HomeIbu Dan anakKehamilanSayang Dilewatkan, Ini Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu hamil
Kehamilan

Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu hamil

Krisna Octavianus Dwiputra, 06 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sangat mudah ditemui di pasaran, sawi hijau rupanya menyimpan banyak sekali manfaat bagi ibu hamil. Berikut manfaat sawi hijau untuk ibu hamil.

Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu hamil

Bagi ibu pemenuhan nutrisi selama kehamilan itu wajib hukumnya. Dengan nutrisi yang mumpuni, tumbuh kembang bayi di dalam kandungan dan kesehatan ibu tetap terjaga baik. Nah, kabar baiknya, kecukupan gizi bumil ini tak melulu melalui asupan mahal, kok!

Ada banyak sekali bahan pangan yang murah meriah tapi padat gizi yang sangat baik untuk ibu hamil. Salah satunya adalah sayur sawi hijau. 

Ya, sawi hijau aman dikonsumsi selama kehamilan. Tanaman dengan nama latin Brassica chinensis var. parachinensis ini tinggi kandungan serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, tembaga, dan karbohidrat kompleks.

Dengan sederet nutrisi tersebut, berikut manfaat sawi hijau untuk ibu hamil:

1. Menghindari Sembelit

Dijelaskan dr. Devia Irine Putri, salah satu manfaat sawi hijau bagi ibu hamil adalah mencegah sembelit. Seperti sudah disinggung di atas, sawi hijau punya kandungan serat yang tinggi, yakni 2 gram (gr) per satu gelas sawi putih (56 gr).

“Kandungan serat yang tinggi dalam sawi hijau juga bisa membuat kenyang lebih lama," kata dr. Devia Irine.

2. Mencegah Anemia

Sawi hijau juga diperlengkapi dengan kandungan tinggi mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium.

"Nah, sebagai sumber zat besi, konsumsi sawi putih juga membantu mencegah anemia selama kehamilan," ungkap dr. Devia Irine.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jangan salah, sawi hijau ternyata juga punya kandungan vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini penting untuk daya tahan tubuh yang optimal. 

Penelitian menunjukkan minim asupan vitamin C dalam makanan dapat melemahkan sistem kekebalan sehingga lebih rentan sakit.

Selain itu, vitamin A dalam sawi juga mendukung respons imun Anda. Vitamin ini membantu pertumbuhan dan distribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih untuk membantu melawan infeksi.

4. Menjaga Kadar Gula Darah 

Manfaat sawi hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah menjaga kadar gula darah. Ya, bumil rentan terkena kenaikan kadar gula darah selama kehamilan atau dikenal dengan diabetes gestasional

"(Konsumsi sawi hijau bisa membantu) menjaga kadar gula tetap stabil karena ada kandungan alpha lipoic acid (antioksidan)," jelas dr. Devia Irine.

Artikel lainnya: Manfaat Bayam untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

5. Mencegah Asma Kambuh

Kandungan magnesium dan selenium yang tinggi dalam sawi memberikan manfaat anti-inflamasi. Jadi, mengonsumsi sawi hijau dapat membantu Anda mencegah dada sesak, pilek serta asma saat hamil.

6. Mengatur Berat Badan

Sawi kaya akan thiamin, folat, riboflavin, dan vitamin lain yang meningkatkan metabolisme tubuh selama kehamilan. Deretan nutrisi tersebut membantu Anda mengatur berat badan secara efektif.

Lonjakan berat badan berlebih selama kehamilan dapat menjadi masalah bagi ibu. Anda dapat mengonsumsi sawi dalam jumlah yang cukup untuk mencegah hal tersebut.

7. Mengurangi Kolesterol

Kandungan tinggi vitamin B3 dan niacin dalam sawi hijau dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Dua nutrisi ini bisa melindungi Anda dari aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) secara efektif.

Selain itu, sawi hijau bisa membantu mengatur aliran darah dan tekanan darah Anda secara efektif. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol saat hamil dapat berefek serius bagi ibu dan janin.

8. Mengatasi Nyeri Otot dan Arthritis

Sawi hijau memiliki kandungan magnesium dan selenium. Dua kandungan ini memberikan manfaat anti-inflamasi yang mengurangi nyeri otot dan gejala radang sendi selama kehamilan.

Itulah deretan manfaat sawi hijau untuk ibu hamil. Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar bersama variasi makanan sehat lainnya setiap hari. Yang terpenting, pilih sayur yang masih segar dan masak hingga matang untuk menghindari kontaminasi kuman.

Pantau usia kandungan Anda melalui fitur Kalender Kehamilan dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

SayurKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait