Sukses

Manfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat

Kandungan antibakteri dalam klorofil dianggap efektif mengatasi jerawat pada wajah. Benarkah demikian? Simak tanggapan dokter mengenai manfaat klorofil.

Beberapa tahun lalu, minuman klorofil sempat menjadi tren untuk meningkatkan kesehatan. Klorofil adalah zat yang membuat tanaman jadi berwarna hijau. Di dalam klorofil terdapat vitamin, antioksidan, dan sifat terapeutik yang bermanfaat bagi tubuh manusia. 

Tak hanya mengandung zat yang bernutrisi, klorofil juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. 

1 dari 4 halaman

Manfaat Klorofil Untuk Mengatasi Jerawat

Melansir dari Byrdie, zat klorofil dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Dokter Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di Amerika Serikat  mengatakan, “Berdasarkan beberapa uji klinis, klorofil mungkin dapat menurunkan tingkat peradangan di kulit dan membuat bakteri penyebab jerawat mati.” 

Artikel Lainnya: 3 Cara Sederhana Hilangkan Jerawat Membandel

Ketika dioleskan ke kulit, zat klorofil mampu bekerja sebagai antibakteri sekaligus antiinflamasi. Klorofil juga memberikan manfaat tambahan seperti membentuk kolagen dan elastin di dalam kulit.

Dokter Nazarian menambahkan, zat antiinflamasi dari klorofil yang dikombinasikan dengan beberapa bahan penenang lainnya bisa meminimalkan risiko iritasi untuk mengatasi jerawat

Ketika digunakan dalam terapi fotodinamik untuk mengatasi jerawat, klorofil ditemukan mampu menurunkan lesi jerawat secara signifikan.

Menanggapi manfaat klorofil untuk jerawat, dr. Sara Elise Wijono, MRes mengatakan, “Hingga saat ini belum ada penelitian pasti mengenai klorofil untuk mengatasi jerawat. Klorofil sebenarnya belum rutin digunakan untuk pengobatan jerawat.”

“Hanya saja, memang ada beberapa penelitian yang menyebut klorofil memiliki sifat antiperadangan. Dan bagi jerawat yang sudah meradang (memerah), menggunakan klorofil bisa membantu mengurangi efek inflamasinya,” tambahnya. 

Artikel Lainnya: Berbagai Cara untuk Mengobati Jerawat Saat Hamil

2 dari 4 halaman

Manfaat Klorofil untuk Kulit Lainnya

Tak sekadar membantu mengatasi jerawat, mengonsumsi klorofil juga diyakini bisa menutrisi kulit. Di dalam klorofil terdapat zat magnesium yang tugasnya membawa oksigen ke jaringan dan sel kulit.

Apabila kekurangan magnesium, kulit dapat menjadi kering dan meradang akibat elastisitasnya yang berkurang.

Anda juga perlu tahu, di dalam klorofil terdapat nutrisi berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang dapat merevitalisasi dan meremajakan kulit.

Zat hijau daun ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Namun, jangan lupa untuk tetap pakai sunscreen saat ke luar rumah, ya. Sebab, klorofil bukanlah pengganti sunscreen.

3 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Klorofil

Sama seperti obat jerawat lainnya, klorofil juga memiliki berbagai macam efek samping. 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, mengonsumsi klorofil bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare

Artikel Lainnya: Manfaat Klorofil bagi Kesehatan

Selain itu, feses yang berwarna hijau, kuning, bahkan hitam bisa muncul ketika Anda mengonsumsi klorofil. Sementara itu, ketika mengoleskan krim klorofil ke kulit, risiko iritasi berupa keluhan gatal atau perih juga bisa terjadi. 

Ibu hamil dan ibu menyusui tidak disarankan untuk menggunakan klorofil, baik secara oles maupun diminum langsung. Sebab, belum ditemukan penelitian mengenai efek samping klorofil pada bumil atau busui. 

Konsultasikan dulu kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan sebelum menggunakan klorofil. 

Jika ingin menggunakan klorofil, pastikan suplemen yang Anda minum atau krim jerawat yang Anda gunakan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Agar lebih efektif, gunakanlah obat jerawat yang sudah diresepkan oleh dokter, dan lakukan perawatan alami seperti rutin membersihkan wajah, makan makanan sehat, dan rajin olahraga. 

Untuk tahu informasi perawatan kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

1 Komentar