Sukses

Manfaat Main Sepatu Roda untuk Kesehatan

Jangan kira main sepatu roda yang hanya untuk kesenangan. Sebab, ada banyak manfaat bermain sepatu roda untuk kesehatan tubuh. Yuk, kita simak!

Siapa tak kenal sepatu roda? Olahraga meluncur dengan sepatu yang dilekatkan roda di bagian bawah ini kerap menjadi tren dan seolah tak lekang oleh waktu.

Tak mengherankan, benda yang pertama kali digunakan pada 1743 oleh John Joseph Merlin di sebuah teater di London ini tak cuma seru dimainkan. Lebih dari itu, ada banyak manfaat sepatu roda bagi kesehatan tubuh! 

1 dari 3 halaman

Manfaat Bermain Sepatu Roda

Nah, Anda gemar dan rutin bermain sepatu roda? Bersiaplah, sederet manfaat bermain sepatu roda ini bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, bermain sepatu roda membutuhkan koordinasi tubuh yang baik, yaitu meliputi tangan, kaki, dan mata. 

Selain itu, diperlukan juga keseimbangan dalam bermain sepatu roda. Kalau dilakukan dengan benar ini, kegiatan ini baik untuk melatih dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

2. Olahraga Kardio yang Baik

Sepatu roda, termasuk rollerblade dan iceskating, bisa membantu memperkuat jantung. Ketiganya, menurut The American Heart Association, termasuk dalam latihan aerobik. 

3. Memperkuat Otot Tubuh Bagian Bawah

Ketika bermain sepatu roda, tak jarang Anda harus agak membungkuk agar bisa melaju dengan baik. 

“Saat bermain sepatu roda, Anda sedang memperkuat otot tubuh bagian bawah. Otot tubuh bagian bawah itu antara lain kaki, otot punggung bawah, dan juga perut,” ujar dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Benarkah Olahraga 30 Menit Lebih Efektif Ketimbang Satu Jam?

4. Membakar Lemak

Manfaat memakai sepatu roda berikutnya adalah membakar lemak. Anda bisa membakar 300-600 kalori jika berseluncur di atas sepatu roda selama satu jam. Wah, bisa jadi solusi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, bukan?

5. Latihan Kekuatan yang Bagus

Dari sisi kekuatan, sepatu roda bisa mengembangkan kekuatan secara keseluruhan dan membangun otot di tubuh. 

Olahraga sepatu roda melatih kaki dan bokong saat Anda meluncur. Selain itu, saat Anda menggerakkan tangan untuk menyeimbangkan tubuh saat meluncur, Anda sedang melatih lengan serta otot inti.

6. Membantu Manajemen Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Sepatu roda adalah contoh latihan aerobik yang bisa membantu tubuh mengelola insulin dengan lebih baik. 

Olahraga ini juga membuat Anda aktif bergerak hingga membantu Anda menurunkan kadar glukosa darah, sekaligus mengurangi stres.

7. Bagus untuk Sendi

Gerakan-gerakan meluncur pada sepatu roda memungkinkan sendi Anda bekerja. Selain itu, menurut penelitian University of Massachusetts, Amerika Serikat, risiko benturan pada sendi saat bermain sepatu roda hanya 50 persen. Peluang terjadinya kerusakan sendi pun menjadi sangat kecil.

Artikel Lainnya: Olahraga yang Cocok Dilakukan Usai Bekerja

2 dari 3 halaman

Tips Main Sepatu Roda

Meski menyenangkan dan punya banyak manfaat, Anda perlu tahu cara yang benar saat bermain sepatu roda. Sebab, kalau salah, malah celaka dan cedera yang justru didapat.

Berikut tips bermain sepatu roda yang aman dan menyenangkan:

  • Gunakan pelindung di area siku dan lutut. Jangan ketinggalan mengenakan helm di kepala.
  • Hindari jalan raya, pilihlah area yang lebih sepi.
  • Pilih trek yang landai bagi pemula. Jangan langsung trek yang susah, yang membuat risiko jatuh makin besar.
  • Jangan lupa pemanasan. Sama seperti olahraga lainnya, main sepatu roda juga butuh pemanasan untuk menghindarkan Anda dari cedera.
  • Pilih ukuran sepatu roda yang pas, tidak kekecilan dan tidak juga kebesaran. Sepatu yang tidak pas dapat melukai telapak kaki dan menyulitkan Anda saat meluncur.
  • Gunakan kaus kaki khusus olahraga untuk meminimalkan lecet.

Itulah manfaat sepatu roda beserta tips bermain yang aman dan nyaman. Daripada hanya mager di rumah, yuk, berolahraga. Selain tubuh bugar, kesehatan mental juga terpelihara!

Intip informasi lainnya seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar