Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bolehkah Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional Minum Madu

Bolehkah Ibu Hamil dengan Diabetes Gestasional Minum Madu

Punya rasa manis, madu sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil, Tapi, bagaimana bila bumil penderita diabetes gestasional?

Mirip seperti penderita diabetes lainnya, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional dianjurkan untuk menghindari makanan manis. Tapi, bagaimana dengan madu?

Madu sendiri dikenal sebagai asupan alami bernilai gizi tinggi yang tentu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Untuk tahu jawabannya, berikut ulasannya.

Sekilas tentang Diabetes Gestasional 

Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi saat hamil. Bumil yang mengalami gangguan kesehatan ini, kadar gulanya melonjak tinggi hingga melebihi batas normal.

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, diabetes gestasional bisa terjadi ketika kadar gula dalam darah ibu hamil melebihi kapasitasnya. Insulin yang dihasilkan oleh tubuh pun tidak cukup untuk menampung kadar gula yang meningkat tersebut.

Pada akhirnya, insulin tidak efektif lagi untuk mengatur kadar gula sehingga muncullah diabetes.

“Pada umumnya, setiap ibu hamil memang berisiko mengalami diabetes gestasional. Terutama jika berat badan ibu sudah naik sebelum hamil, ataupun baru naik secara drastis ketika hamil,” ujar dr. Devia.

Diabetes gestasional yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan sejumlah efek buruk. Salah satunya, ibu lebih berisiko alami preeklampsia, yakni komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

“Selain itu, diabetes gestasional juga bisa menyebabkan berat badan bayi jadi besar, sehingga ibu sulit untuk melahirkan secara normal. Bayi juga lebih mungkin mengalami diabetes di kemudian hari,” jelas dr. Devia.

Itulah sebabnya, ibu hamil, terutama yang memiliki faktor risiko, kerap kali disarankan untuk membatasi asupan manis. Lantas, bagaimana dengan madu yang memiliki rasa sangat manis?

Artikel Lainnya: Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

1 dari 4 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Diabetes Gestasional Makan Madu?

Madu adalah bahan alami yang terbentuk dari banyak glukosa dan fruktosa, yakni jenis gula alami yang ditemukan pada makanan atau minuman.

Itulah sebabnya, madu untuk ibu hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya dihindari, baik sebagai penambah rasa maupun dikonsumsi secara langsung.

“Sebaiknya dihindari karena madu termasuk dalam karbohidrat sederhana. Jika memang mau makan madu, sebaiknya porsinya yang dikurangi atau tidak dimakan secara berlebihan,” kata dr. Devia.

“Sesekali boleh saja, tapi porsinya tetap diatur. Jangan berlebihan karena berisiko meningkatkan kadar gula dalam tubuh ibu hamil,” ujar dr. Devia. 

Dia menganjurkan, ibu hamil dengan diabetes gestasional bisa makan madu sebanyak ½ sampai 1 sendok makan.

Selain itu, jangan dikonsumsi setiap hari karena berisiko meningkatkan kadar gula tubuh dengan cepat. 

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Anda

2 dari 4 halaman

Hati-hati Efek Makan Madu Selama Hamil!

Selain meningkatkan kadar gula dalam tubuh ibu hamil, makan madu terlalu banyak saat hamil juga berisiko sembelit. Hal ini karena madu masuk dalam daftar makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Selain itu, makan madu juga berisiko menaikkan berat badan pada ibu hamil, yang lagi-lagi berhubungan dengan risiko diabetes gestasional. 

“Ketika ibu alami diabetes gestasional, ada saja komplikasi yang mungkin bisa terjadi. Misalnya gangguan pada kesehatan jantung, dan juga tekanan darah tinggi,” jelas dr. Devia. 

Selain itu, ibu hamil juga berisiko alami botulisme atau keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Biasanya, bakteri ini bisa ditemukan di tanah, debu, sungai, maupun dasar laut. 

Artikel Lainnya: Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

3 dari 4 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Makan Madu

Agar efek sampingnya tidak terjadi pada Anda, berikut beberapa cara makan madu untuk ibu hamil dengan diabetes gestasional yang tepat:

  • Pastikan ibu mengatur porsi madu yang hendak dimakan. Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui takaran yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.
  • Pilih madu dengan kualitas yang baik, murni, dan tidak memiliki tambahan pemanis. Pilih madu yang sudah terdaftar dalam BPOM, dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya. 
  • Waspadai efek alergi setelah makan madu. Jika bumil merasa mual, pusing, lemas, dan muncul gatal pada beberapa area tubuh, segera hentikan mengonsumsi madu. Ini bisa jadi tanda Anda alergi dengan madu. 

Selalu perhatikan rambu-rambu di atas saat ingin makan madu untuk diabetes gestasional. Konsultasikan juga pada dokter kandungan apabila punya kondisi ini dan masih ingin mengonsumsi madu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan ibu hamil dan janin, silakan baca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar