Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bunda, Ini Manfaat Mandi Oatmeal bagi Kesehatan Kulit Bayi

Bunda, Ini Manfaat Mandi Oatmeal bagi Kesehatan Kulit Bayi

Kulit bayi rentan alergi, cara rumahan yang bisa diterapkan adalah mandi oatmeal. Untuk tahu manfaat, efektivitas, dan keamanannya, yuk bunda cek di sini!

Mandi air hangat atau mandi busa untuk bayi mungkin sudah biasa. Nah, bagaimana dengan mandi oatmeal, pernahkah Anda mendengarnya?

Meski asing, oatmeal untuk mandi bayi dipercaya bisa mengatasi masalah kulit pada bayi, terutama gatal-gatal, kering, dan kemerahan.

Mandi Oatmeal dan Efeknya pada Kulit Bayi

Menambahkan oatmeal ke dalam bak mandi bayi dipercaya dapat membantu menyembuhkan kulit kering, bersisik, dan gatal.

Bahkan, mandi dengan bahan alami tersebut dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit bayi. Oatmeal juga dianggap bisa mengobati ruam kulit bayi, seperti eksim dan kemerahan karena popok.

Penelitian yang dipublikasikan National Institutes of Health, Amerika Serikat, pada tahun ini menyebutkan bahwa menyertakan oatmeal ke dalam perawatan kulit dapat meringankan eksim di tangan.

Para peneliti berpendapat, oatmeal meringankan gejala eksim dengan dua cara, yaitu:

  • Memperbaiki skin barrier. Oatmeal mempercepat pemulihan kulit, mempertahankan kelembapan, dan menjaga kulit agar tidak semakin kering.
  • Meredakan peradangan dan menenangkannya. Masalah kulit, seperti gatal, iritasi, kemerahan, dan nyeri pada akhirnya akan mereda.

Khasiat-khasiat di atas dapat dirasakan oleh bayi karena oatmeal mengandung antioksidan. Bahan ini pun mengandung senyawa yang disebut saponin.

Senyawa tersebut merupakan pembersih alami, sehingga sel kulit mati dan kotoran-kotoran yang menyumbat pori akan diatasi.

Artikel Lainnya: Kondisi Kulit Bayi Baru Lahir dan Artinya bagi Kesehatan

1 dari 3 halaman

Cara Mandi Oatmeal untuk Bayi

Anda dapat menggunakan jenis oatmeal apa pun, termasuk yang instan. Namun, hindari oatmeal instan yang sudah diberikan rasa tambahan, ya. Untuk cara menyiapkan air mandi oatmeal untuk bayi, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Giling halus oatmeal menjadi bubuk dengan food processor atau grinder.
  1. Untuk menguji apakah sudah siap digunakan, tuangkan sesendok ke dalam segelas air hangat dan aduk.

Jika sudah benar-benar halus, oatmeal akan larut. Bila gilingan tidak cukup halus, oatmeal akan terkumpul di bagian bawah.

  1. Siapkan mainan mandi atau apa pun yang menarik perhatian buah hati Anda untuk mandi berendam.
  1. Tambahkan bubuk oatmeal sedikit demi sedikit agar bercampur lebih baik. Lanjutkan hingga air mandi berubah menjadi putih susu.
  1. Letakkan bayi ke bak mandi oatmeal dan gunakan airnya untuk membilas kulitnya dari ujung kepala hingga kaki. Biarkan si kecil bermain dan berendam di bak mandi oatmeal.
  1. Setelah selesai, tepuk-tepuk perlahan tubuh bayi dengan handuk.
  1. Oleskan pelembap pada kulit bayi.

Artikel Lainnya: Tips Memandikan Bayi Berkulit Sensitif

2 dari 3 halaman

Apakah Mandi Oatmeal Aman untuk Bayi?

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, ada baiknya sebelum Anda memandikan bayi dengan oatmeal, cari tahu dulu penyebab masalah kulit yang dialami.

“Biasanya, untuk yang utama kalau kulitnya merah-merah gatal, itu karena alergi. Yang paling penting, kalau anak sedang alergi, orang tua harus memberikan ekstra kelembapan,” jelasnya.

“Mandinya pun harus pakai sabun yang mengandung moisturizer dan sesuai pH kulit. Setelah selesai, kulit bayi tak boleh digosok, cukup ditepuk-tepuk dengan handuk lembut. Lalu, oleskan lagi pelembap agar kulitnya terjaga. Ini penting banget,” tambahnya.

Bagaimana dengan oatmeal? Dokter Reza mengatakan, “Oatmeal memang kemungkinan ada moisturizer alami dan beberapa nutrisi yang baik untuk kulit. Jadi, kalau coba mandi oatmeal untuk bayi, boleh saja. Tapi, ini bukan suatu hal yang benar-benar direkomendasikan dokter, ya.”

Hal yang perlu diingat, meski menambahkan oatmeal untuk mandi bayi bisa memberi manfaat, tetapi tak semuanya cocok dengan bahan tersebut.

Bila bayi tidak cocok dengan oatmeal, mungkin dapat mengalami gejala gatal dan kemerahan yang lebih parah. Sebelum mandi, sebaiknya oleskan dulu sedikit ke kulitnya untuk melihat ada reaksi alergi atau tidak.

Itu dia penjelasan mandi oatmeal dan efeknya untuk kulit bayi. Bila ada pertanyaan seputar kesehatan kulit bayi, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar