Kesehatan Umum

Daftar Obat Herbal Asam Urat yang Dapat Jadi Terapi Alternatif

Nesia Qurrota Ayuni, 27 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asam urat adalah masalah kesehatan yang sering mengganggu orang dewasa. Untuk mengatasinya, ada beberapa obat herbal asam urat yang bisa dijadikan alternatif.

Daftar Obat Herbal Asam Urat yang Dapat Jadi Terapi Alternatif

Asam urat atau gout adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa. Kondisi ini dipicu oleh konsumsi makanan mengandung purin tinggi, seperti jeroan, seafood, daging, alkohol, dan lain sebagainya. 

Saat ini tersedia obat asam urat yang dijual di pasaran maupun yang diresepkan dokter. Ada pula beberapa obat herbal asam urat, yang dipercaya lebih berkhasiat mengatasi keluhan sehingga sering dipilih sebagai terapi utama.

Daftar Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Beberapa obat herbal asam urat yang diduga bisa memberikan khasiat lebih baik, antara lain:

  1. Jahe

Jahe selama ini identik digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi peradangan.

Dilansir Healthline, sebuah studi menemukan bahwa jahe topikal (oles atau lap) dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. 

“Studi pada tikus menunjukkan, pemberian jahe dapat menurunkan kadar asam urat secara internal,” terang dr. Adeline Jaclyn.

Artikel Lainnya: Obati Asam Urat dengan Daun Salam, Efektifkah?

  1. Kunyit

Kunyit juga disebut sebagai obat asam urat alami berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Senyawa tersebut diketahui memiliki sifat antiradang, sehingga dapat bantu mengurangi nyeri yang biasanya terjadi saat asam urat kambuh.

  1. Cuka Apel 

Cuka apel dinilai dapat mengatasi peradangan akibat asam urat. Bahan alami ini bahkan dianggap mampu mencegah penumpukan asam urat pada sendi. 

  1. Seledri

Ekstrak dan biji seledri menjadi pengobatan rumahan yang populer untuk mengatasi asam urat. Manfaat tersebut bisa didapat karena seledri diduga memiliki sifat antiradang.

Meski begitu, penelitian mengenai manfaat seledri untuk asam urat masih sangat terbatas hingga saat ini. Penelitian pun belum dapat menentukan dosis seledri yang dibutuhkan untuk membantu mengatasi keluhan asam urat secara efektif.

Artikel Lainnya: Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat

  1. Daun Salam

Rebusan daun salam diklaim mampu meredakan asam urat, meski tidak terlalu signifikan. 

Penelitian yang dilakukan kepada tikus menunjukan, ekstrak etanol dari daun salam dapat menurunkan kadar asam urat. 

Artikel Lainnya: Menurunkan Asam Urat dengan Daun Dewa, Mitos atau Fakta?

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Obat Herbal Asam Urat

Berdasarkan dr. Adeline, sah-sah saja jika Anda ingin mencoba obat herbal asam urat yang telah disebutkan di atas. Namun harus diingat, bahan-bahan tersebut belum sepenuhnya terbukti efektif mengatasi asam urat, dan efek sampingnya pun belum diketahui.

“Butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah benar obat herbal dapat mengatasi asam urat,” papar dr. Adeline.

“Akan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya,” imbuhnya. 

Dokter akan menilai apakah kondisi pasien memungkinkan untuk mengonsumsi obat herbal asam urat. Pasien pun akan diperiksa secara detail untuk menentukan ada/tidaknya ada kontraindikasi dengan bahan yang ada di dalam herbal tersebut. 

Hingga saat ini, belum ada obat herbal asam urat yang terbukti efektif mengatasi keluhan tersebut. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi obat dari dokter yang jenis dan dosisnya sudah disesuaikan dengan kondisi pasien sehingga hasilnya efektif dengan risiko efek samping yang minim. 

Apabila masih memiliki pertanyaan mengenai cara mengatasi asam urat secara alami, Anda bisa konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

herbal

Konsultasi Dokter Terkait