Sukses

Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesuburan Wanita

Selain menyenangkan, tahukah Anda bahwa olahraga zumba juga bermanfaat untuk kesuburan? Cek info lengkapnya yuk di sini!

Olahraga memang menjadi salah satu kegiatan positif yang wajib dilakukan. Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tapi secara keseluruhan olahraga juga penting untuk meningkatkan kesuburan. 

Salah satu olahraga yang bisa mendukung kesuburan adalah zumba. Penasaran? Simak kata dokter berikut ini.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Zumba Dapat Bermanfaat untuk Kesuburan?

Zumba adalah program kebugaran yang menggabungkan musik Latin dan internasional dengan gerakan tarian. Rutinitas zumba menggabungkan latihan interval (dengan ritme cepat dan lambat secara bergantian) untuk membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular.  

Artikel lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Zumba termasuk olahraga aerobik. Jenis kegiatan fisik ini memang terkenal memberi banyak manfaat kesehatan dan sangat disarankan untuk dilakukan.

Latihan aerobik seperti zumba dapat mengurangi risiko kesehatan, membantu menjaga berat badan, memperkuat jantung, dan meningkatkan suasana hati. 

Tak hanya itu, zumba juga dikatakan bisa membantu meningkatkan kesuburan. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Reza Fahlevi

Ketika seorang wanita ingin melaksanakan program hamil, olahraga menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Jenis aktivitas fisik yang menyenangkan dan banyak membakar kalori adalah zumba. 

“Saya setuju bila zumba [dianggap] bisa membantu meningkatkan kesuburan. Ini dikarenakan zumba adalah salah satu bentuk olahraga. Penting untuk menurunkan berat badan selama ingin melakukan program hamil,” ujar dr. Reza.

“Pasalnya, obesitas dapat menurunkan kesuburan seseorang. Selain itu, olahraga juga bisa membantu metabolisme dan keseimbangan hormonal di dalam tubuh,” ungkapnya.

Kalau Anda termasuk orang yang malas olahraga cardio seperti lari atau bersepeda, menari aerobik bisa jadi pilihannya. Selain menurunkan berat badan, zumba juga sangat menyenangkan apalagi bila dilakukan bersama-sama!

Artikel lainnya: Benarkah Haid Tidak Teratur Mengganggu Kesuburan?

2 dari 3 halaman

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Zumba

Menurut dr. Reza, apa pun olahraganya – termasuk zumba – yang dilakukan dengan benar bisa meningkatkan kesuburan. 

Meski tidak ada aturan tertentu dalam melakukan zumba, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan seperti:

  1. Mulai Secara Perlahan

Jika ini adalah kali pertama Anda melakukan zumba, maka lakukanlah secara bertahap. Biasanya, satu kali sesi zumba akan berlangsung selama 1 jam. 

Dalam 1 jam itu, Anda hanya diberikan jeda 1 menit setiap beberapa lagu untuk minum dan istirahat. Nah, bagi pemula, Anda bisa mulai zumba sekitar 30 menit terlebih dahulu. 

Lalu, minum air putih yang cukup saat diberikan waktu istirahat. Jangan paksakan diri untuk melanjutkan bila badan sudah terasa lemas. 

Artikel lainnya: Jangan Lakukan! Olahraga Ini Berbahaya untuk Ibu Hamil 

  1. Jangan Berlebihan 

Olahraga memang baik untuk tubuh. Tapi, jika dilakukan secara berlebihan, maka juga tidak baik untuk tubuh. 

Tubuh bisa mengalami defisit kalori, yaitu jumlah kalori yang dibakar lebih banyak ketimbang yang masuk ke tubuh. 

Untuk itu, tetap imbangi pola hidup sehat dengan memenuhi asupan karbohidrat kompleks, protein, dan sebagainya. Pastikan juga berolahraga dengan durasi yang tidak berlebihan setiap harinya. 

  1. Minum Air Putih Cukup

Selama olahraga, Anda diminta untuk memenuhi asupan cairan lebih banyak dari biasanya. Karena itu, selalu bawa botol minum sendiri ketika sesi olahraga berlangsung. 

Selain itu, Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan dari makanan, misalnya buah. 

Jadi, jangan lagi ada alasan malas olahraga, ya! Olahraga menyenangkan seperti zumba bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda yang sedang berencana hamil.

Konsultasi ke dokter spesialis kandungan bisa lebih mudah lewat Live Chat KlikDokter. Hitung masa subur Anda lebih praktis dengan Kalender Kesuburan.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar