilan

Berikut ini beberapa manfaat cabai hijau untuk kehamilan:

1. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Melansir Health Benefit, cabai hijau mengandung jumlah vitamin C yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hanya 100 gram cabai hijau saja sudah memiliki 143,7 miligram vitamin C, atau setara dengan 237 persen dari nilai harian yang direkomendasikan

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Cabai hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap di rentang stabil. Hal ini membuat ibu hamil terhindar dari risiko diabetes gestasional.

Agar manfaat cabai hijau dalam menjaga kadar gula darah dapat dirasakan lebih optimal, pastikan untuk mengimbanginya dengan penerapan gaya hidup sehat, menghindari asupan manis, dan olahraga rutin.

3. Mengurangi Kerusakan Oksidatif

Cabai hijau memiliki karotenoid, yang disinyalir sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan DNA sehingga mampu menurunkan risiko kanker secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Tips Makan Sayuran Mentah Bagi Ibu Hamil

4. Baik untuk Pencernaan

Cabai hijau kaya akan serat, yang jika dikonsumsi dengan porsi cukup bisa membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Mengonsumsi cabai hijau juga bisa mencegah ambeien akibat kesulitan buang air besar (BAB).

5. Membantu Menyembuhkan Pilek

Kandungan capsaicin dalam cabai hijau dianggap efektif untuk melunakan lendir di hidung (ingus). Jadi, ketika Anda memiliki pilek berat yang menyebabkan hidung mampet, cabai hijau bisa menjadi cara alami untuk mengatasinya.

Namun, tetap utamakan perawatan medis dari dokter untuk menyembuhkan gangguan penyakit yang sedang dialami.

6. Baik untuk Jantung

Mengutip laman Parenting First Cry, mengonsumsi cabai hijau diduga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sehingga mencegah pembentukan plak aterosklerosis penyebab penyakit jantung dan stroke.

Cabai hijau  juga membantu meningkatkan aktivitas fibrinolitik, yang dapat mencegah pembentukan bekuan darah penyebab umum serangan jantung.

7. Bantu Mengatasi Mood Swing

Cabai hijau dapat membantu tubuh melepaskan endorfin, sehingga membantu meningkatkan suasana hati.

8. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Cabai hijau kaya akan vitamin K, yang dikenal dapat menurunkan risiko osteoporosis. Komponen capsaicin dalam cabai hijau dapat pula membantu mencegah radang sendi.

Tidak disangka, ternyata manfaat cabai hijau untuk ibu hamil sangatlah beragam. Sayangnya, sebagian manfaat tersebut masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan oleh penelitian medis.

“Belum ada studi yang secara spesifik mengatakan manfaat cabai hijau untuk kehamilan,” tegas dr. Astrid.

“Kalaupun ada kandungan nutrisi yang baik, tetap batasi konsumsi cabai. Lagi pula, hanya makan cabai saja tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi selama kehamilan,” pungkasnya.

Manfaat cabai hijau untuk ibu hamil memang belum sepenuhnya terbukti. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsinya selama kehamilan. Asalkan, tetap perhatikan porsi agar tidak berlebihan, dan dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

Butuh saran dari dokter terkait konsumsi cabai hijau untuk kehamilan? Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta medis lainnya? Anda bisa melakukan konsultasi menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau melalui aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar