Sukses

Coba Dicek, Ini Ciri-Ciri Kuku yang Sehat

Kuku yang sehat merupakan hal yang penting karena kesehatan kuku memperlihatkan kesehatan tubuh kita. Apa saja ciri-ciri dari kuku yang sehat?

Kuku adalah bagian tubuh yang paling cepat kotor. Sebab, saat jari atau tangan menyentuh suatu benda, kemungkinan besar kuku juga akan terpapar kotoran atau kuman dari barang tersebut.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kondisi kesehatan kuku. Padahal, kondisi kuku dapat mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Maka itu, penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kuku yang sehat dan akan dijelaskan lewat uraian berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Berwarna Merah Muda

Kuku yang sehat umumnya berwarna merah muda karena mengikuti warna dasar jaringan di bawahnya. 

Ketika menekan kuku, mungkin warna merah tersebut akan hilang sementara dan muncul kembali dengan cepat saat tekanan dilepaskan

2. Kuku Tidak Penuh Tonjolan atau Garis

Apabila pada kuku terdapat garis memanjang ke arah atas, itu bisa menandakan adanya masalah kesehatan serius.

Dilansir dari Insider, menurut Harvard Health Publishing, garis tersebut bisa menandakan cedera pada matriks kuku (area pertumbuhan kuku), tubuh kekurangan nutrisi, infeksi lempeng kuku, reaksi obat, atau dampak bahkan demam tinggi.

Artikel Lainnya: Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

2 dari 4 halaman

3. Kuku Tidak Mudah Patah

Kondisi kuku yang sangat rapuh atau mudah patah disebut dengan onikolisis. Kondisi onikolisis dapat terjadi ketika kuku Anda terpisah dari dasarnya. Onikolisis dapat menyebabkan cedera dan infeksi. 

Kuku yang mudah patah dapat disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Menurut American Osteopathic College of Dermatology, sering membasahi dan mengeringkan kuku juga dapat membuat kuku kering atau mudah patah.

4. Lipatan Kuku Tidak Bengkak

Menurut WebMD, jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, hal itu menandakan adanya peradangan pada lipatan kuku. 

Kondisi ini dapat terjadi akibat penyakit lupus atau gangguan jaringan ikat lainnya. Adanya infeksi juga dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku. 

5. Memiliki Kutikula

Kutikula merupakan kulit yang tepat berada di atas matriks kuku. “Memiliki kutikula cukup penting. 

Karena kutikula menjadi pelindung kuku yang baru tumbuh serta mencegah masuknya kuman di antara kuku baru dan lapisan kulit,” ujar dr. Atika. 

6. Kondisi Tangan dan Kuku Lembap

Dokter Atika mengatakan, “Ciri kuku sehat lainnya adalah tampak lembap.” Supaya kutikula tetap sehat dan kuku tumbuh dengan baik, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly. 

Oleskan petroleum jelly ke bagian kuku dan kutikula setiap malam untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. 

Artikel Lainnya: 3 Tips Gampang Kuku Sehat & Cantik

3 dari 4 halaman

7. Tidak Ada Garis Gelap di Kuku Anda

Masih diwartakan dari Insider, menurut Healthline, adanya garis gelap di kuku merupakan salah satu tanda kanker kulit. Kanker bisa muncul dari bagian matriks kuku. 

Jika ditemukan adanya garis berwarna cokelat hingga gelap yang perlahan melebar menutupi kuku, segeralah memeriksakan diri ke dokter. 

8. Tidak Ada Jamur Kuku

Kuku yang menebal dan terdapat bintik putih hingga kehitaman bisa menjadi tanda infeksi jamur. Adanya jamur dapat merusak matriks kuku. 

Jamur kuku bisa menyebabkan keluhan nyeri, tampilan kuku yang kurang indah, sehingga aroma kuku kurang sedap.” jelas dr. Atika.

Walaupun sudah diobati, jamur dapat menyebabkan kuku menebal secara permanen. 

Itu dia ciri-ciri kuku sehat yang perlu Anda ketahui. Kesehatan kuku sangat penting untuk dijaga. Sebab bila kesehatan kuku diabaikan, hal itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh lainnya. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel lainnya di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar