Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penggunaan Kertas Minyak untuk Wajah Picu Komedo, Benarkah?

Penggunaan Kertas Minyak untuk Wajah Picu Komedo, Benarkah?

Kertas minyak sering digunakan untuk mengangkat minyak berlebih di wajah. Namun, katanya kertas minyak bisa jadi penyebab komedo. Benar, enggak ya?

Produksi minyak di wajah akan meningkat seiring aktivitas sehari-hari. Masalah kulit yang satu ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, obat-obatan, dan menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai.

Untuk meminimalkan hal tersebut, biasanya Anda akan menggunakan kertas minyak wajah untuk mengurangi “kilap”.

Sayangnya, penggunaan kertas minyak disebut bisa memicu komedo. Sudah benarkah anggapan tersebut?

1 dari 3 halaman

Kertas Minyak Jadi Penyebab Komedo?

Komedo muncul karena terjadi sumbatan sebum, kotoran, dan sel kulit mati di pori-pori pada kulit. Bintik hitam atau putih ini paling sering muncul di wajah, seperti hidung, pipi, dan dagu. 

Sementara itu, kertas minyak berfungsi menyerap sebum di permukaan wajah. Biasanya, minyak, debu, dan kotoran ikut tersapu saat kertas minyak diusapkan ke wajah. 

Dikutip dari laman Bioelements, kertas minyak wajah memang bisa menghilangkan kelebihan minyak. Namun, penggunaan kertas ini sebenarnya malah mendorong kulit untuk meningkatkan produksi minyak demi mengimbanginya. 

Artikel lainnya: Cara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda

Penggunaan kertas minyak yang berlebihan dan menggunakannya dengan cara digosok, akan dapat memperburuk peradangan kulit. Hal tersebut justru bisa menciptakan penyumbatan pori-pori lebih lanjut.

Menurut dr. Teo Wan Lin, dokter kulit dan pendiri TWL Specialist Skin & Laser Centre, kertas minyak juga bisa membuat kondisi kulit mengalami seborrhea reaktif. Kulit akan terasa sangat kering dan bahkan bisa membuat minyak menjadi lebih banyak.

Selain itu, sebum di wajah memang akan diserap oleh kertas minyak. Namun, aktivitas itu justru akan mendorong sisa debu, kotoran, makeup, dan minyak berlebih yang tidak diserap ke dalam pori-pori Anda.

Pori-pori justru menjadi tempat pertumbuhan bakteri P. acnes yang pada akhirnya memicu munculnya jerawat dan komedo.

Meskipun demikian, penggunaan kertas minyak untuk wajah secara umum aman. Hal itu disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini.

“Kertas minyak pada umumnya tidak membuat jerawat atau komedo di wajah. Kecuali, wajah Anda sensitif dan iritasi setelah terpapar kertas minyak karena kandungan di dalamnya,” tutur dr. Dyah Novita.

Artikel lainnya: Pakai Alat Vacum Komedo Efektif atau Bahaya?

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Kertas Minyak yang Tepat

Itu sebabnya, agar efek samping bisa dihindari, pastikan Anda memilih dan menggunakan kertas minyak dengan tepat. Berikut cara memiliki kertas minyak yang tepat untuk Anda:

  • Pilihlah kertas minyak wajah yang bebas alkohol karena dapat membuat kulit Anda menjadi sangat kering. 
  • Pilih kertas minyak dengan kandungan polimer karena bisa menyerap kelebihan sebum dan membuat kulit tetap lembap.
  • Pilih kertas minyak yang terbuat dari bahan non-woven.
  • Carilah kemasan yang mudah dibawa ke mana-mana agar tidak merepotkan.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsanya. 

Selain pemilihan yang tepat, pastikan Anda menggunakannya juga dengan cara yang tepat. Mengusap atau menekan keras kertas minyak ke wajah saat digunakan adalah cara penggunaan yang keliru. 

Agar kertas minyak efektif, Anda cukup menepuk-nepukkan kertas minyak di area wajah yang berminyak, misalnya dahi, dagu, dan hidung. Anda tidak perlu mengusap dengan gerakan menyeret.

Jangan pula mengandalkan kertas minyak wajah semata untuk menyeka kelebihan sebum setiap hari. Tetap lakukan pembersihan dengan sabun cuci muka secara teratur, menggunakan toner, pelembap, dan krim sesuai jenis kulit Anda. 

Dapatkan informasi seputar kesehatan kulit dan wajah lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar