HomeInfo SehatKesehatan UmumCuci Tangan Pakai Sabun Kertas, Apakah Bersih?
Kesehatan Umum

Cuci Tangan Pakai Sabun Kertas, Apakah Bersih?

Ayu Maharani, 08 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Agar bisa sering cuci tangan dengan air mengalir, sabun kertas yang praktis kerap dibawa ketika pergi. Efektif atau tidaknya membunuh kuman, ini kata dokter.

Cuci Tangan Pakai Sabun Kertas, Apakah Bersih?

Penggunaan sabun kertas sebenarnya bukan hal baru lagi. Potongan-potongan kertas seukuran kuku jari yang dimasukkan ke botol kaca atau plastik tersebut dulu sering jadi “kebanggaan” anak perempuan. 

Sebab, biasanya sabun kertas punya aroma, motif, warna, bentuk, dan kemasan yang lucu-lucu! Tapi, apa sama efektfinya dengan sabun biasa dalam membunuh kuman di tangan?

Apa Sebenarnya Sabun Kertas Itu?

Seiring berjalannya waktu, sabun kertas tidak fokus pada penampilannya. Bentuknya kini lebih sederhana dan ukurannya sudah lebih besar. 

Pengemasan yang simpel mungkin ditujukan agar pria dan wanita dewasa bisa membawa dan menggunakannya tiap dibutuhkan tanpa rasa malu.

Untuk yang belum terlalu akrab dengan sabun kertas, benda tersebut adalah lembaran tipis seperti kertas yang dapat dipakai ketika cuci tangan. 

Saat kena air dan digosokkan ke tangan, akan mengeluarkan busa. Lalu, lama-kelamaan lembaran tersebut hancur lalu hilang karena gesekkan tangan. 

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, sabun praktis ini pada dasarnya menggunakan bahan yang serupa dengan sabun biasa. 

Kalau Anda termasuk orang yang sering bepergian, sabun kertas bisa jadi solusi bersih-bersih yang super praktis dan tidak membuat kulit kering seperti hand sanitizer

Artikel lainnya: 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Apa Manfaat Sabun Kertas Sama Bersihnya dengan Sabun Biasa?

Dokter Sepri mengatakan, “Karena sebenarnya paper soap menggunakan bahan yang serupa dengan sabun biasa, seharusnya sama efektifnya. Artinya, sama-sama bisa membersihkan dan membunuh kuman,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Hanya saja, kelebihannya lebih mudah dibawa dan beberapa ada yang menggunakan bahan alami.” 

Kalau Anda melihat di internet, cukup banyak tutorial membuat sabun kertas sendiri di rumah. Nah, kalau kita membeli sabun tersebut dari sebuah toko rumahan (homemade), apakah aman?

“Sebetulnya, selama produsennya menggunakan bahan baku sabun biasa, sabun kertas yang Anda beli aman-aman saja. Biasanya juga orang membuat paper soap dari bahan natural seperti minyak kelapa. Itu tidak jadi masalah,” ucap dr. Sepri.

“Sudah banyak literatur ilmiah yang menunjukkan, minyak kelapa punya efek antibacterial ketika dijadikan bahan sabun. Jadi, sabun kertas, khususnya yang menggunakan bahan tersebut, memang efektif untuk membersihkan tangan Anda.”

Tak cuma efektif membunuh kuman, dilansir dari laman Smart Solve, penggunaan sabun kertas juga lebih ramah lingkungan. Karena, Anda tak perlu membuang banyak botol sabun cuci tangan. 

Botol yang digunakan sabun biasa umumnya terbuat dari plastik. Hal itu akan menambah limbah yang sulit terurai. 

Beberapa produsen sabun cuci tangan kertas juga memiliki sertifikat FSC. Sertifikasi tersebut menunjukkan, kertas yang dipakai berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan memenuhi serangkaian prinsip yang didedikasikan untuk pelestarian.

Artikel lainnya: Ini Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan! 

Cara Membuat Sabun Kertas di Rumah

Mau coba bikin sendiri sabun cuci tangan kertas biar bisa dibawa-bawa? Bisa, kok! Berikut bahan-bahan dan cara mudah pembuatannya!

Bahan-bahan: 

  • 3 lembar kertas roti berukuran A4 
  • Penggaris 
  • Pensil
  • Gunting 
  • Kuas cat 
  • Nampan bersih, ukurannya harus lebih besar dari kertas
  • Sabun cair
  • Mangkuk
  • Penjepit kertas
  • Tali untuk menjemur
  • Wadah bersih dan tertutup untuk menyimpan sabun yang sudah jadi

Catatan: Semua bahan ada baiknya dicuci bersih dahulu, kecuali kertas, pensil, dan tali gantung.

Cara membuat: 

  • Kertas diletakkan di nampan secara landscape (horizontal).
  • Ambil penggaris dan pensil, buatlah garis vertikal di sebelah kiri kertas dengan lebar 2 cm. Bagian tersebut nantinya tidak diolesi sabun dan menjadi area jepit saat dijemur. 
  • Tuang sabun cair pada mangkuk. 
  • Ambil kuas lalu oleskan sabun cair secara horizontal pada kertas Anda. 
  • Setelah satu sisi selesai, angkat perlahan kertas, lalu balik ke sisi yang satunya.
  • Oleskan lagi sabun cair lagi ke sisi tersebut.
  • Setelah semuanya sudah diolesi, jemur kertas tersebut sampai kering.
  • Setelah kering, potong kertas kecil-kecil dengan bentuk persegi atau persegi panjang.
  • Masukkan ke wadah lalu tutup rapat. 

Jangan ragu, sabun kertas sama bersihnya dengan sabun biasa! Cara buatnya mudah dan praktis dibawa. Anda pun tak punya alasan lagi untuk malas cuci tangan. 

Bila ada pertanyaan seputar cuci tangan yang efektif, tanya dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(FR/JKT)

Cuci tangan

Konsultasi Dokter Terkait