Sukses

Syarat Medis yang Harus Dipenuhi Pendonor Ginjal

Bila ingin menolong hidup seseorang dengan mendonorkan ginjal Anda, penting untuk mengetahui syarat-syarat donor ginjal berikut ini.

Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring racun keluar dari aliran darah dan memproduksi hormon untuk mengatur tekanan darah.

Beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal.

Maka dari itu, penderita gagal ginjal membutuhkan transplantasi ginjal untuk kelangsungan hidupnya.

Namun, tidak sembarang orang dapat melakukan donor ginjal. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda memutuskan untuk mendonorkan ginjal.

1 dari 3 halaman

Syarat Donor Ginjal yang Wajib Dipenuhi

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, sebelum Anda melakukan donor ginjal, dokter akan memeriksa keseluruhan kesehatan tubuh.

Setelah itu, dokter juga menjelaskan prosedur donor ginjal yang perlu disetujui terlebih dahulu.

Artikel Lainnya: Mengungkap Efek Donor Ginjal bagi Kesehatan

Dokter Devia menjelaskan, berikut ini beberapa pemeriksaan dan pertanyaan yang akan diajukan dokter untuk pendonor agar memenuhi persyaratan donor ginjal:

  1. Dokter akan memeriksa kesehatan fisik Anda secara menyeluruh. Hal ini untuk memastikan tubuh sehat dan dapat menjalankan transplantasi ginjal. Selain fisik, dokter juga akan memastikan Anda sehat secara mental.
  2. Dokter menanyakan atau memeriksa golongan darah Anda. Donor ginjal bisa dilakukan bila golongan darah Anda dan penerima sama.
  3. Dokter akan memastikan Anda tidak memiliki penyakit ginjal, seperti gagal ginjal atau batu ginjal. Hal ini didukung dengan tes fungsi ginjal yang baik atau normal.
  4. Dokter akan memastikan Anda tidak terkena penyakit menular contohnya HIV/AIDS. Pada tahap ini, akan dilakukan tes penunjang untuk mengetahui Anda tidak memiliki penyakit menular.
  5. Pendonor tidak sedang menderita penyakit kronis lainnya, seperti kanker, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, penyakit paru, gangguan pembekuan darah, dan gangguan elektrolit.
  6. Dokter memastikan Anda tidak merokok atau mengonsumsi obat-obatan terlarang, seperti narkoba dan sejenisnya. Anda juga tidak boleh sedang berada dalam pengaruh alkohol.
  7. Syarat terakhir, Anda harus memiliki berat badan yang ideal. Ideal yang dimaksud adalah sesuai dengan body mass index (BMI). Dengan kata lain, Anda tidak memiliki berat badan berlebih ataupun kurang.

Artikel Lainnya: Harus Tahu, Ini 5 Persiapan Operasi Cangkok Ginjal

2 dari 3 halaman

Persyaratan Administratif Sebelum Donor Ginjal

Setelah pemeriksaan di atas dan Anda dinyatakan sehat, dokter kemudian akan menjelaskan prosedur administratif sebelum donor ginjal dilakukan.

Menurut Peraturan Menkes RI No.38 Tahun 2016, persyaratan administratif untuk donor organ di antaranya:

  • Menyerahkan bukti atau surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa Anda sehat secara fisik dan mental.
  • Membawa KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga (KK) untuk memastikan Anda telah berusia 18 tahun ke atas.
  • Membuat surat pernyataan tertulis bahwa Anda menyumbangkan organ tubuh dengan sukarela dan bukan karena imbalan atau hal tertentu.
  • Anda memiliki alasan logis dan masuk akal dalam menyumbangkan organ tubuh kepada penerimanya.
  • Keluarga telah mengetahui dan menyetujui donor organ. Persetujuan bisa didapat dari istri, suami, anak berusia 18 tahun, serta orangtua dan saudara kandung.
  • Pendonor membuat sebuah pernyataan bahwa dengan dilakukannya donor organ, artinya ia telah mengetahui kontraindikasi, indikasi, prosedur transplantasi, risiko, dan panduan setelah transplantasi donor organ.
  • Pendonor menandatangani persetujuan bahwa ia tidak melakukan jual-beli organ atau perjanjian lainnya dengan penerima donor organ.
  • Bila pendonor ingin menyumbangkan ginjalnya kepada orang yang masih punya hubungan darah, ia harus memiliki keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Anda Tahu

Itu dia beberapa syarat medis dan administratif yang diperlukan bila Anda ingin melakukan donor ginjal.

Kalau semua syarat telah terpenuhi, dokter spesialis urologi akan melakukan transplantasi ginjal dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Setelah seseorang melakukan donor ginjal, dokter akan menjelaskan perawatan yang perlu dilakukan dan beberapa hal yang perlu dihindari.

Dokter juga dapat menyarankan Anda untuk melakukan kontrol rutin sampai benar-benar dinyatakan pulih dan sehat, serta tidak ada indikasi efek samping yang membahayakan.

Bila ingin melakukan donor ginjal atau memiliki permasalahan ginjal, Anda bisa menggunakan layanan LiveChat di Klikdokter untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis pilihan.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar