Sukses

Teh Lavender, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Bunga lavender sudah umum digunakan dalam produk kecantikan kulit. Namun, tahukah Anda bahwa bunga lavender memiliki manfaat sehat sebagai teh?

Lavender atau Lavandula angustifolia adalah salah satu tanaman terwangi di dunia. Tanaman ini biasa digunakan untuk membuat sabun dan produk kesehatan kulit. Selain itu, lavender juga dapat dijadikan sebagai teh.

Sebenarnya lavender tidak terlalu sering digunakan sebagai bahan teh karena teh lavender alami memiliki rasa yang kuat, bahkan pahit. Lavender sebagai teh biasanya digunakan sebagai campuran untuk menambahkan aroma bunga yang menenangkan. 

Tak sekadar ‘penambah’, teh lavender nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho! Berikut manfaat teh lavender yang sebaiknya Anda ketahui:

1 dari 5 halaman

1. Menstabilkan Mood dan Sistem Saraf Pusat

Lavender dapat digunakan sebagai bahan alami untuk memperbaiki mood, meredakan gelisah, dan membantu mengatasi depresi. Manfaat teh lavender ini diperoleh dari kandungan linalool dalam lavender.

Kandungan tersebut dikatakan mampu menstimulasi aktivitas di bagian otak tertentu. Pada akhirnya, dapat memberikan efek perbaikan mood dan efek menenangkan.

Artikel Lainnya: Manfaat Teh, Benarkah Bisa Membantu Mengatasi Asma?

Sebuah studi pada 80 ibu muda di Taiwan telah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi teh lavender sebanyak 250 mL, sekaligus mencium aroma teh tersebut dapat mengurangi kelelahan dan depresi.

Penelitian selama dua minggu itu menyatakan bahwa hasil tersebut lebih baik ketimbang orang yang tidak menghirup aroma teh lavender, apalagi mengonsumsinya. Teh lavender juga aman dikonsumsi orang tua dengan Alzheimer.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat teh bunga lavender yang berikutnya adalah untuk kesehatan pencernaan. Teh lavender dapat meredakan masalah pencernaan seperti diare, mual, dan kram perut. 

Khasiat tersebut diperoleh dari efek antispasmodik pada teh lavender yang dapat mengurangi ketegangan otot pencernaan sehingga mengatasi kembung dan nyeri perut.

Aroma dari lavender sendiri juga berkhasiat dalam proses pencernaan. Aromanya menstimulasi produksi empedu sehingga makanan dapat dicerna secara efisien. Efek penenang dari aroma lavender juga membantu meredakan rasa mual.

Artikel Lainnya: Mengungkap Efektivitas Detoks dengan Teh

2 dari 5 halaman

3. Meredakan Nyeri Kepala dan Migrain

Efek pereda nyeri pada teh lavender didapatkan dengan menghirup aroma lavender yang menenangkan. Meski begitu, sebenarnya belum ada penelitian yang mengatakan secara pasti mengenai manfaat teh lavender sebagai pereda nyeri. 

Namun demikian, aroma lavender dari minyak esensial terbukti memberikan efek pereda nyeri. Menghirup aroma teh lavender dapat memberikan efek menenangkan yang bisa mengurangi rasa nyeri dan migrain. Selain itu, tubuh juga bisa menjadi rileks sehingga terasa lebih nyaman saat beristirahat.

4. Memperbaiki Tidur

Salah satu manfaat teh lavender adalah memberikan efek menenangkan. Efek ini dapat membantu orang-orang dengan masalah tidur. Meminum teh lavender sebelum tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

Berdasarkan berbagai penelitian, teh lavender meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres, yaitu kortisol. Efeknya adalah menenangkan pikiran. 

Dengan tidur nyenyak, pastinya kesehatan secara keseluruhan serta kualitas hidup juga menjadi lebih baik, bukan?

Artikel Lainnya: Minum Teh Susu, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

3 dari 5 halaman

5. Melegakan Saluran Pernapasan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, teh lavender memiliki efek antiiflamasi. Teh lavender dapat membantu melegakan gangguan saluran pernapasan dengan efek antiinflamasinya tersebut.

Dengan demikian, salah satu manfaat teh lavender dapat memperbaiki keluhan dengan membuat saluran pernapasan menjadi terbuka.

Efek antibakteri pada teh lavender juga membantu membasmi bakteri penyebab flu. Hal inilah yang pada akhirnya dapat mengatasi keluhan hidung tersumbat dan membuat napas menjadi lebih lega. 

6. Keseimbangan Sistem Imun

Teh lavender mengandung vitamin C, kalsium, dan magnesium. Ketiga kandungan tersebut mampu menunjang sistem imun dan mempermudah tubuh melawan infeksi bakteri, jamur, dan virus.

Selain itu, teh lavender mengandung antioksidan tinggi serta memiliki efek antibakteri yang dapat mengatasi flu. Antioksidan dalam teh lavender bermanfaat untuk melawan radikal bebas akibat polusi dan asap rokok.

Radikal bebas merupakan risiko munculnya kanker tertentu dan berperan dalam proses penuaan. Oleh sebab itu, manfaat mengonsumsi teh lavender dapat membantu menurunkan risiko tersebut. 

Artikel Lainnya: Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Minum Teh

4 dari 5 halaman

7. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Nyeri pada sendi disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi maupun otot. Karena teh lavender memiliki efek antiinflamasi, peradangan pada sendi maupun otot dapat teratasi. Dengan demikian, nyeri yang dirasakan dapat berkurang.

Selain itu, terkadang setelah beraktivitas seharian, otot terasa kaku dan tegang. Nah, manfaat teh lavender dapat membantu meredakan ketegangan otot. Efek yang dihasilkan adalah otot yang lebih rileks sehingga pegal linu pun teratasi.

8. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Manfaat teh lavender juga baik untuk mereka yang memiliki masalah jerawat. Efek antibakteri pada teh lavender dapat membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, efek antiinflamasinya bisa meredakan nyeri pada jerawat yang sedang meradang. 

Antioksidan pada teh lavender juga membantu membuang racun akibat radikal bebas. Radikal bebas yang didapat dari polusi, asap rokok, maupun kendaraan membuat kulit menjadi kusam.

Namun, selain minum teh lavender, mencuci muka secara teratur juga perlu dilakukan untuk mencegah kulit kusam.

Banyak sekali, ya, manfaat teh bunga lavender. Anda dapat mengonsumsinya di sore hari setelah beraktivitas untuk membantu tubuh lebih rileks. Teh bisa Anda buat sendiri dengan menyeduh tunas bunga lavender atau dengan menyeduh lavender dalam kantong teh yang dijual di toko-toko. Selamat mencoba!

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar