Sukses

Manfaat Sehat dari Kehamilan bagi Tubuh Ibu

Soal perubahan-perubahan yang kurang baik pada tubuh wanita ketika dirinya hamil, mungkin Anda sudah tahu. Tapi, tahukah Anda soal manfaat kehamilan itu sendiri?

Selama ini, kita sering disuguhi info yang mengatakan bahwa tubuh ibu akan mengalami perubahan yang cenderung negatif saat hamil. Misalnya, jadi lebih gemuk, banyak stretch mark, lebih sensitif, kaki bengkak, bahkan rambut rontok.

Padahal, selain bisa bertemu buah hati yang dinanti-nanti, manfaat hamil buat tubuh si ibu juga tak main-main, lho. Mau tahu apa saja?

 

1 dari 2 halaman

Manfaat Hamil untuk Kesehatan Wanita

Informasi soal manfaat kehamilan harus diketahui oleh kaum hawa agar perasaan insecure bisa teratasi.

Meski ada segelintir perubahan yang negatif seperti yang tadi disebutkan, perubahan positif jangka panjang juga bisa dirasakan para bumil. 

Hal itu pun dibenarkan dr. Dyah Novita Anggraini. Bahkan, manfaatnya dapat dirasakan oleh pasangannya, termasuk dalam hal kehidupan seksual suami istri.

Adapun beberapa manfaat hamil yang bisa dirasakan oleh para bumil, antara lain: 

1. Keluhan Kram Haid Berkurang untuk Seterusnya

Kabar baik untuk Anda yang sebelumnya punya kram haid yang parah. Hamil ternyata mampu mengurangi masalah tersebut dalam jangka panjang!

Peregangan rahim selama persalinan melalui vagina dapat menjadi mekanisme yang bisa mengatasi kram haid. 

Apabila kram parah tidak membaik setelah bayi lahir, coba bicarakan dengan dokter.

Dokter akan mencari tahu masalah yang mendasari. Misalnya, adanya penyakit radang panggul atau endometriosis.

2. Mencegah Kanker Payudara 

Manfaat kehamilan yang berikutnya adalah bisa menurunkan risiko Anda untuk terkena kanker payudara.

Perubahan yang dialami sel payudara selama kehamilan dan menyusui dapat membuatnya lebih resisten untuk berubah menjadi sel kanker

Kendati demikian, manfaat perlindungan ini akan berkurang saat Anda sudah mencapai usia 30 tahun.

Itu sebabnya, para ibu yang lebih tua dianjurkan untuk menyusui lebih lama agar mendapat perlindungan terhadap kanker payudara

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Blueberry untuk Ibu Hamil

3. Menurunkan Risiko Kanker Lainnya

Menurunkan risiko kanker payudara ternyata bukanlah satu-satunya manfaat kehamilan.

Pergeseran hormonal yang terjadi selama kehamilan dan menyusui juga melindungi Anda dari kanker ovarium dan kanker endometrium.

Jika didukung oleh pola hidup sehat jangka panjang. Misalnya, tidak merokok dan berada di lingkungan yang banyak asap rokok, olahraga teratur, makan asupan sehat (perbanyak sayuran dan buah), risikonya akan semakin kecil. 

4. Meningkatkan Kehidupan Seks 

Produksi testosteron, estrogen, dan progesteron, yakni hormon seks meningkat selama hamil. Hasilnya, tentu saja gairah seks Anda akan naik! 

Selama trimester pertama dan kedua, terdapat peningkatan aliran darah ekstra ke daerah panggul, sehingga membuatnya terasa membengkak dan sensitif.

Anda pun dapat lebih mudah mencapai orgasme, bahkan hingga beberapa kali!

Meski kenikmatan bercinta bisa hilang dalam beberapa bulan pertama kelahiran si bayi, melakukan senam Kegel tetap dapat membantu menjaga aliran darah di area panggul. 

5. Membuat Jantung dan Pembuluh Darah Lebih Sehat 

Sebuah penelitian menemukan, wanita yang menyusui lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak pernah menyusui. 

Faktanya, menyusui selama minimal enam bulan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Oksitosin yang dilepaskan selama menyusui juga bisa menyehatkan jantung Anda. 

Artikel Lainnya: Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

6. Meningkatkan Rasa Kasih 

Saat hamil, mungkin emosi Anda tidak stabil akibat hormon. Namun, ketika Anda sudah melahirkan, perasaan tersebut akan stabil dengan sendirinya, bahkan timbul perasaan menyayangi yang amat besar. 

Perasan cinta dan perasaan positif lainnya akan timbul tiap kali Anda memegang atau merawat si kecil. Kondisi ini disebabkan oleh hormon oksitosin yang berperan besar terhadap emosi dan ikatan.

Manfaat hamil yang satu ini akan terus dirasakan meski Anda nantinya tidak berniat untuk menambah anak. 

Apabila beberapa minggu setelah bayi lahir, kondisi mental Anda tak kunjung membaik, lebih baik konsultasikan hal itu ke dokter. Dikhawatirkan, Anda mengalami depresi pasca-melahirkan.

7. Meningkatkan Motivasi, Pengetahuan, dan Kecerdasan Emosional Ibu

 

Kehadiran buah hati akan membuat ibu memiliki motivasi untuk hidup lebih baik.

Karena guru pertama dari anaknya adalah dirinya sendiri, bumil juga akan membekali diri untuk belajar banyak hal supaya anak bisa belajar darinya nanti. 

Ibu hamil punya semangat bertahan hidup yang tinggi dan mampu memahami berbagai sudut pandang. Ini karena empati mereka jauh lebih besar. Meski berempati, mereka tidak lemah.

Seperti yang disinggung tadi, bumil cenderung kuat dan punya semangat hidup yang lebih tinggi karena ada nyawa lain yang mesti dilindungi.

Itu dia manfaat hamil untuk wanita. Bila Anda masih ada pertanyaan seputar manfaat kehamilan atau masalah lain terkait kandungan, langsung saja berkonsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar