Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Haid Berhenti Usai Minum Teh Daun Jati Cina, Ini Penyebabnya!

Haid Berhenti Usai Minum Teh Daun Jati Cina, Ini Penyebabnya!

Bingung kenapa darah menstruasi mendadak jadi sedikit, bahkan berhenti setelah mengonsumsi teh daun jati cina? Coba simak dulu penjelasan medis berikut ini.

Sebagai orang awam, kadang kita tidak mengetahui tentang efek samping dari makanan yang dikonsumsi. 

Selama produk tersebut memberikan klaim positif, atau sederhananya, enak dan bikin rasa lapar atau haus hilang, kita menjadi cuek dengan risiko yang bisa terjadi. 

Tanpa mencari tahu efek samping yang bisa ditimbulkan, minuman seperti teh daun jati cina pun terus dikonsumsi. 

Seiring berjalannya waktu, mulailah timbul perubahan negatif akibat meneguk minuman tersebut, yakni haid tiba-tiba berhenti. 

Sontak kondisi tersebut membuat wanita yang mengonsumsinya bingung dan khawatir. Apakah teh daun jati cina yang menjadi penyebab haid tiba-tiba berhenti? 

Sebenarnya, masalah ini datang dari tubuhnya sendiri sebelum mengonsumsi herbal?

Artikel Lainnya: Hindari Minum Teh saat Haid, Ini Alasannya

1 dari 3 halaman

Sekilas tentang Teh Daun Jati Cina

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya Anda ketahui dulu soal daun jati cina atau senna tea ini

Glikosida antrakinon dalam daun jati cina menjadi senyawa andalan untuk mengatasi sembelit. Karena kemampuannya dalam menstimulasi usus, daun ini juga disebut sebagai obat pencahar alami. 

Tak melulu dibuat menjadi teh, ekstraknya juga dapat dibuat menjadi pil. Orang yang mengonsumsi pil atau teh senna biasanya memiliki “motif” lain di luar melancarkan pencernaan, yakni melangsingkan tubuh. 

Kepercayaannya adalah, semakin banyak sisa makanan yang dikeluarkan lewat buang air, bobot tubuh juga akan menurun. 

Untuk dosis atau takaran minum yang dianjurkan, Anda dapat melihat di kemasannya. Satu sendok teh daun jati cina dapat Anda seduh dengan air panas dan tunggu hingga warnanya kecokelatan. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh ini lebih dari 2 kali dalam sehari. 

Artikel Lainnya: 12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

2 dari 3 halaman

Bagaimana Efek Minum Teh Daun Jati Cina saat Haid?

Di luar manfaatnya dalam memelihara imunitas dan mengobati sembelit, dr. Dyah Novita Anggraini membenarkan bahwa banyak wanita mengonsumsi teh ini untuk menurunkan berat badan. 

Minuman ini dianggap sebagai minuman diet, sehingga tak jarang orang mengonsumsinya secara berlebihan agar cepat kurus. 

Nah, dalam kasus menstruasi yang mendadak berhenti usai minum teh tersebut, tenaga medis yang kerap disapa dr. Vita itu memberikan penjelasan seperti ini. 

“Ketika wanita menjadikan teh daun jati cina sebagai minuman diet, tubuhnya akan terus mengeluarkan cairan. Ia memang akan terlihat lebih kurus, tapi sebenarnya, yang dikeluarkan oleh tubuh adalah cairan yang dibutuhkan,” terangnya. 

Ia menambahkan, “Karena banyaknya cairan yang keluar setiap hati, tubuhnya dehidrasi. Kondisi tubuh yang dehidrasi akan membuat hormon-hormon, termasuk hormon reproduksi, berubah tidak seimbang. Kalau sudah begitu, siklus haidnya menjadi tidak teratur.”

Walau tidak ada larangan untuk dikonsumsi, teh daun jati cina yang diminum saat haid memang bisa memengaruhi kondisi hormon reproduksi. 

Artikel Lainnya: Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, dr. Vita menyarankan untuk tidak minum teh itu lagi serta terapkan pola makan sehat dan seimbang. 

Jika dikombinasikan dengan stres, kelelahan, kurang gizi, dan obat-obatan tertentu, risiko untuk mengalami haid yang tidak lancar menjadi semakin tinggi 

Kondisi medis seperti kista ovarium ataupun polycystic ovarian syndrome (PCOS) juga bisa mendasari masalah datang bulan Anda. 

Coba diingat kembali, apakah haid yang cuma sebentar dan sedikit sudah pernah terjadi sebelum-sebelumnya? 

Jika, iya, ada kemungkinan bahwa ada penyakit yang mendasari dan teh daun jati cina hanya memperparah gejalanya saja. 

Selain menimbulkan dehidrasi yang memicu ketidakseimbangan hormon, beberapa orang bisa merasakan mual, nyeri perut, nyeri sendi, dan diare usai minum teh daun jati cina. 

Efek samping tersebut harus diperhatikan oleh orang-orang yang punya kondisi tubuh sensitif. 

Hindari pula minum teh daun jati cina dalam jangka panjang jika Anda tak ingin terkena penyakit liver. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan, tanya langsung pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar