Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengonsumsi Jahe Ternyata Bisa Bikin Produksi ASI Jadi Banyak

Mengonsumsi Jahe Ternyata Bisa Bikin Produksi ASI Jadi Banyak

Jahe terkenal sebagai rempah alami yang punya banyak khasiat. Jahe disebut-sebut dapat menjadi ASI booster. Benarkah? Simak informasinya di sini.

Semua cara dilakukan agar air susu ibu (ASI) mengalir deras dan jumlahnya melimpah. Berbagai saran makan makanan tertentu, pijat, olahraga, sampai minum ramuan alami akan dilakukan ibu agar ASI mengalir lancar.

Salah satu bahan alami yang disebut-sebut dapat melancarkan dan memperbanyak jumlah ASI adalah jahe. Lantas, benarkah jahe bisa menjadi ASI booster yang aman untuk busui dan bayi?

 

1 dari 4 halaman

Benarkah Jahe Bantu Lancarkan ASI?

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa jahe memang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. "Jahe mengandung galactagogue yang merupakan zat untuk membantu menstimulasi produksi ASI," ungkapnya.

Tak hanya itu, penelitian dari Thailand yang dipublikasikan oleh jurnal Breastfeeding Medicine juga mengungkapkan hal serupa.

Di dalam proses studi, peneliti menganalisis manfaat jahe terhadap volume atau jumlah ASI ibu yang baru melahirkan. Peneliti membagi 63 peserta penelitian ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi pil jahe, lalu kelompok kedua diberikan plasebo (obat kosong).

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Manfaat Jahe untuk Ibu Menyusui

Setelah beberapa hari, peneliti menemukan ASI wanita yang diberikan pil jahe jumlahnya meningkat lebih banyak dibanding wanita yang diberi plasebo.

Kendati demikian, jumlah air susu ibu setelah seminggu mengonsumsi pil jahe jadi tidak jauh berbeda dengan kelompok plasebo. Kadar prolaktin (hormon menyusui) di dalam tubuh ibu yang diberi pil jahe dan plasebo pun jumlahnya hampir sama.

Penelitian tersebut turut melaporkan tidak ada efek samping dari konsumsi jahe selama masa menyusui.

Artikel Lainnya: Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyusui Bayi Kembar

2 dari 4 halaman

Adakah Efek Samping Konsumsi Jahe Selama Menyusui?

"Sejauh ini konsumsi jahe pada ibu menyusui aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Tetapi, ibu mungkin harus hati-hati kalau punya sakit mag. Kalau konsumsi jahe berlebihan bisa memberikan sensasi terbakar atau panas di perut," kata dr. Devia Irine.

Selain itu, makanan yang ibu makan juga bisa memengaruhi rasa ASI. Menurut penelitian, ketika ibu mengonsumsi makanan dengan bumbu atau rempah yang kuat, si kecil jadi lebih gampang makan makanan tersebut saat besar nanti.

Namun, ada juga anak yang jadi rewel dan tak mau minum ASI karena pengaruh rasa dari makanan yang ibu konsumsi terlalu kuat. Kalau sudah begini, coba ingat lagi makanan apa yang ibu makan dan hindari sajian tersebut selama masa menyusui.

Artikel Lainnya: Mau Produksi ASI Lancar, Alpukat Kabarnya Cocok untuk Ibu Menyusui!

3 dari 4 halaman

Resep Teh Jahe untuk Ibu Menyusui

Selain dijadikan bahan dasar bumbu masakan, ibu menyusui bisa mengonsumsi jahe dengan cara dijadikan teh. Teh jahe punya efek menenangkan dan bisa dikonsumsi saat ibu melakukan me time.

Saat membuat teh jahe, tak perlu menambahkan bahan-bahan lain agar kandungan rempah ini tak tercampur dan aman dikonsumsi busui. Berikut cara membuat teh jahe:

  • Rebus air di dalam panci kecil.
  • Sementara itu, bersihkan jahe dan potong menjadi beberapa irisan kecil.
  • Setelah air mendidih, masukkan irisan jahe ke dalamnya dan diamkan selama 5 menit.
  • Anda juga bisa menambahkan 1-2 sendok teh gula atau madu bila ingin rasa teh jahe yang agak manis.
  • Lalu, angkat atau saring irisan jahe sebelum diminum.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar