Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alat untuk Mengeluarkan Keringat, Efektifkah Menurunkan Berat Badan?

Alat untuk Mengeluarkan Keringat, Efektifkah Menurunkan Berat Badan?

Banyak alat untuk berkeringat yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Apakah medis setuju dengan klaim tersebut? Simak faktanya!

Banyak orang yang ingin memiliki berat dan bentuk badan ideal. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda mungkin sudah tidak asing dengan alat untuk mengeluarkan keringat, seperti sauna portabel.

Penggunaan alat-alat demikian diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Klaim ini berawal dari fungsi alat tersebut, yang membantu tubuh mengeluarkan keringat. 

Semakin banyak keringat yang keluar, semakin cepat pula berat badan akan berkurang.

Apakah medis setuju klaim tersebut? Benarkah keluar keringat berhubungan langsung dengan proses menurunkan berat badan?

1 dari 3 halaman

Benarkah Alat Bantu Berkeringat Efektif Menurunkan Berat Badan?

Faktanya, berkeringat tidak sama dengan proses pembakaran kalori. Berkeringat adalah cara tubuh untuk menjaga kestabilan suhunya.

Jika Anda merasakan penurunan bobot tubuh setelah berkeringat, hal itu terjadi bukan karena lemak yang berkurang; melainkan cairan.

Artikel Lainnya: Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan Tubuh

Sehubungan dengan fungsi alat bantu berkeringat yang diklaim dapat menurunkan berat badan, dr. Theresia Rina Yunita berpendapat bahwa belum ada penelitian yang setuju dengan hal tersebut.

“Belum ada penelitian medis yang menyatakan bahwa alat tersebut efektif dalam membakar lemak atau berkaitan dengan penurunan berat badan,” ujar dr. Theresia Rina.

Untuk menurunkan berat badan dengan efektif, jumlah kalori yang dibakar harus lebih banyak daripada yang masuk ke tubuh. 

Nah, cara terbaik untuk membakar atau mengurangi kalori (termasuk lemak) di dalam tubuh adalah dengan berolahraga dan mengatur pola makan; bukan dengan berdiam di dalam alat bantu berkeringat.

Bukannya membantu menurunkan berat badan, penggunaan alat bantu berkeringat justru dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Hal ini khususnya terjadi apabila Anda terlalu sering menggunakan alat tersebut.

2 dari 3 halaman

Bahaya Keseringan Menggunakan Alat Bantu Berkeringat

Berdasarkan dr. Theresia Rina, hingga saat ini memang belum ada laporan mengenai bahaya alat bantu berkeringat. Namun, penggunaannya tetap berpotensi menyebabkan efek samping yang merugikan kesehatan.

“Luka bakar akibat terpapar alat yang terlalu panas dan dehidrasi lantaran kehilangan banyak cairan,” ucap dr. Theresia Rina. 

“Alat tersebut juga bisa berbahaya bagi mereka yang sedang hamil, memiliki riwayat penyakit jantung, atau berada di bawah pengaruh obat-obatan maupun alkohol,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Punya Masalah dengan Keringat Berlebih? Ini Cara Mengatasinya

Tidak berhenti di situ, penggunaan alat untuk mengeluarkan keringat secara berlebihan juga dapat membuat tubuh tidak dapat melepaskan panas dari dalam secara optimal. Hal ini bisa meningkatkan risiko heatstroke atau sengatan panas.

Parahnya lagi, dehidrasi akibat tubuh yang terus dipaksa berkeringat dapat pula berdampak buruk pada volume darah. 

Akibatnya, tubuh tidak bisa menyediakan cukup oksigen untuk menunjang fungsi jantung dan otak. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung

Alat untuk mengeluarkan keringat tidak terbukti dapat menurunkan berat badan. Alat tersebut malah dapat menyebabkan dampak yang merugikan kesehatan, khususnya jika digunakan sembarangan atau secara berlebihan.

Ingin tahu cara menurunkan berat badan yang aman dan efektif? Anda dapat meminta saran dan bantuan dari dokter dengan melakukan konsultasi lebih lanjut melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar