Sukses

Pilihan Buah Ini Bisa Bantu Redakan Pusing

Beberapa buah dipercaya mampu membantu redakan pusing, sakit kepala, hingga vertigo. Apa saja contoh buah tersebut? Simak artikel berikut.

Pernahkah Anda merasakan pusing hingga seperti hilang keseimbangan? Atau justru sakit kepala yang terasa seperti terikat? Dalam beberapa kasus, lazimnya pusing berputar disebabkan oleh vertigo

Secara umum, pusing terjadi akibat gangguan yang memengaruhi bagian tubuh penjaga keseimbangan, misalnya pada telinga bagian dalam dan mata. 

Sedangkan, sakit kepala dapat disebabkan karena stres, makanan tertentu, maupun suatu kondisi seperti tumor atau infeksi di otak. 

Cara menyembuhkan sakit kepala atau pusing umumnya lewat konsumsi obat tertentu. Akan tetapi, beberapa buah ternyata juga bisa membantu meredakan keluhan ini. Berikut daftar buah untuk vertigo, pusing, hingga sakit kepala:

1. Jeruk

Mengonsumsi buah-buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dipercaya dapat mengurangi vertigo pada penderita meniere (gangguan telinga bagian dalam). Selain jeruk, Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah anggur, stroberi, dan paprika.

2. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah. Oleh karena itu, bisa membantu mencegah masalah sirkulasi darah dan membuatnya jadi pilihan buah untuk penderita vertigo.

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

1 dari 3 halaman

3. Alpukat

Alpukat memiliki sifat antiinflamasi, sehingga membantu menstabilkan tekanan darah dan mengurangi dehidrasi. Dalam beberapa kasus, vertigo atau pusing terjadi karena masalah tekanan darah dan kondisi dehidrasi.

4. Ceri

Buah ceri yang memiliki rasa manis maupun asam rupanya bisa menjadi salah satu buah penghilang sakit kepala. Pasalnya, buah ceri mengandung senyawa yaitu quercetin yang berperan sebagai antialergi dan antinyeri alami.  

Bahkan, buah ceri memiliki cara kerja yang sama dengan obat aspirin ataupun ibuprofen dalam meredakan sakit kepala.

5. Aprikot

Buah penghilang pusing selanjutnya adalah aprikot. Tak hanya rasanya yang manis dan menyegarkan, rupanya buah aprikot tinggi akan kandungan magnesium yang membantu mengurangi frekuensi dan durasi sakit kepala. 

Untuk mendapatkan manfaat aprikot untuk keluhan pusing, Anda bisa menikmatinya dengan cara memanggangnya bersama kue, topping oatmeal, ataupun langsung dikonsumsi. 

6. Pisang

Tak hanya rasanya yang enak, buah lembut ini juga bisa menjadi buah untuk sakit kepala. Buah pisang mengandung tinggi kalium yang bisa membantu mengurangi nyeri kepala. 

Tak hanya itu, pisang juga dilengkapi dengan magnesium yang membantu mengurangi nyeri. Ada pula karbohidrat yang berperan mengembalikan energi ketika sakit kepala muncul.  

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebabnya!

2 dari 3 halaman

7. Semangka

Buah semangka terkenal akan kandungan airnya yang banyak dan tinggi gula. Karenanya, semangka bisa bermanfaat meredakan sakit kepala akibat kondisi dehidrasi.  

Memenuhi asupan cairan penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang memiliki migrain. Pada kondisi tertentu, migrain juga dapat disebabkan karena dehidrasi. 

8. Melon

Sama halnya dengan semangka, melon menjadi buah untuk sakit kepala. Tingginya kandungan air di dalam melon membantu mengurangi keluhan sakit kepala yang dipicu oleh dehidrasi.

9. Nanas

Buah untuk penghilang sakit kepala lainnya adalah nanas. Adanya kandungan enzim bromelain di dalam nanas membantu mengurangi keluhan sakit kepala, terutama akibat kondisi infeksi atau peradangan. 

Bromelain memiliki efek vasodilator yang membantu merelaksasikan pembuluh darah. Karena inilah bromelain bisa membantu meredakan sakit kepala.

10. Apel

Buah apel kaya akan kalium yang membantu mengurangi keluhan sakit kepala migrain. Kandungan tiraminnya yang rendah serta dilengkapi serat dan vitamin C juga membuat apel cocok dan aman dikonsumsi setiap hari bagi penderita migrain.

Tak hanya buah apel yang bisa dimanfaatkan, cuka sari apel pun bisa Anda gunakan sebagai obat alami sakit kepala. 

Artikel Lainnya: Pusing Usai Makan, ini Penyebabnya 

Buah-buahan tak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, namun juga bisa membantu mengurangi keluhan pusing dan sakit kepala. Namun, berbagai asupan di atas tidak selalu efektif meredakan pusing pada setiap orang.

Sebab, pada dasarnya penyebab sakit kepala dapat berbeda-beda. Akan lebih baik Anda membatasi atau menghindari makanan dan minuman yang memicu sakit kepala.

Contohnya antara lain makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula, alkohol, dan kafein, daging asap, keju, produk fermentasi, dan lain sebagainya.

Apabila frekuensi sakit kepala atau pusing yang Anda alami semakin bertambah setiap harinya, dan tingkat nyeri atau keparahan semakin memberat, segera periksa ke dokter.

Lalu, jangan tunda ke dokter bila keluhan diikuti gejala lain seperti gangguan penglihatan, lemah pada anggota gerak, kesulitan bernapas, muntah terus-menerus, hingga kejang. 

Bila ingin konsultasi lebih cepat dengan dokter seputar keluhan pusing atau sakit kepala, pakai fitur LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

1 Komentar