Sukses

Pilihan Buah Ini Bisa Bantu Redakan Pusing

Beberapa buah yang mengandung vitamin C dan E dipercaya mampu membantu redakan pusing. Apa saja contoh buah penghilang pusing?

Pernahkah Anda merasakan pusing hingga seperti hilang keseimbangan? Tentu sangat mengganggu, bukan? Terlebih bila rasa pusing menyerang saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Menurut dr. Valda Garcia, sebenarnya perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Sebab, sering kali banyak yang keliru dalam mengidentifikasi keduanya.

“Kalau pusing, efeknya seperti berputar. Sedangkan, sakit kepala bisa seperti kepala diikat atau ditusuk-tusuk. Itu karena penyebabnya juga bisa berbeda,” kata dr. Valda. 

Dalam beberapa kasus, lazimnya pusing disebabkan oleh vertigo. Namun, secara umum pusing terjadi akibat gangguan yang memengaruhi bagian tubuh penjaga keseimbangan. Misalnya pada telinga bagian dalam dan mata.

1 dari 3 halaman

Buah-Buahan sebagai Alternatif Redakan Pusing

Berbagai cara dilakukan untuk menyembuhkan pusing, seperti dengan mengonsumsi obat tertentu. Akan tetapi, beberapa buah ternyata juga bisa membantu meredakan pusing, lho. Berikut daftarnya:

1. Buah Kaya Vitamin C

Dilansir Healthline, mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi vertigo pada penderita meniere (gangguan telinga bagian dalam).

Beberapa buah kaya vitamin C yang dapat dikonsumsi antara lain jeruk, anggur, stroberi, dan paprika.

“Tetapi, mungkin efeknya tidak langsung meredakan seperti obat khusus vertigo. Lebih ke baik untuk pembuluh darah dan sifat antioksidannya yang juga bagus untuk sistem saraf,” jelas dr. Valda.

2. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah. Oleh karena itu, bisa membantu mencegah masalah sirkulasi darah.

Artikel Lainnya: Pusing Usai Makan, ini Penyebabnya

3. Alpukat

Alpukat memiliki sifat antiinflamasi, sehingga membantu menstabilkan tekanan darah dan mengurangi dehidrasi.

Dalam beberapa kasus, vertigo atau pusing terjadi karena masalah tekanan darah dan kondisi dehidrasi.

Di samping buah-buahan di atas, beberapa makanan lain juga dipercaya meredakan pusing. Misalnya ginkgo biloba, jahe, dan kacang almond.

Namun, berbagai asupan di atas tidak selalu efektif meredakan pusing pada setiap orang. Sebab, pada dasarnya penyebab pusing berbeda satu sama lain.

Selain itu, lebih baik hindari makanan yang berpotensi memicu pusing. Contohnya makanan dan minuman tinggi gula, alkohol, kafein, daging asap, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Deretan Makanan Pemicu Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

2 dari 3 halaman

Gejala Pusing yang Berbahaya

Menurut dr. Valda, orang yang pusing sering kali disebabkan oleh vertigo dengan keluhan seperti merasakan sensasi berputar. Vertigo sendiri terbagi menjadi dua, yakni vertigo perifer dan sentral.

“Biasanya, vertigo sentral karena ada masalah di otak dan biasanya lebih bahaya, seperti stroke dan tumor otak. Untuk membedakan vertigo sentral dengan perifer, lebih disarankan untuk pemeriksaan langsung oleh dokter,” dr. Valda menjelaskan.

Bila diperlukan, bisa lakukan pemeriksaan penunjang di radiologi, seperti CT scan dan pemeriksaan lainnya. Identifikasi vertigo secara dini dapat membantu menentukan penanganan yang tepat.

Di samping itu, pada gejala lainnya juga disarankan untuk menemui dokter. Misalnya, ketika mengalami pusing berulang dan berkepanjangan.

Saat pusing bersamaan dengan beberapa gejala lainnya, dianjurkan juga untuk mencari perawatan medis.

Misalnya, sakit kepala parah yang tiba-tiba, nyeri dada, sulit bernapas, pingsan, detak jantung cepat atau tidak teratur, muntah terus menerus, kejang, dan lain sebagainya.

Bila ingin konsultasi lebih cepat dengan dokter seputar keluhan pusing atau sakit kepala, pakai LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar