Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kuku Jadi Biru karena Terjepit, Apa yang Harus Dilakukan?

Kuku Jadi Biru karena Terjepit, Apa yang Harus Dilakukan?

Karena tak hati-hati, jari terjepit pintu dan bikin kuku jadi ungu kebiruan. Sakit? Ya, sudah pasti! Kalau sudah begitu, bagaimana cara mengobatinya?

Sial memang tak bisa diramal. Tangan kita masih berada di dekat pintu, tapi karena teman tak lihat akibat asyik main ponsel, pintu langsung ditutup begitu saja sama dia! Alhasil, kuku berubah warna jadi biru dan rasanya nyut-nyutan sekali.

Makin lama dilihat, warnanya pun semakin gelap. Mau dipakai bekerja pun rasanya tak nyaman. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan? Apa kita perlu ke rumah sakit dan mendapatkan pengobatan khusus?

Atau sebenarnya, kondisi kuku terjepit seperti ini masih bisa diatasi sendiri di rumah?

1 dari 4 halaman

Jangan Khawatir Jika Kondisi Kuku Biru Seperti Ini

Menurut dr. Atika, kuku berwarna biru keunguan akibat kecelakaan atau trauma disebut sebagai subungual hematoma. Kondisi ini juga bisa dikatakan sebagai perdarahan di bawah kuku.

“Karena terperangkap di ruang sempit, jadi darahnya tidak bisa ke mana-mana. Lama-kelamaan, darahnya teroksidasi dan akhirnya jadi gelap serta tampak mengkhawatirkan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, “Kalau tidak terlalu luas, nyerinya juga tidak berat, maka tunggu saja. Lama-lama akan hilang sendiri, kok. Tapi harus sabar, mungkin hilangnya bisa dua minggu lebih. Untuk membantu menghilangkan nyerinya, Anda bisa minum obat anti nyeri yang OTC (obat yang dijual bebas tanpa resep dokter).”

Hal senada juga dilontarkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti. Menurutnya, jika kuku biru tetapi tidak sampai patah dan tidak nyeri sekali, Anda bisa membiarkannya saja.

“Didiamkan saja nggak apa-apa kalau kondisinya tidak parah. Kondisi itu bisa hilang sendiri berbarengan dengan kuku yang tumbuh,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Kuku Mudah Patah, Benarkah Tanda Penyakit Berbahaya?

2 dari 4 halaman

Jika Kondisi Kuku Begini, Anda Bisa Berobat ke Dokter

Beda kondisi tentu beda penanganannya. Dokter Atika mengatakan, apabila nyeri yang ditimbulkan kuku terjepit terlampau parah, Anda bisa periksa ke dokter.

“Nanti, dokter akan membantu mengeluarkan darah beku di kuku. Darah itulah yang jadi penyebab nyeri. Anda bisa langsung ke dokter kalau muncul gejala-gejala lain, seperti adanya rasa panas di kuku dan nyeri hebat. Kondisi itu mengindikasikan adanya infeksi atau peradangan,” saran dr. Atika 

Dokter Astrid juga menambahkan, “Apabila kuku sampai patah atau pecah dan ada rasa nyeri hebat, maka sebaiknya Anda minta pertolongan dokter.”

Prosedur nail trephination akan dilakukan untuk mengalirkan darah dari bawah kuku. Dengan kata lain, nail trephination dapat membersihkan darah beku di kuku Anda yang habis terjepit.

Prosedur ini bisa meringankan sakit. Laser atau jarum akan dipakai untuk membuat lubang kecil di kuku. Area yang sudah berlubang selanjutkan dibungkus perban karena darah akan terus mengalir.

Artikel Lainnya: Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

3 dari 4 halaman

Lakukan Ini agar Kuku Terjepit Cepat Sembuh

Sementara itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya kondisi kuku berwarna biru akibat terjepit bisa cepat membaik, yaitu:

  • Istirahat Jari dari Aktivitas

Kuku jari yang habis cedera sebaiknya tidak terlalu banyak dipakai bekerja, apalagi jika kondisinya cukup parah. Hindari dulu aktivitas, seperti mengetik, memotong, memasak, dan mengangkat benda berat. Jika Anda tetap melakukannya, rasa nyeri di kuku tersebut akan semakin parah!

  • Berikan Kompres Dingin

Rasa nyeri dan pembengkakan akibat kuku terjepit dapat diminimalkan dengan kompres dingin. Tak perlu lama-lama, berikan kompres dingin selama 15 menit saja beberapa kali tergantung kebutuhan. Hindari langsung menempelkan es batu karena itu justru bisa memperburuk kondisi kuku.

  • Posisikan Jari Lebih Tinggi dari Dada

Kuku biru keunguan yang nyeri bahkan cenderung menghitam sebaiknya ditempatkan lebih tinggi dari dada. Kenapa begitu? Tujuannya, agar aliran darah ke jari menjadi lebih lambat dan peradangan tidak semakin menjadi-jadi.

Itu dia beragam hal yang bisa dilakukan ketika kuku terjepit pintu atau tertimpa benda berat. Apabila masih ada pertanyaan seputar kuku biru dan darah membeku, langsung saja konsultasikan hal tersebut ke dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar