Sukses

Bolehkah Memberikan Buah Naga Saat Anak Susah BAB?

Anak-anak kerap mengalami susah buang air besar (BAB). Nah, konon buah naga bisa mengatasi masalah susah BAB anak, benarkah?

Kondisi susah buang air besar (BAB) tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Ketika anak rewel karena sembelit atau susah BAB, banyak orang tua yang jadi panik dan bingung saat mengatasinya.

Hal ini pernah dialami oleh Atha (bukan nama sebenarnya). Ibu dari anak berusia dua tahun ini bercerita bahwa ia langsung memberikan buah naga ketika si kecil mengalami sembelit.

"Kalau buat saya, buah naga memang ampuh buat anak. Ketahuan tidak BAB selama dua hari saja, saya langsung kasih buah naga. Biasanya manjur dan anak saya langsung BAB," ungkap Atha.

Lantas, apa boleh memberikan buah naga untuk atasi sembelit pada anak? Simak apa kata dokter lewat pembahasan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Benarkah Buah Naga Dapat Melancarkan BAB?

Menurut dr. Devia Irine Putri, buah naga memiliki manfaat luar biasa untuk sistem pencernaan manusia. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah naga saat sedang sembelit.

"Betul, salah satu manfaat buah naga adalah membantu menjaga sistem pencernaan. Bisa mengurangi keluhan konstipasi (sembelit)," kata dr. Devia Irine Putri.

"Ini karena buah naga banyak kandungan air dan seratnya. Selain itu, buah yang identik dengan warna merah keunguan ini mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, sampai zat besi," sambungnya.

Dokter Devia mengatakan, anak berusia enam bulan ke atas juga sudah boleh diperkenalkan dengan buah-buahan, salah satunya dengan buah naga.

Ia menyarankan untuk menyajikan buah naga dalam kondisi dingin agar anak tertarik memakannya. Sebab, dari segi tekstur dan rasa, makan buah naga dingin mirip seperti sedang mengonsumsi es krim.

Artikel Lainnya: Ini Dia Segudang Manfaat Sehat Buah Naga

2 dari 3 halaman

Tips Memberikan Buah Naga untuk Pencernaan Anak

Meski bermanfaat bagi pencernaan, penyajian buah naga untuk anak tidak boleh sembarangan, ya. Ikuti tips memberikan buah naga seperti penjelasan berikut agar manfaatnya maksimal:

  • Potong buah naga menjadi dua, sajikan setengah porsi buah di mangkuk. Anda bisa mengupas kulitnya dengan mudah atau kerok isi buah naga dengan sendok.
  • Buah naga dapat disajikan dalam bentuk pure.
  • Tidak disarankan untuk menambahkan gula atau bahan lain karena rasa buah naga sudah manis.
  • Bisa dikombinasikan dengan ASI atau yoghurt.
  • Berikan buah naga sebagai makanan selingan sebanyak satu sampai dua kali sehari.
  • Untuk bayi usia enam bulan hingga satu tahun, tidak perlu memberikan buah naga sampai setengah buah. Pada usia tersebut, Anda bisa memberikan sebanyak satu hingga dua potong buah naga untuk mengenalkan rasa.

Artikel Lainnya: Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Benarkah?

"Sebenarnya tidak ada acuan porsi untuk makan buah naga. Tetapi, mungkin bisa dicoba dulu 100 hingga 150 gram buah naga, kemudian dinaikkan bertahap," sambung dr. Devia Irine.

"Yang pasti pemberian buah sebagai camilan tidak boleh terlalu banyak, misalnya satu buah naga utuh, itu terlalu besar. Karena nantinya bisa memberikan rasa kenyang dan si anak jadi tidak mau makan di jam berikutnya," pungkas dr. Devia Irine.

Tidak lupa, apabila anak baru pertama kali coba buah naga, selalu berikan berikan sedikit dulu.

Kemudian lihat ada reaksi alergi atau tidak. Jika ada reaksi alergi seperti gatal-gatal atau bengkak di mulut, sebaiknya dihentikan.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang mengatasi susah BAB anak atau manfaat buah naga, Anda bisa konsultasikan langsung ke dokter. Agar lebih praktis, gunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

1 Komentar