Sukses

Tingkatkan Kesuburan dengan Makan Kubis Brussel

Selain jaga pola hidup sehat, rutin makan kubis brussel juga disebut bisa tingkatkan kesuburan pria dan wanita. Simak kata dokter berikut ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan untuk kesuburan seperti kubis brussel

Kubis brussel atau yang juga disebut brussel sprouts memiliki nutrisi tinggi. Melansir Natural Fertility Expert, UK, 100 gram kubis brussel mengandung 147 persen vitamin K, 142 persen vitamin C, 25 persen vitamin A, 17 persen vitamin B6, 17 persen zat besi, 15 persen folat, dan 15 persen mangan.

Artikel lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Apa saja kandungan di dalam kubis brussel yang bisa membantu meningkatkan kesuburan? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

1. Punya Kandungan Vitamin C Tinggi

Di dalam 100 gram kubis brussel terdapat 142 persen vitamin C. Vitamin ini sangat baik bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. 

Kadar vitamin C yang tinggi bisa membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. 

Sebaiknya, suami mengonsumsi vitamin C dengan rutin, baik melalui makanan seperti kubis brussel ataupun suplemen vitamin C. 

2. Tinggi Asam Folat 

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kandungan asam folat di dalam kubis brussel juga cukup tinggi dan efektif untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. 

Ia mengatakan, “Asam folat pada wanita diketahui bisa meningkatkan fungsi indung telur dan kualitas sel telur. Untuk pria sendiri, asam folat juga bekerja untuk meningkatkan kualitas sperma.” 

Tidak hanya itu, asam folat juga bekerja untuk mendukung proses pembuahan dan pembentukan janin, serta mendukung kesehatan janin. 

Jika asam folat dikonsumsi secara rutin, baik pria maupun wanita akan memiliki kesuburan yang baik. Imbangi juga dengan makanan asam folat lainnya seperti alpukat, kacang polong, biji-bijian, dan sayuran hijau. 

Penelitian menunjukkan, kekurangan asam folat selama kehamilan telah dikaitkan dengan cacat lahir. Tanpa asam folat, sel-sel sistem saraf janin tidak membelah dengan benar. 

Mengonsumsi makanan kaya asam folat secara alami dapat membantu mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir. 

Artikel lainnya: Inilah Lima Kiat Ampuh Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

2 dari 3 halaman

3. Punya Kandungan Phytonutrient

Kubis brussel juga mengandung phytonutrient yang memiliki fungsi membantu menyeimbangkan hormon estrogen di dalam tubuh. 

Dokter Dyah Novita menjelaskan, ketika hormon estrogen seimbang di dalam tubuh, organ reproduksi juga ikut sehat dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil. 

Kubis brussel juga dianggap menurunkan kadar kolesterol dan memiliki sifat antiinflamasi.

Kubis brussel memang menjadi salah satu superfood bagi pasangan yang ingin meningkatkan kesuburan. Hanya saja, Anda tetap diminta untuk mengombinasikan asupannya dengan makanan lain guna meningkatkan fertilitas. 

Selain itu, lakukan olahraga secara rutin sebagai bagian dari pola hidup sehat. Bila Anda dan pasangan sedang menjalani program hamil, terapkan sesuai anjuran dokter dengan konsisten.

Ingin tanya lebih lanjut seputar kesuburan dan program hamil? Konsultasi ke dokter lebih mudah melalui Live Chat. Anda juga bisa mengetahui masa subur lebih praktis dengan Kalender Kesuburan.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar