Sukses

Manfaat Daging Lidah Buaya untuk Kesehatan Anak

Selain jadi produk kecantikan, daging lidah buaya juga punya manfaat untuk kesehatan si kecil lho. Simak kata dokter berikut ini.

Lidah buaya atau aloe vera memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk produk kecantikan. Kandungan nutrisinya yang banyak memang dipercaya bisa menyehatkan kulit dan rambut. 

Namun, adakah manfaat daging lidah buaya bila dikonsumsi anak? Simak penjelasannya menurut dokter. 

1 dari 3 halaman

Khasiat Daging Lidah Buaya untuk Anak

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini (dr. Vita), anak di atas umur 12 tahun baru boleh memakan daging lidah buaya, asalkan sudah benar-benar diolah dengan baik dan getahnya sudah dibersihkan. 

Beberapa manfaat lidah buaya untuk anak ialah:

  1. Atasi Masalah Pencernaan

Lidah buaya mengandung beberapa kandungan yang dapat berperan sebagai pencahar. 

Nutrisi inilah yang nantinya bisa menstimulasi tumbuhnya bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan lebih sehat. 

Tapi, jangan diberikan terlalu sering karena bisa berdampak tidak baik pada kesehatan anak. 

  1. Menghidrasi Tubuh 

Daging lidah buaya juga bisa diolah menjadi jus untuk mengatasi dehidrasi. Kandungan airnya yang cukup banyak bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehabis olahraga. 

Lalu, karena kemampuan hidrasinya, lidah buaya bisa membantu menjaga kelembapan kulit anak. 

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

“Daging lidah buaya punya sifat antibakteri yang dipercaya bisa menjaga kesehatan gigi. Studi ini dijelaskan dalam Journal of India Society of Periodontology. Jika dikonsumsi secara teratur, maka bisa menghilangkan plak pada gigi,” kata dr. Vita.

  1. Bantu Atasi Penyakit Tertentu

Melansir Mom Junction, gel lidah buaya membantu mengobati diabetes, epilepsi, asma, dan osteoarthritis secara signifikan. 

Selain itu, aplikasi topikal gel aloe vera membantu merawat kulit kering, psoriasis, sengatan matahari, dan kulit kering. 

Sebenarnya tidak banyak manfaat daging lidah buaya untuk kesehatan anak. Sebab, selain dagingnya, dua bagian lainnya dari lidah buaya yang banyak dimanfaatkan yakni gel dan lateks (getah) dari lidah buaya. 

Gel inilah yang sering digunakan untuk pengobatan kulit. Sedangkan, bagian lateksnya yang diperoleh dari lapisan kulit lidah buaya bisa diolah menjadi suplemen. 

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Memberikan Lidah Buaya pada Anak

Agar khasiat lidah buaya tetap bisa didapatkan oleh anak, beberapa aturan yang sebaiknya diikuti seperti: 

  • Hindari memberi lidah buaya kepada anak di bawah 12 tahun. Anak yang masih terlalu kecil berisiko mengalami alergi, diare, sakit perut, atau kram. 

Kalau Anda memang ingin memberikan lidah buaya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak. 

  • Anak yang baru selesai dioperasi tidak disarankan mengonsumsi daging lidah buaya karena bisa mengganggu kadar gula darah. 

Selain anak-anak, ibu yang sedang hamil dan menyusui juga tidak dianjurkan makan daging lidah buaya. Hal ini berkaitan dengan risiko keguguran dan cacat lahir. 

Itulah beberapa manfaat kesehatan daging lidah buaya bagi anak. Tetap batasi porsinya dan imbangi dengan makanan sehat lainnya. 

Bila ingin berkonsultasi dengan dokter seputar pemenuhan gizi anak, pakai fitur LiveChat dari Klikdokter! 

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar