Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Mengonsumsi Mi Shirataki

Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Mengonsumsi Mi Shirataki

Banyak ibu hamil yang mengonsumsi mi shirataki dengan tujuan menjaga berat badan ideal. Tetapi, apakah ibu hamil boleh makan mi shirataki? Adakah efek sampingnya?

Banyak menu atau bahan makanan sehat yang digadang-gadang baik untuk kehamilan. Salah satu makanan sehat dan dianggap baik untuk ibu hamil adalah mi shirataki. 

Karena mengandung rendah kalori, mengonsumsi mi asal Jepang ini dipercaya dapat mengenyangkan dan membuat berat badan ibu hamil tetap stabil!

Namun, apakah boleh ibu hamil makan mie shirataki terus-menerus?

1 dari 3 halaman

Bolehkah Makan Mi Shirataki Saat Hamil?

Mi shirataki memiliki tekstur yang cukup kenyal dan berwarna putih bening. Mi ini terbuat dari serat tanaman konjac atau dikenal dengan glukomanan. 

Shirataki tergolong sebagai makanan diet dan sering dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain memiliki kalori yang rendah, kandungan karbohidrat mi asal negara Jepang ini didominasi oleh serat.

Artikel Lainnya: Bahaya Makan Mi Instan bagi Ibu Hamil

Dokter. Reza Fahlevi, Sp. A, mengatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi mi shirataki. “Apabila dikonsumsi ibu hamil, itu baik untuk melancarkan buang air besar bagi ibu yang mengalami sembelit,” ujarnya.

Sayangnya, mi shirataki kurang baik bila dikonsumsi terlalu sering, terutama bagi ibu hamil yang berat badannya di bawah rata-rata. 

“Bagi ibu yang berat badannya kurang, sebaiknya tidak makan mi shirataki. Karena pada beberapa kasus ibu hamil yang berat badannya kurang, mereka lebih butuh banyak kalori. Jadi mi shirataki yang rendah kalori bukanlah pilihan yang baik,” ujar dr. Reza Fahlevi.

2 dari 3 halaman

Efek Samping dan Manfaat Makan Mie Shirataki untuk Ibu Hamil

Anda perlu tahu, glukomanan adalah serat yang fungsinya melancarkan sistem pencernaan. Artinya, tubuh tidak tidak akan bisa mengolah mi shirataki sebagai energi. 

Karena mi shirataki hanya mengandung sedikit energi, nantinya ibu hamil dapat merasa lemas dan tidak bersemangat. 

Bahkan, dilansir dari Healthline, mengonsumsi terlalu banyak mi shirataki bisa meningkatkan kadar glukomanan di dalam tubuh. Dampaknya, ibu hamil dapat mengalami diare atau perut jadi kembung. 

Kendati begitu, mi ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan serat mi shirataki diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Nantinya, serat glukomanan akan mendorong organ hati untuk melepaskan empedu yang mengandung kolesterol dan dikeluarkan melalui feses. 

Artikel Lainnya: Bahaya Makan Ikan Tuna Berlebihan saat Hamil

Manfaat lain yang bisa ibu hamil dapatkan dari makan mi shirataki adalah terhindar dari diabetes gestasional. Sebab, mi shirataki memiliki indeks glikemik yang rendah. Alhasil, setelah mengonsumsi mi asal Jepang ini, kadar gula dalam darah ibu hamil tak akan melonjak. 

Tips bagi ibu yang ingin mengonsumsi mi shirataki. Pastikan ibu mengosumsi mi ini dalam jumlah cukup atau tidak terlalu sering.

Jangan lupa untuk menyediakan lauk pendamping yang kaya akan nutrisi. Ibu bisa menambahkan sayuran, daging sapi, daging ayam, seafood, telur. 

Selain itu, ibu juga bisa mengganti mi shirataki dengan karbohidrat  kompleks, seperti beras merah, roti gandum, atau pasta gandum. Makanan tersebut dapat menjaga berat badan tetap ideal dan tubuh jadi berenergi. 

Agar lebih aman, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan masing-masing mengenai porsi atau takaran mengonsumsi mi shirataki. 

Mau tahu informasi kehamilan lainnya? Anda bisa membaca artikel kesehatan dan kehamilan di aplikasi Klikdokter. Untuk berkonsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar