HomeInfo SehatKulitCara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya
Kulit

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya

dr. Theresia Rina Yunita, 18 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Merasa kurang percaya diri dengan stretch mark pada tubuh? Anda bisa menghilangkannya dengan lidah buaya. Cek cara menggunakan lidah buaya untuk stretch mark di sini!

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya

Stretch mark dapat terjadi akibat kelembapan dan kadar elastisitas kulit yang berkurang. Dengan kata lain, untuk mencegah dan memudarkan stretch mark, Anda harus meningkatkan kadar kelembapan dan elastisitas kulit. 

Salah satu bahan alami yang bisa membantu mewujudkan hal tersebut adalah lidah buaya. Tumbuhan yang punya nama lain aloe vera ini dipercaya bisa mengunci kelembapan dan membantu menjaga kekenyalan kulit. 

Hal tersebut konon berkaitan dengan kandungan vitamin A, C, antioksidan, dan enzim yang ada di dalamnya. 

Berikut ini cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark di tubuh Anda:

1. Lidah Buaya dan Bubuk Kopi

Bubuk kopi bisa menjadi scrub untuk mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan mencampurkan beberapa sendok bubuk kopi dan gel lidah buaya, maka kombinasi keduanya diyakini ampuh menyamarkan garis stretch mark.

Anda dapat mengaplikasikannya ke area stretch mark selama 20 menit, sebanyak 3 kali seminggu.

2. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Untuk membantu memudarkan stretch mark, Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dan 1 sendok makan minyak kelapa murni (coconut oil).

Kombinasi kedua bahan alami tersebut diharapkan bisa melembapkan, merangsang kolagen di kulit, dan menyamarkan stretch mark.

Karena bersifat melembabkan, keduanya dapat digunakan setiap hari, paling baik saat malam hari.

Artikel Lainnya: Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Masalah Panu

3. Lidah Buaya dan Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Jika dicampur dengan gel lidah buaya, kedua bahan ini menghasilkan manfaat kesehatan yang baik, salah satunya untuk membantu memudarkan stretch mark.

Anda dapat menggunakannya beberapa kali dalam seminggu dengan durasi kurang lebih 10 menit. 

Namun, jika Anda punya kulit yang sensitif atau luka terbuka, penggunaan lemon tidaklah dianjurkan. Hal ini berkaitan dengan sifat asam dari lemon, yang bisa mengiritasi dan menyebabkan rasa perih.

Anda pun sebaiknya segera membilas dan membersihkan racikan tersebut dari kulit apabil timbul iritasi, kemerahan, perih, atau gatal.

4. Lidah Buaya dan Gula

Gula dapat menjadi scrub atau bahan mikrodermabrasi alami. Apa itu mikrodermabrasi? Ini adalah salah satu metode yang dilakukan oleh dokter kulit untuk memudarkan stretch mark.

Anda bisa mencampurkan ¼ cangkir gel lidah buaya dengan beberapa sendok gula pasir. Oleskan campuran tersebut di bagian yang muncul stretch mark, lalu gosok dengan lembut, dan diamkan beberapa menit.

Setelah itu, bilas dan keringkan kulit dengan handuk secara perlahan. Lakukan treatment ini sebanyak 2‒3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Artikel Lainnya: Tampil Cantik dengan Perawatan Tubuh dari Gula Pasir

5. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang tidak terbukti dapat menghilangkan stretch mark.

Akan tetapi, jika dicampurkan dengan gel lidah buaya, kedua bahan ini bisa memberikan kelembapan alami di kulit. Diharapkan, campuran tersebut dapat membantu memudarkan stretch mark.

Caranya, campurkan ½ sendok teh minyak zaitun dengan gel lidah buaya. Aduk sampai rata, kemudian oleskan di area stretch mark. Diamkan selama 1 malam dan bilas keesokan paginya.

6. Lidah Buaya dan Madu

Madu membantu kulit menyerap air dengan lebih maksimal. Alhasil, kulit menjadi lembap, karena bisa terhidrasi dengan baik dan memperhalus tampilan stretch mark.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok gel lidah buaya. Oleskan campuran keduanya di bagian stretch mark dan pijat sekitar 15‒20 menit. Ulangi metode ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Daging Lidah Buaya untuk Kesehatan Anak

7. Lidah Buaya dan Cocoa Butter

Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat pelembap dari bahan cocoa butter. Akan tetapi, bahan alami ini sudah banyak digunakan di dalam produk-produk kecantikan kulit.

Cara menggunakannya mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan cocoa butter dan 1 sendok makan gel lidah buaya segar.

Pijat pada area tubuh yang terdapat stretch mark. Diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

8. Lidah Buaya dan Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik, dan senyawa lain yang dipercaya bisa menyamarkan garis stretch mark di kulit.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan alpukat dan 1 sendok makan gel lidah buaya. 

Oles campuran tersebut ke area stretch mark. Pijat selama 5 menit dan diamkan hingga 20 menit. Bilas dan ulangi treatment ini sebanyak 3‒4 kali dalam seminggu.

9. Lidah Buaya dan Yoghurt

Efek sejuk dari yoghurt dan gel lidah buaya bisa mempertahankan kelembapan di kulit.

Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

10. Lidah Buaya dan Air Mawar

Air mawar umumnya dijual dalam bentuk spray, karena kerap dijadikan sebagai face mist.

Jika ditambahkan dengan gel lidah buaya, campuran ini bisa membantu melembapkan serta  menyamarkan garis stretch mark di kulit.

Cara membuatnya, campurkan kedua bahan tersebut, aplikasikan ke bagian stretch mark, dan diamkan hingga mengering.

Ulangi treatment ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk meningkatkan kelembapan kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Hal yang perlu Anda pahami, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa aloe vera dapat membantu menyamarkan garis stretch mark. Sebab, pada dasarnya, stretch mark cukup sulit dihilangkan.

Walau begitu, Anda boleh-boleh saja mencoba menggunakan lidah buaya untuk memudarkan stretch mark. Tetap ingat untuk mewaspadai risiko munculnya reaksi alergi.

Agar bebas efek samping, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit apabila Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas.

Hasil yang didapat mungkin tidak akan instan seperti tindakan atau prosedur di dokter (laser, chemical peel, dan lain-lain).

Punya pertanyaan seputar stretch mark? Ingin tahu fakta kesehatan lain tentang kulit? Anda bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui Live Chat 24 jam.

Kamu juga bisa menggunakan fitur yang lain seperti Temu Dokter, Layanan Medis & Lab, dan Belanja Sehat di KALStore. Jangan lupa juga download aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Lidah BuayakulitStretch Mark

Konsultasi Dokter Terkait