Sukses

Plus-Minus Lalapan Lidah Buaya untuk Kesehatan

Terdapat beberapa orang yang hobi mengonsumsi lalapan lidah buaya alias aloe vera. Anda salah satunya? Yuk, cari tahu plus minus jenis tumbuhan ini bagi kesehatan!

Lidah buaya sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Tumbuhan yang punya nama beken aloe vera itu ternyata juga sering dimanfaatkan sebagai lalapan. Ya, lalapan lidah buaya. Pernah dengar?

Sebagian orang yang gemar mengonsumsi lalapan lidah buaya mengaku, asupan tersebut terasa nikmat dikonsumsi dan bisa memberikan banyak manfaat sehat bagi tubuh.

Apakah medis setuju mengenai manfaat makan lidah buaya? Lalu, adakah efek samping makan lidah buaya? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

1 dari 3 halaman

Menilik Manfaat Lalapan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung lebih dari 75 senyawa aktif; termasuk vitamin, mineral, enzim, asam amino, asam lemak, dan polisakarida. Hal inilah yang diduga mendatangkan manfaat apabila Anda mengonsumsinya sebagai lalapan.

Terkait lalapan lidah buaya, dr. Arina Heidyana mengatakan; tak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya. Mengonsumsi aloe vera atau lidah buaya sebagai lalapan masih tergolong aman.

“Dari beberapa referensi, memang sebenarnya aman saja untuk mengonsumsi aloe vera. Tumbuhan tersebut memiliki karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, fosfor, dan sebagainya yang baik untuk tubuh manusia,” ucap dr. Arina.

Artikel Lainnya: Khasiat Ajaib Lidah Buaya untuk Kesehatan Rongga Mulut

“Hanya saja, Anda baru boleh mengonsumsi lalapan lidah buaya apabila sudah dibersihkan dari getah dan sudah dipotong dagingnya,” tegasnya.

Lalapan lidah buaya mungkin akan terasa aneh. Tapi, manfaat yang diberikan tidak kalah sehat dengan jenis sayuran lainnya.

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan berkat mengonsumsi lalapan lidah buaya?

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Lidah buaya mengandung serat dan senyawa kimia pencahar, yang secara efektif dapat melancarkan sistem pencernaan.

Selain sebagai lalapan, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dengan memotong dan membersihkannya terlebih dahulu dan dicampurkan dengan segelas es buah segar.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Melansir healthline, gel lidah buaya bisa bantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Anda bisa mengombinasikannya dengan olahraga dan pola makan sehat agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Artikel Lainnya: Lidah Buaya, si Hijau untuk Atasi Nyeri Sendi

  • Mengurangi Plak pada Gigi

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda bisa menggunakan aloe vera sebagai obat kumur untuk bantu mengurangi plak gigi.

Untuk manfaat yang optimal, Anda tetap perlu menyikat gigi secara rutin dan menghindari makanan yang bisa membuat plak gigi menumpuk.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi gel lidah buaya disinyalir dapat membantu meningkatkan daya ingat sekaligus mengurangi gejala depresi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya ternyata mengandung kadar antioksidan yang lumayan tinggi. Hal ini membuatnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga fungsi organ dengan baik.

Antioksidan dapat pula mencegah kerusakan organ-organ tubuh oleh radikal bebas. Semakin rendah kadar radikal bebas di dalam tubuh, risiko penyakit kronis juga lebih minimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Sehat

2 dari 3 halaman

Tetap Waspada, Ini Efek Samping Makan Lidah Buaya

Meskipun tergolong aman dikonsumsi, bukan berarti lidah buaya tidak memiliki efek samping. Menurut dr. Arina, bagi beberapa orang yang memiliki sistem pencernaan sensitif, makan lalapan lidah buaya bisa menyebabkan diare dan kram perut hebat.

Selain itu, makan lidah buaya mentah juga bisa menyebabkan gangguan elektrolit dan gangguan ginjal.

Orang yang sedang atau akan menjalani operasi juga sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya, karena bisa mengganggu kadar gula darah. Karenanya, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter jika ingin mengonsumsi lidah buaya sebagai lalapan harian.

“Lidah buaya aman dikonsumsi jika orangnya tidak punya riwayat alergi, sakit perut, dan sebagainya,” tutur dr. Arina.

“Selain itu, lidah buaya juga aman jika dagingnya benar-benar dicuci sampai bersih agar tidak ada getah yang menempel. Karena, lapisan tipis antara kulit dan buahnya inilah yang mengandung senyawa penyebab sakit perut dan diare,” pungkasnya.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi lalapan lidah buaya. Namun, lakukan persiapan dengan matang dan perhatikan hal-hal yang telah disampaikan agar Anda dapat merasakan manfaat tanpa khawatir dengan efek sampingnya.

Apabila punya pertanyaan mengenai lidah buaya atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan, tak perlu ragu untuk konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasi KlikDokter juga, agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar