Kehamilan

Manfaat Sehat dari Kehamilan bagi Tubuh Ibu

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 30 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Soal perubahan-perubahan pada tubuh wanita ketika dirinya hamil, mungkin Anda sudah tahu. Tapi, tahukah Anda soal manfaat kehamilan itu sendiri?

Manfaat Sehat dari Kehamilan bagi Tubuh Ibu

Kehamilan adalah momen yang diharapkan bagi banyak pasangan suami istri, meski kerap dikaitkan dengan berbagai konsekuensi negatif bagi tubuh. Sebut saja, stretch mark, nyeri pinggang, kaki bengkak, rambut rontok, hingga bintik hitam di wajah.

Segelintir perubahan dan keluhan tersebut membuat banyak ibu merasa insecure selama menjalani kehamilannya.

Padahal faktanya, kehamilan justru dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat hamil yang dapat dirasakan oleh para bumil?

1. Keluhan Kram Haid Akan Berkurang

Kabar baik bagi Anda yang sebelumnya memiliki kram haid yang berat. Ternyata kehamilan dapat mengurangi keluhan tersebut secara jangka panjang, bahkan beberapa tahun setelah persalinan.

Peregangan rahim yang terjadi selama persalinan melalui vagina dapat menjadi mekanisme yang dapat mengurangi keluhan kram haid.

Namun, bila keluhan kram haid menetap bahkan memberat setelah persalinan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mencari tahun masalah yang mendasari keluhan tersebut.

2. Mencegah Kanker Payudara

Kehamilan juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara. Mengapa bisa?

Perubahan yang dialami oleh sel payudara selama kehamilan dan menyusui dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

3. Menurunkan Risiko Kanker Lainnya 

Tak hanya kanker payudara, kehamilan juga dapat menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker lainnya, seperti kanker ovarium dan kanker endometrium

Manfaat kehamilan ini akan semakin dirasakan bila Anda menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti menghindari asap rokok, olahraga rutin, dan konsumsi makan bergizi. 

4. Mengurangi Keluhan Akibat PCOS 

Beberapa laporan menyebutkan, penderita PCOS atau polycystic ovary syndrome mengalami perbaikan gejala setelah kehamilan dan persalinan. Gejala seperti nyeri haid dan menstruasi yang tidak teratur relatif membaik setelah persalinan.

Belum jelas bagaimana mekanisme di balik fenomena tersebut. Oleh sebab itu, masih diperlukan penelitian dan studi ilmiah lebih lanjut. Namun, hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para penderita PCOS. 

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Kehamilan Normal dan Tidak Normal

5. Membuat Rambut Lebih Tebal dan Sehat

Salah satu perubahan yang disadari para ibu selama kehamilan adalah rambut yang tebal, sehat, dan kuat. 

Manfaat yang dirasakan ibu hamil ini terjadi berkat hormon progesteron, estrogen, dan testosteron sepanjang kehamilan.

6. Meningkatkan Kehidupan Seks 

Produksi testosteron, estrogen, dan progesteron, yakni hormon seks meningkat selama hamil. Hasilnya, tentu saja gairah seks Anda akan naik.

Selama trimester pertama dan kedua, terdapat peningkatan aliran darah ekstra ke daerah panggul dan membuat para ibu mudah mencapai orgasme, bahkan hingga beberapa kali. 

7. Membuat Jantung dan Pembuluh Darah Lebih Sehat 

Studi mengindikasikan bahwa wanita yang pernah hamil dan menyusui lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke, dibandingkan mereka yang tidak pernah menyusui.

Artikel Lainnya: Kulit Lebih Cerah Saat Hamil, Kenali Pregnancy Glow

Lebih lanjut, menyusui selama minimal enam bulan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

8. Meningkatkan Rasa Kasih

Setelah masa kehamilan dan persalinan, Anda mungkin akan merasa takjub dengan betapa besarnya perasaan kasih dan kesabaran yang Anda miliki. Hal ini timbul berkat adanya hormon oksitosin, yang sering disebut hormon kasih sayang. 

Mendekati persalinan, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon oksitosin untuk menstimulasi kontraksi rahim.

9. Meningkatkan Motivasi, Pengetahuan, dan Kecerdasan Emosional Ibu

Kehadiran buah hati, bahkan sejak dalam kandungan, tentu menjadi motivasi Anda untuk hidup lebih baik, menambah pengetahuan, dan mengelola kehidupan emosi dengan baik. 

10. Memiliki Pola Hidup Lebih Sehat 

Manfaat kehamilan yang terakhir adalah Anda menjadi terbiasa melakukan pola hidup sehat. Selama hampir 40 minggu, Anda akan menjaga betul apa yang Anda konsumsi, mengatur waktu istirahat, berusaha tetap aktif, dan menghindari berbagai kebiasaan buruk.

Kebiasaan tersebut akan terus terbawa bahkan setelah melahirkan. Anda pun akan terus memiliki pola hidup yang lebih sehat. 

Itulah beberapa manfaat kehamilan untuk wanita. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan seputar kehamilan atau masalah lain terkait kandungan, langsung saja berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

Pantau juga kandungan Anda dengan rajin mengecek health tools Kalender Kehamilan.

[WA]

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait