HomeInfo SehatKulitManfaat Buah Pare Untuk Kesehatan Kulit
Kulit

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan Kulit

Tamara Anastasia, 22 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Karena rasanya yang pahit, banyak orang jadi malas untuk makan pare. Padahal, pare punya segudang nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, termasuk kesehatan kulit.

Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan Kulit

Banyak orang yang tidak suka makan buah pare karena rasanya pahit dan bentuknya aneh. Bagi yang menyukai pare, buah ini dapat diolah dengan cara direbus, ditumis, atau dikonsumsi sebagai minuman dengan cara dihaluskan terlebih dahulu.

Melansir dari Healthline, buah pare mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Terdapat pula mikronutrien, seperti folat, seng, kalium, zat besi, vitamin, dan natrium.

Pare juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan, kesehatan otak, dan membantu proses penyembuhan jaringan tubuh.

Tak hanya itu, menurut dr. Devia Irine Putri, pare memiliki beberapa kandungan seperti antibakteri dan antiinflamasi yang punya manfaat baik untuk kulit. Agar tahu lebih lanjut mengenai manfaat pare untuk kesehatan kulit, simak ulasan berikut ini, ya.

1. Mencegah Jerawat

Menurut dr. Devia, sifat antiinflamasi di dalam buah pare dapat mencegah munculnya jerawat di wajah. Selain sifat antiinflamasinya, kandungan vitamin C buah pare juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa mencegah jerawat timbul.

Kendati begitu, manfaat pare tersebut hanya bisa didapat apabila diimbangi dengan pola hidup sehat supaya kesehatan kulit semakin terjaga.

2. Mencegah Kanker kulit

Kandungan antioksidan di dalam buah pare juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Agar pencegahannya maksimal, imbangi dengan pemakaian sunscreen atau sunblock secara rutin untuk mencegah paparan sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit!

Artikel Lainnya: Nikmati 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan

3. Memiliki Sifat Antipenuaan

Mengutip laman Medlife, vitamin C dari buah pare efektif untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan di kulit.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah pare juga bisa mencegah munculnya garis-garis halus di kulit dan memperlambat proses penuaan lainnya.

4. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Antioksidan yang ada di dalam buah pare dipercaya dapat menyembuhkan jaringan kulit yang rusak, melancarkan aliran darah, dan mencegah penggumpalan darah.

Apabila aliran darah berfungsi lancar, maka proses penyembuhan jaringan kulit pun akan semakin cepat.  Meski begitu, proses penyembuhan ini harus diiringi dengan perawatan medis lain seperti mengoleskan obat antiseptik agar infeksi luka tidak menyebar.

5. Mencegah Gangguan Kulit

Kandungan antinflamasi dan antibakteri dari buah pare diyakini mampu mencegah berbagai macam gangguan di kulit.

Baik dikonsumsi dengan cara dijus atau direbus, keduanya sama-sama baik untuk tubuh, terutama kulit. Pare dapat membantu mencegah munculnya gangguan kulit, seperti gatal-gatal, jerawat, dan ruam.

Artikel Lainnya: Makanan Pahit Ini Baik untuk Kesehatan

“Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan mencegah gangguan kulit, Anda tidak boleh bergantung kepada buah pare saja. Imbangi dengan perawatan lain, seperti pakai skincare, olahraga, istirahat cukup, rajin membersihkan wajah setelah ke luar rumah atau beraktivitas, dan makan makanan bergizi,” ujar dr. Devia

Dokter Devia juga menambahkan, buah pare bisa dimanfaatkan dengan cara dijus atau dijadikan masker wajah alami dengan menambahkan campuran bahan lain.

Kendati begitu, Anda perlu waspada dengan efek samping alergi yang mungkin bisa ditimbulkan akibat penggunaan buah pare.

Sebelum diaplikasikan ke wajah, oles masker pare dalam jumlah sedikit ke bagian kulit telinga bagian belakang atau ke lengan bagian dalam. Tunggu selama 24 jam, jika tidak timbul reaksi alergi, maka masker pare dapat digunakan.

Supaya lebih praktis dan aman, Anda bisa menggunakan produk kecantikan atau skincare dari buah pare yang dijual di pasaran dan sudah teruji secara klinis.

Untuk tahu lebih lanjut tentang manfaat pare untuk kulit atau kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

kesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait