HomeInfo SehatKankerPotensi Buah Peach untuk Atasi Kanker Payudara
Kanker

Potensi Buah Peach untuk Atasi Kanker Payudara

Tamara Anastasia, 05 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain enak, buah persik atau peach diklaim efektif atasi kanker payudara. Bagaimana efektivitasnya? Simak manfaat buah persik untuk kanker payudara.

Potensi Buah Peach untuk Atasi Kanker Payudara

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah peach atau persik. Ya, buah ini banyak dijadikan sebagai topping kue, yoghurt, dan lain-lain.

Selain enak, persik dikatakan efektif mencegah dan melawan kanker payudara. Bagaimana manfaat buah persik untuk penanganan kanker payudara? Simak penjelasan medisnya berikut ini.

 

Buah Persik Bisa Atasi Kanker Payudara, Benarkah?

Buah peach yang memiliki nama lain Prunus persica mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Salah satu kandungan yang terkenal dari persik adalah vitamin C. Tidak hanya itu, peach juga mengandung kalori, lemak baik, protein, serat, vitamin E, vitamin K, dan karbohidrat.

Karena mengandung sejumlah nutrisi baik tersebut, persik disebut-sebut efektif dalam mencegah dan mengatasi keganasan seperti kanker payudara. 

Artikel Lainnya: Rutin Konsumsi Buah Efektif Mencegah Kanker Payudara?

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Nutritional Biochemistry, para peneliti menemukan ada senyawa di dalam buah persik yang dikatakan bisa membunuh sel kanker paling agresif di dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan, persik paling banyak mengandung senyawa pelawan kanker. Hanya saja, senyawa tersebut akan mati ketika buah persik dipanaskan.

Jadi, buah peach kalengan dianggap tidak mengandung senyawa yang bisa melawan kanker. Senyawa yang dipercaya ampuh melawan kanker adalah fenolik di dalam buah peach.

Senyawa fenolik akan membunuh sel kanker pada payudara tanpa merusak jaringan normal di bagian tersebut.

Dalam sebuah penelitian, terdapat perbandingan sel normal dengan dua jenis kanker payudara, termasuk jenis yang paling agresif. Sel-sel yang dirawat dengan ekstrak buah persik dikatakan efektif membunuh sel kanker.

Dalam penelitian lebih lanjut, dua komponen asam fenolat spesifik yaitu klorogenik dan neoklorogenik bertanggung jawab membunuh sel kanker.

Kedua senyawa ini sangat umum pada buah-buahan. Namun, peach dan plum menjadi dua buah yang paling banyak mengandung dua komponen tersebut.

Artikel Lainnya: Jenis Asupan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti mengungkapkan, “Beberapa studi memang menunjukkan bahwa kandungan fenol di dalam buah peach bisa menekan risiko kanker pada payudara.”

“Tapi perlu diingat, [efek] konsumsi peach saat sudah kena kanker akan berbeda dengan mengonsumsi peach sebelum kena kanker atau bentuk dari pencegahan kanker itu sendiri,” tegasnya.

Pengobatan kanker payudara harus dilakukan sesuai tindakan medis, misalnya kemoterapi, terapi radiasi, atau operasi.

Sedangkan, persik mungkin hanya bermanfaat sebagai terapi suportif yang membantu meningkatkan nutrisi selama pasien kanker menerima pengobatan.

Konsultasikan dulu dengan dokter spesialis onkologi terkait konsumsi persik selama mengidap kanker payudara. Gunakan LiveChat di Klikdokter untuk konsultasi lebih mudah dan nyaman.

(FR/AYU)

Buah PersikKanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait