Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perut Kembung Disertai Nyeri Pinggang Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini!

Perut Kembung Disertai Nyeri Pinggang Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini!

Jangan anggap remeh keluhan perut kembung dan nyeri pinggang! Bisa jadi itu tanda Anda sedang mengalami suatu penyakit. Yuk, disimak.

Perut kembung dan nyeri pinggang adalah masalah kesehatan yang sering dialami. Biasanya, setelah makan makanan yang mengandung gas tinggi atau duduk terlalu lama, keluhan perut kembung dan juga nyeri pinggang sering kali muncul.

Tapi bagaimana jadinya jika kedua keluhan ini terjadi secara bersamaan? Mungkinkah ada penyakit tertentu yang mendasarinya?

1 dari 3 halaman

Kembung dan Nyeri Pinggang, Waspada Penyakit Ini

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang gangguan kesehatan yang menyebabkan kedua keluhan ini, ada baiknya jika Anda tahu arti dari masing-masing keluhan. 

  • Perut Kembung

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, perut kembung biasanya berhubungan dengan adanya gas pada saluran cerna. Hal ini bisa akibat Anda terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gas dan serat tinggi. 

Selain itu, perut kembung juga bisa disebabkan karena Anda terlalu menelan banyak udara saat makan, intoleransi makanan, dan bisa karena produksi asam lambung yang berlebihan. 

  • Nyeri Pinggang 

Sementara itu, sakit pinggang bisa disebabkan oleh otot, tulang belakang, saraf terjepit, atau bisa juga masalah di ginjal (biasanya berkaitan dengan infeksi atau adanya batu di ginjal dan saluran kemih).

Nyeri pinggang juga bisa disebabkan oleh postur tubuh yang kurang baik seperti bungkuk dan skoliosis

Artikel Lainnya: Atasi Perut Kembung dengan 9 Cara Praktis Ini

Lantas, gangguan kesehatan apa yang mungkin bisa terjadi jika kedua keluhan tersebut dirasakan secara bersamaan? 

Menanggapi hal ini, dr. Devia mengatakan ada dua kemungkinan penyebab perut kembung dan nyeri pinggang, yaitu: 

  • Pertama, penderita mungkin saja penderita mengalami masalah batu yang tersumbat pada saluran kemih. Menurutnya, jika rasa nyeri yang dialami cukup kuat dan frekuensinya hilang timbul, masalah pada saluran kemih patut untuk dicurigai.

Terlebih lagi, jika penderita juga merasakan keluhan lain, seperti mual dan gangguan buang air kecil. 

  • Kedua, penderita mungkin bisa mengalami saraf kejepit. Jika penderita mengalami saraf kejepit, rasa nyeri pada pinggang mungkin lebih terasa ketimbang perut kembung. 

Selain itu, rasa nyeri ini juga bisa terasa sampai kaki dan disertai dengan kebas. 

“Meski dua penyakit ini bisa jadi penyebab perut kembung disertai dengan nyeri pinggang, umumnya kedua keluhan ini tidak selalu berkaitan. Pasalnya, perut kembung paling sering mengarah ke penyakit dispepsia atau GERD,” ujar dr. Devia. 

Itu sebabnya, dr. Devia lebih menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung pada dokter untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih tepat.

Artikel Lainnya: Sering Sakit Perut Sebelah Kiri, Gejala Penyakit Apa?

2 dari 3 halaman

Cegah Perut Kembung dan Sakit Pinggang

Agar keluhan perut kembung dan nyeri pinggang tidak terjadi terus-menerus, ada beberapa cara yang bisa dijalani, yakni:

  • Hindari konsumsi makanan yang masih mentah dan asupan yang mengandung gas tinggi. Misalnya, kol, minuman bersoda, dan makanan berminyak.
  • Makan dalam porsi kecil, tapi sering, untuk menghindari keluhan perut kembung.
  • Hindari makan terlalu cepat agar makanan yang masuk dalam sistem pencernaan lebih mudah untuk dicerna. 
  • Tetap aktif berolahraga meski memiliki keluhan sakit pinggang. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup jalan santai selama 15-20 menit setiap harinya.
  • Lakukan peregangan setiap pagi sebelum beraktivitas dan di malam hari sebelum istirahat.
  • Makanlah asupan tinggi magnesium. Sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam, punya kandungan magnesium yang tinggi. Mineral ini dikenal baik untuk melawan peradangan di otot.
  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks bisa memberikan energi dalam tubuh tanpa memperburuk kondisi peradangan pada pinggang. 

“Pemenuhan nutrisi yang tepat memang bisa membantu mengatasi nyeri pinggang maupun perut kembung. Jika keluhan yang dirasakan terus berulang, jangan ragu untuk pergi ke dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat,” tutup dr. Devia. 

Masih ada pertanyaan seputar perut kembung dan nyeri pinggang? Jangan ragu! Tanyakan langsung pada dokter melalui fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar