Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Makan Buah Kundur Bisa Meningkatkan Peluang Hamil?

Benarkah Makan Buah Kundur Bisa Meningkatkan Peluang Hamil?

Buah kundur dipercaya jadi salah satu makanan yang bisa menyukseskan program kehamilan. Simak apa kata dokter mengenai manfaat buah kundur berikut ini.

Saat ingin memiliki momongan, setiap pasangan akan melakukan berbagai cara agar bisa hamil. Biasanya, usaha-usaha yang dilakukan mulai dari berhubungan seks rutin, ikut program hamil, sampai mengonsumsi berbagai makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan.

Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dimakan adalah buah kundur. Apa itu buah kundur? Dan bagaimana khasiatnya untuk menyukseskan program kehamilan?

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi dalam Buah Kundur

Kundur atau winter melon merupakan buah yang tumbuh di negara tropis, salah satunya di Indonesia. Nama latin dari buah kundur adalah Benincasa Hispida dan biasa dikenal dengan sebutan beligo atau baligo.

Buah kundur diketahui mengandung vitamin dan mineral yang efektif meningkatkan kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, buah kundur mengandung sekitar 96 persen air, rendah kalori, mengandung lemak baik, tinggi protein dan karbohidrat. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat juga beberapa vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, dan zat besi.

Artikel Lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

Bahkan, buah ini kaya serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Dalam satu porsi buah kundur (100 gram) mentah memiliki nutrisi berikut:

  • 13 kkal
  • 3 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • Kurang dari 1 gram protein
  • Kurang dari 1 gram lemak
  • Vitamin C yang memenuhi 14 persen kebutuhan gizi harian
  • Riboflavin yang memenuhi 8 persen kebutuhan gizi harian
  • Seng yang memenuhi 6 persen kebutuhan gizi harian

Tidak hanya itu, buah kundur merupakan sumber zat flavonoid dan karoten. Kedua antioksidan tersebut dipercaya membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel, kondisi penyakit diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Meskipun namanya cukup asing, buah yang bentuknya mirip melon dan labu ini bisa Anda jumpai di pasar tradisional.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Kundur Untuk Program Hamil

Menurut beberapa sumber, buah kundur diklaim efektif untuk meningkatkan kesuburan. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Nutrisi yang lengkap bisa membantu meningkatkan kesehatan wanita secara maksimal, termasuk organ reproduksinya untuk meningkatkan peluang kehamilan.

  • Menyediakan Gizi Asam Folat

Dilansir dari United States Department of Agriculture, buah kundur mengandung 5 μg / 100 gm asam folat. Asam Folat merupakan gizi penting untuk meningkatkan kesuburan. Bila dikonsumsi dalam jumlah cukup di awal kehamilan, asam folat dapat membantu mencegah kondisi cacat pada bayi baru lahir.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah kundur dianggap efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh kuat, ibu jadi tidak mudah terserang penyakit dan diyakini memiliki peluang kehamilan yang lebih besar.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Menanggapi mitos buah kundur untuk meningkatkan kesuksesan program hamil, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti punya pendapat tersendiri.

“Sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang menyatakan buah kundur efektif dalam mewujudkan kehamilan,” ungkap dr. Astrid.

Kendati tak terbukti secara ilmiah atau medis untuk meningkatkan kesuburan, dr. Astrid menyatakan buah kundur memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Menurutnya, buah kundur memiliki sifat antidiabetik, hipolipidemik, dan efek antioksidan. Sementara itu, ketika diuji kepada hewan, buah ini menunjukkan efek antiradang dan antialergi, antiulcer, antikejang, dan mencegah alzheimer.

Apabila Anda ingin sukses menjalani program hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Makan makanan yang sehat.
  • Ubah pola hidup jadi lebih sehat dengan menjauhi minuman beralkohol, berhenti merokok, kelola stres, punya waktu tidur cukup, dan rutin olahraga.
  • Hitung tanggal kesuburan dan rutin berhubungan seksual.
  • Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak asam folat, seperti jeruk, bayam, tomat, pisang, dan alpukat.

Sampai saat ini buah kundur belum terbukti bisa meningkatkan kesuburan. Namun,  Anda juga tetap boleh mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lain. Untuk tahu mitos dan fakta kesuburan lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar