Sukses

Oil Cleanser 15 Menit Efektif Usir Komedo? Ini Faktanya

Metode oil cleanser selama 15 menit untuk angkat komedo sedang viral di TikTok. Apakah cara ini aman? Simak penjelasan dokter di bawah ini.

Tren kecantikan yang beredar di TikTok datang silih berganti. Kini yang sedang hits adalah tren membersihkan wajah dengan oil cleanser 15 menit. Metode pembersihan ini diklaim ampuh untuk membersihkan komedo

Benarkah informasi dalam video viral TikTok tersebut? Bagaimana pula soal keamanannya? Simak penjelasan dokter.

1 dari 4 halaman

Sekilas soal Tren Oil Cleansing 15 Minutes

Tren oil cleansing 15 minutes dimulai dari akun TikTok opulentjade. Dalam videonya, pemilik akun mengatakan bahwa dia berhasil mengeluarkan sekumpulan oil plugs setelah memijat-mijat wajahnya dengan menggunakan pembersih berbahan minyak selama 15-20 menit. 

Oil plugs yang dimaksud dalam video tersebut memiliki tampilan seperti bulir-bulir dengan warna hitam dan putih, mirip seperti blackhead dan whitehead. Video itu kemudian viral dan ditonton oleh 500 ribu pengguna TikTok lainnya. 

Pemilik akun mengatakan bahwa dia terinspirasi melakukan oil cleansing 15 minutes dari video di kanal YouTube milik The Golden RX.

The Golden RX merupakan pakar estetika. Ia pernah mengatakan bahwa oil cleansing selama 15 menit dapat mengangkat komedo yang tampak seperti butiran pasir. Namun, di dalam video TikTok-nya, akun opulentjade tidak memperlihatkan keluarnya bulir-bulir tersebut.

Artikel lainnya: Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

Oleh karena itu, keakuratan dari teknik ini perlu dipertanyakan. Apakah benar-benar ampuh metode cleansing oil untuk komedo?

2 dari 4 halaman

Pakai Oil Cleanser 15 Menit, Efektif Angkat Komedo?

Melihat tren yang viral tersebut, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa oil cleanser memang ditujukan untuk mengangkat kotoran serta kelebihan minyak di wajah.

“Namun, biasanya cukup diusapkan beberapa menit saja, kemudian dibilas atau dibersihkan menggunakan kapas,” kata dr. Theresia. 

Menurutnya, tujuan dilakukan oil cleansing lebih lama dalam video tersebut untuk memastikan segala kotoran ikut terangkat. Namun yang terangkat, bukanlah komedo melainkan sebaseus filamen.

“Dalam video, ditampilkan adanya bulir-bulir yang ikut terangkat dan diduga sebagai komedo. Padahal, kemungkinan itu adalah sebaseus filamen, yang berbeda dengan komedo,” jelas dr. Theresia. 

Dokter Theresia menjelaskan, sebaseus filamen berfungsi untuk menyalurkan minyak ke kulit melalui folikel rambut. Daerah dengan banyak minyak cenderung juga mengandung lebih banyak sebaseus filamen, misalnya di area T zone.

Sementara itu, komedo merupakan penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati ataupun minyak. Komedo lebih sulit terangkat.

Artikel lainnya: Cara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda

“(untuk mengangkat komedo) harus menggunakan ekstraksi komedo, ataupun bahan kimia seperti chemical peeling (glycolic acid ataupun asam salisilat),” ujar dr. Theresia.

3 dari 4 halaman

Amankah Menggunakan Oil Cleanser Selama 15 Menit di Wajah?

Oil cleanser memang ampuh untuk mengangkat kotoran di wajah. Namun, jika dilakukan selama 15 menit apakah aman?

“Apabila dilakukan selama 15 menit, sebenarnya tidak ada bahaya, selama kulit tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi terhadap produk yang digunakan,” kata dr. Theresia. 

Kita juga perlu menilik pendapat dr. Emma Cunningham, seorang spesialis kulit. Ia mengatakan, pada beberapa orang, tren ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan lebih sensitif. 

“Sebum itu mirip seperti  lem, menjaga agar kulit tetap utuh, serta menahan air dan polutan masuk. Mengaplikasikan metode seperti ini sebenarnya dapat mengganggu penghalang ini, yang pada akhirnya bisa menyebabkan berbagai masalah kulit,” ucapnya.

Dokter estetika, dr. Rita Rakus, menyarankan metode aplikasi oil cleanser selama 15 menit hanya boleh dilakukan sesekali.

“Teknik ini tidak disarankan dilakukan setiap hari. Bila terlalu sering, Anda berisiko alami kulit kering, menyebabkan penyumbatan lebih lanjut, atau bahkan jadi rentan berjerawat,” dia menjelaskan.

Itulah sekilas soal keefektifan dan keamanan metode oil cleanser 15 menit untuk mengatasi komedo. Jika masih punya pertanyaan seputar tren ini, sampaikan langsung kepada dokter melalui Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar