Sukses

Termometer Air Raksa dan Digital, Mana yang Terbaik?

Termometer air raksa dan digital adalah dua benda yang paling diandalkan untuk mengukur suhu tubuh. Mana yang lebih akurat di antara keduanya?

Termometer adalah benda yang harus dipakai ketika hendak mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yang biasa dipakai, yakni termometer digital dan air raksa.

Termometer digital lebih banyak digemari, karena lebih mudah digunakan dan hasilnya cepat keluar. Di sisi lain, ada juga yang masih mengandalkan termometer air raksa lantaran dipercaya dapat memberikan hasil lebih akurat meski penggunaannya sedikit sulit.

Lantas, jika dilihat dari kacamata medis, mana yang sebenarnya lebih baik untuk mengukur suhu tubuh; apakah termometer digital atau air raksa?

1 dari 4 halaman

Mengenal Cara Kerja Termometer Digital

Cara kerja termometer digital berbeda-beda, tergantung bahan yang digunakan pada benda tersebut. Berikut penjelasannya:

  • Termometer Digital berbahan Logam

Terdapat beberapa jenis termometer digital yang terbuat dari kombinasi logam dan teknologi canggih, sehingga memberikan hasil yang instan.

Termometer digital berbahan logam memiliki ketahanan alami terhadap panas. Saat logam semakin panas, benda tersebut dapat mengembang untuk menyesuaikan.

Artikel Lainnya: Yakin Hasil Ukur Termometer Tembak Akurat, Ini Cara Menggunakannya!

  • Termometer Digital dengan Sirkuit

Ada juga termometer digital yang menggunakan sirkuit elektronik kecil untuk mengukur suhu. Sirkuit tersebut dapat mengeluarkan aliran energi yang sesuai dengan suhu tubuh target.

  • Termometer Digital dengan Thermocouples

Terdapat termometer digital yang menggunakan thermocouples. Termometer digital jenis ini dibuat dengan memasang dua logam berlawanan, yang menghasilkan tegangan berbeda berdasarkan suhu yang diukur.

  • Termometer Digital MEMS

Termometer digital dengan Micro-electro-mechanical System (MEMS) mnenggunakan strip tembaga dan baja; atau kuningan dan tembaga. Dua leogam berbeda itu akan berubah bentuk dan menyesuaikan muatan elektronik saat terpapar panas.

Kapasitas muatan elektronik sistem dapat dihitung dengan sirkuit, yang selanjutnya digunakan untuk mengukur suhu.

Singkatnya, termometer digital mengandalkan sirkuit untuk menentukan suhu tubuh. Artinya, cara kerja benda ini bergantung pada efektivitas chip dan bahan dasar yang digunakan.

Artikel Lainnya: Kenali Bahaya Pakai Termometer Merkuri

2 dari 4 halaman

Mengenal Cara Kerja Termometer Air Raksa

Termometer air raksa alias merkuri dapat mengukur suhu, karena cairan tersebut dapat mengembang dan menyusut sesuai dengan paparan suhu yang didapatkan.

Termometer air raksa dapat digunakan untuk menentukan suhu tubuh, cairan, dan uap. Termometer jenis ini digunakan dalam rumah tangga, eksperimen laboratorium, dan aplikasi industri.

Kendati demikian, termometer air raksa mulai ditinggalkan orang-orang karena berbahaya. Wadah yang menampung air raksa dapat pecah apabila tidak digunakan dengan hati-hati.

"Termometer air raksa sudah dilarang penggunaannya. Alasannya, air raksa bisa berbahaya jika memapar tubuh apabila  tabungnya sampai pecah," ungkap dr. Adeline Jaclyn.

Artikel Lainnya: Ukur Suhu Termometer di Tangan, Dahi, dan Ketiak, Mana Lebih Akurat?

3 dari 4 halaman

Termometer Air Raksa dan Digital, Mana Lebih Efektif?

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, termometer digital adalah pilihan yang terbaik untuk mengukur suhu tubuh. Adapun alasannya, yaitu:

  • Hasil Lebih Cepat

Termometer digital dirancang dengan teknologi canggih, yang memungkinkannya memberikan hasil instan. Jadi, Anda tak perlu menunggu cairan raksa untuk panas dan menyesuaikan volumenya dengan suhu tubuh target.

  • Akurat

Beberapa termometer digital juga menyertakan sensor thermocouple, yang memberikan akurasi sangat tinggi dan tanpa perlu kalibrasi yang bertele-tele layaknya termometer merkuri.

  • Lebih Aman

Terdapat beberapa jenis termometer digital yang dapat digunakan tanpa perlu menyentuh kulit secara langsung.

Beda halnya dengan termometer air raksa, yang mesti menempel dengan objek untuk mengukur suhu. Selain itu, wadah dari termometer merkuri juga terbuat dari kaca yang rentan pecah.

Air raksa adalah bahan kimia beracun, yang berbahaya jika sampai mengenai tubuh Anda.

Itu dia perbedaan termometer digital dan air raksa. Keduanya sebenarnya sama-sama dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Namun, jika Anda ingin yang aman, mudah digunakan, dan dapat memberikan hasil instan, gunakanlah termometer digital.

Butuh bantuan atau punya pertanyaan terkait termometer air raksa dan digital? Anda dapat berkonsultasi kepada dokter menggunakan fitur LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

1 Komentar