Sukses

Mengenal Arti Hypoallergenic pada Produk Skin Care

Diklaim bisa menurunkan risiko alergi dan iritasi pada kulit, benarkah skin care hypoallergenic benar-benar ampuh?

Produk skin care memang dapat membantu Anda mendapatkan kulit wajah cantik dan sehat. Meski perawatan dari dalam juga penting, penggunaan produk kecantikan tetap berperan dalam menunjang kesehatan kulit.

Ada banyak istilah yang dipakai dalam produk skin care, salah satunya hypoallergenic. Pasti Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Tapi, apa Anda telah mengerti sepenuhnya tentang manfaatnya? Yuk, simak berikut ini.

 

1 dari 4 halaman

Apa Itu Hypoallergenic?

Hypoallergenic merupakan salah satu istilah yang menandakan suatu produk skin care tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada wajah. 

Dengan kata lain, produk ini aman digunakan karena kemungkinan tidak akan menyebabkan alergi bagi penggunanya. Beberapa produk berlabel hypoallergenic pun lebih mungkin tidak memiliki wewangian. 

Tidak hanya produk perawatan kulit, label hypoallergenic sendiri sebenarnya juga digunakan dalam beberapa produk kosmetik, mainan anak, pakaian, makanan, dan lain-lain. 

Artikel lainnya: Inilah Makna Istilah yang Ada pada Label Perawatan Kulit

2 dari 4 halaman

Benarkah Produk Hypoallergenic Efektif Cegah Alergi Kulit?

Bila Anda cenderung memiliki kulit sensitif dan mudah alergi, tentu produk skin care hypoallergenic biasanya jadi andalan. Tapi, apakah produk hypoallergenic benar-benar bisa mencegah alergi atau masalah kulit? 

Menurut Food and Drug Administration, Amerika Serikat, sebenarnya istilah hypoallergenic belum resmi diakui dalam dunia medis. 

Hanya saja, produk dengan label tersebut memang mengandung lebih sedikit zat yang bisa menyebabkan alergi. Tapi, bukan berarti produk hypoallergenic sama sekali tidak bisa menyebabkan alergi.

Hal yang sama pun dikatakan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes. Ia mengatakan, “Produk skin care atau makeup berlabel hypoallergenic bisa memiliki risiko alergi yang lebih kecil ketimbang produk lain yang tidak punya label tersebut. Tapi, bukan berarti kulit selalu aman dan terhindar dari iritasi atau alergi.”

Hingga saat ini, cukup sulit untuk menentukan produk mana yang tidak berisiko menimbulkan alergi. Hal ini dikarenakan kondisi kulit wajah setiap orang pasti berbeda-beda, terutama tingkat sensitivitas kulitnya. 

Pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki sensitivitas terhadap kandungan tertentu di dalam produk skin care. Beberapa orang mungkin tidak mengalami alergi sama sekali, namun beberapa orang lainnya bisa sangat sensitif terhadap suatu produk. 

Artikel lainnya: Kenali Gejala Anda Alergi Kosmetik

3 dari 4 halaman

Tips Memilih Produk Skin Care yang Aman

Karena kulit wajah seseorang memiliki sensitivitas yang berbeda, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih produk yang aman yaitu:

  • Tes pada Kulit 

“Semua orang harus waspada dengan produk skin care atau makeup yang ia coba. Bagi mereka yang punya kulit sensitif, penggunaannya harus lebih hati-hati,” ujar dr. Sara.

“Anda bisa tes mengoleskan produk skin care atau makeup di satu spot, misalnya belakang telinga. Tunggu beberapa jam atau satu hari full. Jika muncul reaksi alergi, maka produk itu tidak cocok untuk kulit wajah Anda,” jelasnya.

  • Konsultasi dengan Dokter 

Tidak ada yang lebih pasti selain berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter kecantikan. Biasanya dokter akan memberikan resep atau rekomendasi produk yang sesuai dengan kondisi kulit. 

  • Jangan Sering Berganti Produk Skin Care 

Kalau Anda memiliki kulit sensitif dan sudah cocok dengan satu produk skin care, jangan “gatal” ingin mencoba produk lainnya. Hal ini justru berbahaya karena bisa berisiko menimbulkan reaksi alergi atau iritasi, seperti gatal, ruam, dan infeksi. 

Itulah beberapa fakta mengenai label hypoallergenic pada produk skin care. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan produk skin care apa pun guna mencegah iritasi dan alergi. Pakai Live Chat di KlikDokter untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit lebih mudah.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar